Cara Membuat Curriculum Vitae Format PDF yang Benar dan Menarik

  • Whatsapp
Curriculum Vitae Format Pdf (1)

Cara Membuat Curriculum Vitae Format PDF – Umumnya seorang lulusan diploma, sarjana, maupun jenjang-jenjang di atasnya sudah tidak lagi asing dengan istilah CV. Terutama bagi mereka yang merupakan pencari lapangan kerja di perusahaan atau instansi tertentu.CV yang merupakan singkatan populer dari curriculum vitae adalah salah satu jenis berkas yang cukup dibutuhkan bagi seorang pelamar kerja.

Jenis berkas ini sendiri menjadi begitu dibutuhkan sebab dari situlah pihak dari penyedia lapangan kerja yang akan dilamar dapat mengetahui identitas diri kita sebagai sang pelamar. Oleh sebab itu, jangan sampai menganggap enteng perkara CV itu sendiri. Sebab dokumen satu ini kerap memiliki andil besar dalam mempengaruhi hingga menentukan keputusan dari pihak perekrut.

Untuk itulah, ada beberapa hal penting dan sangat perlu diperhatikan setiap kali merancang atau mendesain sebuah curriculum vitae. Mulai dari informasi apa saja yang boleh dimasukkan, data diri apa saja yang tidak begitu diperlukan, hingga mencangkup cara menyusun dan mendesain sebuah CV itu sendiri. Agar lebih jelasnya, silahkan menyimak ulasan mengenai curriculum vitae format pdf berikut ini.

Pentingnya Curriculum Vitae

Curriculum Vitae Format Pdf

Curriculum Vitae atau populernya disebut CV adalah salah satu dokumen wajib yang kerap diminta oleh instansi atau perusahaan tertentu ketika akan melamar pekerjaan di sana. Dokumen ini kurang lebih akan menjabarkan mengenai informasi atau data pribadi mengenai diri sendiri. Bisa dikatakan bahwa dokumen ini akan menjelaskan mengenai riwayat perjalanan hidup Anda yang dapat dijadikan nilai pertimbangan terhadap posisi yang dilamar. Oleh karena itu, isi dari sebuah CV umumnya akan lebih berkutat di sekitar informasi prestasi, pengalaman kerja, jejak pendidikan, hingga skill-skill yang dimiliki. Informasi-informasi inilah yang kemudian akan dijadikan pertimbangan oleh tim penilai atau pihak Human Resources Departemen (HRD) dari instansi terkait apakah Anda layak untuk menempati posisi yang Anda lamar atau tidak.

Meskipun terkesan mudah untuk dibuat karena hanya melingkupi seputar informasi diri pribadi, namun pada kenyataannya pihak penilai umumnya tidak hanya sekedar melihat informasi yang dipaparkan saja, tapi sisi kreativitas dalam pembuatan dokumen ini juga menjadi poin yang tidak dapat dikesampingkan. Hal ini berarti dibutuhkan suatu kreativitas tersendiri untuk menyusun dan mendesain sebuah CV agar tercipta format yang baik dan komunikatif terhadap pembacanya. Format CV yang baik dalam hal ini yakni format data diri yang juga mampu memuat informasi prestasi, pendidikan, skill, dan lain sebagainya secara ringkas dalam tampilan yang jelas dan mudah dibaca. Meskipun poin utama dalam pembuatan CV adalah muatan informasi yang jelas dan komunikatif, namun sisi kreativitas desain CV itu sendiri juga bisa menjadi nilai tambah agar dapat menarik perhatian pembaca untuk lebih mendalami isinya.Untuk itu, sebelum membuat sebuah curriculum vitae, pastikan bahwa Anda telah memahami curriculum vitae format pdfyang baik dan menarik.

Tips Membuat CV yang Menarik

Meskipun tahap wawancara merupakan tahapan yang dikenal cukup penting ketika melamar pekerjaan, namun jangan pernah menyepelekan persoalan CV. Seperti yang telah diuraikan, CV bisa menjadi bentuk first impression HRD terhadap Anda sebelum wawancara untuk menilai sejauh mana kecocokan Anda dengan posisi yang diinginkan. Bukan tidak mungkin jika salah satu alasan yang kerap membuat seseorang bisa gagal dalam suatu proses rekruitmen terletak pada masalah CV-nya. Begitu pula sebaliknya, kadangkala CV yang menarik dan isinya mampu tersampaikan dengan baik kepada pembaca bisa menjadi alasan pihak HRD tertarik untuk meloloskan Anda ke tahap berikutnya, tentunya selama data diri yang Anda paparkan di CV sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Oleh karena itu, sebelum menyusun curriculum vitae format pdf, berikut beberapa tips yang bisa digunakan:

Buat Secara Ringkas Tanpa Perlu Berlembar-lembar

Jika Anda sering menemukan berbagai bentuk curriculum vitae format pdf, kebanyakan dari format yang ada informasinya hanya akan dipaparkan melalui satu lembar saja. Hal ini karena informasi yang dimuat di CV sebaiknya dibuat secara ringkas tanpa mengurangi esensi informasi yang akan disampaikan. Menggunakan terlalu banyak lembaran hanya akan merusak ketertarikan HRD untuk membacanya.

Pakai Posisi dan Ukuran yang Pas

Pastikan mengisi CV dengan menggunakan format tulisan yang tepat, baik dari ukurannya, tipe atau jenis huruf, hingga peletakannya.Umumnya format yang digunakan, yaitu Arial ukuran 12(atau maksimal 14) dengan mode paragraf rata kanan dan kiri.

Masukkan Informasi Data Diri Seperlunya

Kehadiran curriculum vitae pada dasarnya bukan hanya sekedar memaparkan kepada HRD mengenai informasi kedirian kita secara umum. Namun lebih spesifik lagi, HRD umumnya hanya akan mencaritahu pengalaman dan kemampuan apa yang saja yang sesuai dengan kualifikasi yang mereka cari. Oleh karena itu, menyertakan terlalu banyak pengalaman hidup serta kemampuan-kemampuan yang pada dasarnya tidak diperlukan hanya akan menjadi nilai minus bagi pihak perekrut. Contohnya, Anda bisa cukup menampilkan pengalaman selama 3 tahun ke belakang atau jejak pendidikan minimal dari jenjang SMA saja.

Uji Kreativitas dengan Aplikasi

Selain masalah formatnya, desain dari CV juga harus dibuat semenarik mungkin. Semakin menarik CV-nya, peluang untuk dilirik oleh pihak HRD juga akan semakin besar. Oleh karena itu, jangan selalu bergantung dengan aplikasi yang itu-itu saja, misalnya Microsoft Word.Meskipun produk Microsoft ini juga sering digunakan untuk mendesain CV, tapi sebaiknya gunakan versi yang paling terbaru untuk hasil yang lebih terupgrade. Selain Microsoft Word, Anda bisa menguji kreativitas secara lebih luas dengan mencoba aplikasi-aplikasi serupa Corel Draw, Canva, maupun aplikasi editing lain yang sudah menyediakan berbagai template CV yang menarik.

Baca Juga : Cara Menyatukan File PDF Yang Terpisah Tanpa Ribet

Format CV yang Baik dan Menarik

Selain tips yang dijelaskan diatas, hal lain yang perlu diperhatikan dalam membuat CV yaitu informasi data diri yang lengkap. Paling tidak dalam sebuah CV tercantum informasi seputar nama, pengalaman kerja dan organisasi, pendidikan, dan kemampuan khusus. Informasi ini dapat dijadikan sebagai nilai jual dari seorang calon pelamar. Namun untuk informasi tambahan, Anda juga bisa menambahkan berbagai informasi lain seperlunya.Lebih detailnya, berikut beberapa contoh curriculum vitae format pdf yang bisa jadi rujukan membuat CV.

Data Pribadi

Data pribadi yang bisa Anda masukkan ke dalam CV selain nama lengkap, dapat meliputi alamat, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, agama, status perkawinan, nomor telepon, e-mail, dan sosial media. Anda juga bisa menambahkan data diri lebih lanjut dengan tetap melihat seberapa perlunya hal itu disampaikan.

Jejak Pendidikan Formal dan Informal

Melampirkan informasi pendidikan tentunya adalah hal wajib bagi seorang lulusan suatu jenjang pendidikan formal. Pada dasarnya, Anda bisa mencantumkan riwayat pendidikan mulai dari tingkat SD, namun jika masih banyak hal penting lain yang perlu dimasukkan, cukup mencantumkan mulai dari tahun masuk SMA hingga ke pendidikan terakhir, beserta tahun masuk dan kelulusannya.

Selain itu, Anda juga bisa mencantumkan jejak pendidikan informal yang pernah ditempuh sebagai nilai tambah, seperti public speaking, kursus menjahit, maupun jenis pelatihan lainnya.Jangan lupa mencantumkan tahun masuknya.

Pengalaman Kerja/Organisasi

Pengalaman kerja dan organisasi tidak harus dimuat semuanya. Cukup cantumkan setidaknya pengalaman 3 tahun terakhir atau paling tidak yang paling berkaitan dengan posisi yang dilamar dan jobdesk dari pekerjaan yang Anda incar. Jangan lupa menyertakan tahun keikutsertaannya.

Kemampuan

Kemampuan, meliputi hard skill maupun soft skill, memang menjadi kualifikasi tambahan yang kerap dibutuhkan selain kualifikasi pendidikan dan pengalaman kerja.Oleh karena itu, buat sekomunikatif mungkin informasi kemampuan Anda, mulai dari kemampuan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan teknis, maupun kemampuan manajemen diri, kepemimpinan, dan lain sebagainya.

Jangan Lupa Lampirkan Foto

Meskipun tak selalu menjadi pertimbangan yang berat bagi perekrut, namun mencantumkan foto diri bisa menjadi bentuk validitas data diri untuk CV Anda. Dengan adanya foto diri, tampilan CV akan selalu lebih hidup dan menjadi selayaknya dokumen data diri yang valid.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *