Install Driver dan Cara Scan di Print Epson L3150

  • Whatsapp
cara scan di epson l3150

Cara Scan di Epson L3150 – Keberadaan mesin printer di saat sekarang sudah mewakili banyak fungsi dan kegunaan. Jika pada awal kemunculannya hanya bisa digunakan untuk proses percetakan biasa, kini sudah multi fungsi, seperti scan dan fotokopi.

Jika kamu pengguna printer Epson, apalagi pengeluaran versi baru, maka kamu pasti sudah tidak asing dengan fitur yang satu ini. Kebanyakan produk keluaran Epson terbaru sudah dilengkapi dengan fitur scan dan fotokopi.

Read More

Sayangnya masih banyak pengguna printer Epson yang tidak tahu cara menggunakan fitur ini, Bahkan, ada yang tidak mengerti bagaimana cara menggunakannya. Berikut cara penggunaan printer Epson untuk melakukan scan.

Mengenal Secara Singkat Print Epson L3150

cara scan di epson l3150

Printer Epson l3150 merupakan tipe printer seri L pengeluaran Epson yang sudah dibekali dengan fasilitas scan dan fotokopi. Printer ini memiliki desain yang simpel dengan peletakan tinta berada pada bagian depan. Ini merupakan sebuah inovasi baru dari Epson yang bertujuan untuk membuat body print Epson l3150 terlihat lebih ramping.

Printer Epson l3150 ini merupakan pengganti dari versi terdahulunya yaitu Epson l405. Karena printer ini merupakan update dari versi sebelumnya, tentu terdapat beberapa penambah serta peningkatan fitur agar para pengguna lama dan baru menyukainya.

Kelebihan yang ditawarkan print Epson l3150 ini diantaranya kualitas percetakan yang diklaim lebih hemat tinta. Berdasarkan pernyataan pihak Epson, printer ini hanya menghabiskan biaya sekitar 19 rupiah per halamannya. Hal tersebut tentu terbilang sangat murah untuk kualitas pengeluaran printer.

Selain itu printer tipe ini juga sudah dibekali dengan jaringan wireless, sehingga pengguna tidak perlu lagi melakukan install driver ketika mau menggunakannya. Namun jika ingin menggunakan print ini secara manual, kamu tetap harus menginstall driver yang dibutuhkan.

Cara Install Driver Scan Print Epson L3150

Sebelum berbicara lebih jauh tentang bagaimana cara melakukan scan pada print Epson l3150, alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara menginstall drivernya.

Pasalnya sebuah printer tidak akan bisa digunakan sebelum driver print tersebut terinstall di laptop atau komputer. Namun jika printer tersebut dibekali dengan wireless, maka lain lagi ceritanya.

Umumnya printer baru sudah diberikan CD drive bawaan dalam paket penjualan. CD drive ini berguna dalam menginstal aplikasi yang dibutuhkan dalam mengoperasikan printer Epson. Enaknya jika mempunyai CD driver ini, kamu tidak perlu lagi mendownload driver.

Bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara menginstall drive print Epson, maka simaklah penjelasan berikut dalam menginstal driver Epson l3150 :

  1. Silahkan sediakan laptop atau komputer yang akan digunakan untuk penginstalan driver.
  2. Bukanlah aplikasi browser yang ada, kamu bisa menggunakan chrome, firefox atau yang browser lainnya.
  3. Setelah itu silahkan ketik di bilah pencarian “download driver Epson l3150” dan lakukan pencarian.
  4. Pilih website resmi Epson dengan link “epson.co.id” dan masuk kedalam website tersebut.
  5. Di dalam website tersebut kamu akan diberikan tampil printer Epson l3150, lalu pilihlah opsi download.
  6. Jika sudah kamu akan diminta untuk memasukkan operasi sistem, silahkan pilih sesuai spesifikasi laptop atau komputer yang kamu gunakan.
  7. Jika sudah tekan “go”, maka kamu akan diberikan tampil download driver yang bisa kamu unduh.
  8. Pada halaman tersebut akan tersedia driver yang dibutuhkan. Terdapat dua jenis drive yang bisa kamu pilih yaitu full dan patch. Saran saya jika kamu tidak ingin ribet, maka pilih saja yang full karena di dalamnya sudah disediakan sekaligus dengan driver scan.
  9. Downloadlah driver tersebut dan tunggu hingga proses download selesai.
  10. Jika sudah silahkan buka folder tempat driver tersebut disimpan dan lakukan penginstalan.

Dalam proses penginstalan driver, kamu hanya perlu menyetujui persyaratan saja. Selanjutnya silah next saja hingga proses install berjalan dan selesai.

Cara ini sama ketika kamu menggunakan CD drive dalam menginstal aplikasi print Epson. Bedanya kamu tidak perlu menjalankan langkah download karena driver sudah tersedia dalam CD driver.

Baca Juga : Harga Tinta Printer Epson L’Series, Cara Pasang, dan Kelebihannya

Cara Scan Menggunakan Printer Epson L3150

Walaupun printer Epson l3150 sudah dibekali dengan fitur scan, namun banyak orang yang tidak bisa memanfaatkannya. Kebanyakan dari penggunaan printer Epson beranggapan bahwa fitur tersebut hanya diperuntukkan untuk melakukan fotokopi saja.

Pada dasarnya ada dua cara dalam melakukan scan di Epson l3150 ini, yang pertama menggunakan aplikasi bawaan dan yang kedua menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama WinScan.

Berikut penjelasan tentang cara melakukan scan menggunakan printer Epson l3150 dengan dua cara tersebut :

Melakukan Scan dengan Aplikasi Bawaan Epson

Untuk dapat melakukan scan dengan aplikasi bawaan Epson, kamu harus download driver dsn menginstalnya dulu. Setelah itu kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan scan :

  1. Hidupkan terlebih dahulu printer Epson l3150.
  2. Sambungkan printer dengan laptop.
  3. Masukkan dokumen atau tugas yang akan di scan.
  4. Posisikan bagian depan kertas menghadap kaca.
  5. Buka aplikasi Epson scan 2 yang ada di laptop atau komputer. Aplikasi ini akan otomatis ada jika kamu menginstal driver full printer.
  6. Kamu dapat mengganti tampilan menjadi “profesional mode” untuk menampilkan lebih banyak menu.
  7. Silahkan tekan tombol preview terlebih dahulu untuk melihat penampakan dokumen ketika di scan nantinya. Kamu dapat mengatur penampilan tersebut dengan menarik garis yang ada di foto sesuai kebutuhan.
  8. Jika sudah sesuai, langkah selanjutnya silahkan tekan “scan” dan file akan tersimpan pada folder yang ada di laptop atau komputer kamu.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika melakukan scan di Epson l3150 ini. Kamu bisa mengetahui langkah-langkah berikut ini :

  • Dokumen tipe bisa memilih reflective yaitu dokumen yang berbentuk reflektif.
  • Pada dokumen source silahkan pilih scanner glass.
  • Pada auto exposure silahkan pilih photo agar mendapatkan kualitas terbaik.
  • Agar mendapatkan kualitas yang maksimal silahkan ganti resolusi menjadi 300 dpi.

Melakukan Scan dengan Aplikasi WinScan

Selain menggunakan aplikasi bawaan, cara scan di Epson l3150 berikutnya yang juga bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga WinScan. Keuntungan menggunakan aplikasi ini ialah cara penggunaan yang lebih mudah dan bisa menyimpan dokumen ke pdf.

Selain itu pada aplikasi ini kamu juga bisa memilih resolusi yang akan dipakai, serta ringan pengoperasian. Berikut cara melakukan scan menggunakan aplikasi WinScan :

  1. Download terlebih dahulu aplikasi WinScan-nya.
  2. Jika sudah silahkan install dengan langkah biasa.
  3. Setelah itu silahkan jalankan aplikasi.
  4. Pada menu source, silahkan pilih printer Epson l3150
  5. Jika kamu ingin melakukan scan lebih dari satu dokumen, silahkan ceklist multiple pages.
  6. Langkah selanjutnya silahkan lakukan scan dan pilih “to pdf” untuk menyimpan file.

Ketika melakukan scan menggunakan aplikasi WinScan ini, terdapat sedikit kekurangan dimana aplikasi tidak bisa dijadikan tanpa diinstall terlebih dahulu driver bawaan. Dalam arti aplikasi ini hanya berlaku untuk mempermudah pengerjaan scan yang terlihat rumit menggunakan aplikasi bawaan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *