Nama-nama Bulan dalam Bahasa Inggris

nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Nama Bulan dalam Bahasa Inggris – Tentu semua tahu bahwa dalam satu tahun kita memiliki 12 bulan dalam kalender internasional maupun nasional. Dalam hitungan kalender pada umumnya, setiap bulan memiliki jumlah hari yang sama yaitu 30 atau 31 hari. Namun ada satu bulan yang berbeda yaitu bulan Februari yang memiliki 28 atau 29 hari saja dalam satu bulan.

Bulan bahasa Inggrisnya adalah month. Setiap nama bulan dalam bahasa Inggris memiliki asal penamaan. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan membahas nama-nama bulan dalam bahasa Inggris beserta asal penamaan dan contoh penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Detail Nama-nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Berikut adalah nama-nama bulan yang akan kita bahas berdasarkan tinjauan bahasa Inggris. Simak baik-baik yah:

January

nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Bulan pertama yang akan kita bahas adalah January. Pengucapan bulan January dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia memiliki kesamaan yaitu “y” di akhir kata dibaca “i”. Bulan satu ini diambil dari bahasa Latin yaitu “Ianuarius” bermakna bulan pertama pada hitungan tahun Jullius dalam kalender Gregorius bangsa Yunani.

Bulan January dikenal sebagai permulaan perhitungan tanggal yang telah disepakati oleh hampir semua negara di belahan dunia. Bulan satu ini identik dengan musim dingin atau musim salju di negara-negara yang memiliki musim salju pada perputaran musimnya.

Contoh penggunaan kata bulan Januari adalah sebagai berikut:

·         I will marry you in January next year.

·         My father was born in January.

February

nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Bulan selanjutnya yang terdapat pada kalender internasional dan nasional yang akan kita bahas adalah bulan February. Bulan satu ini diambil dari bahasa Latin yaitu “Februus” yang bermakna dewa penyucian. Bulan february oleh sebagian kelompok atau negara dianggap mempunyai keistimewaan karena hanya mempunyai hitungan 28 atau 29 hari saja dalam tahun Kabisat. Penggunaan kata February memiliki beberapa variasi, ada yang menulisnya dengan kata “Pebruari”, ada juga yang menulisnya seperti yang kita tahu yaitu “February” tergantung kebiasaan masyarakat yang menggunakan kata tersebut.

Menurut sejarah bulan February merupakan bulan yang pernah diletakan pada akhir bulan setiap tahunnya yang kemudian direvisi oleh sebagian kelompok ahli perbintangan diletakan setelah bulan January.

Bulan February di sebagian negara tropis seperti negara Indonesia dikenal dengan musim hujan.  Pengucapan bulan February dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia memiliki kesamaan yaitu “y” di akhir kata dibaca “i”. Berikut adalah contoh penggunaan kata February dalam kehidupan sehari-hari:

·         At the end of February i want to go to my grandmother’s house in the village.

·         In February usually the sky is cloudy.

March

nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Bulan selanjutnya yang akan kita bahas adalah bulan Maret atau dalam bahasa Inggris ditulis dengan kata March. Bulan satu ini diambil dari bahasa Belanda yaitu “Maart” atau dalam bahasa Latin disebut dengan “Mars”. Maart atau Mars dipercaya oleh orang-orang Romawi sebagai dewa perang yang mereka takuti. Kata Mars juga diabadikan dengan nama planet dalam tata surya.

Bulan Maret pada tahun 45 Sebelum Masehi merupakan bulan pertama dalam perputaran bulan setiap tahunnya, kemudian raja Romawi yang cukup terkenal bernama Jullius Caesar menambahkan dua bulan sebelumnya yaitu bulan Januari dan Februari.

Bulan Maret juga dikenal sebagai bulan musim semi oleh sebagian negara yang memiliki perputaran lebih dari dua musim setiap tahunnya. Seperti Jepang, Korea dan lain sebagainya.

Pengucapan bulan Maret dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia memiliki perbedaan yang cukup khas. Dalam bahasa Indonesia bulan Maret dilafalkan dengan huruf “t” di akhir kata. Sedangkan dalam bahasa Inggris bulan Maret dilafalkan dengan huruf “ch” di akhir katanya.

Berikut adalah penggunaan kata bulan March dalam aktivitas sehari-hari:

·         March is my birth month.

·         Last year March was so hard for me.

April

nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Bulan menarik selanjutnya yang akan kita bahasa adalah bulan April. Bulan satu ini dalam hitungan kalender memiliki 30 hari di dalamnya. Nama bulan April diambil dari bahasa Latin yaitu “Aperire” yang bermakna membuka.

Bulan April dikenal oleh sebagian negara tropis seperti negara tercinta kita Indonesia yaitu sebagai musim kemarau, karena di bulan April biasanya jarang terjadi gumpalan awan di atas langit yang kemudian menyebabkan hujan.

Pengucapan kata bulan April baik bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris memiliki sedikit perbedaan yaitu awal kata April dibaca “e” namun memiliki kesamaan yaitu pada akhir kata bulan April dibaca “l”. Contoh penggunaan kata bulan April adalah sebagai berikut:

·         You will be home April.

·         He left for America in April.

May

nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Bulan selanjutnya yang terdapat pada kalender internasional dan nasional yang akan kita bahas adalah bulan Mei atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama May. Bulan satu ini diambil dari bahasa Latin yang kemungkinan besar memiliki arti kata yaitu Dewi Maia.

Bulan May dikenal juga dengan bulan peralihan karena di bulan May biasanya adalah akhir dari musim hujan dan awal dari musim kemarau. Pengucapan kata bulan May dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris memiliki kesamaan yaitu sebelum akhir dan akhir kata dibaca “ey”.

Penggunaan kata bulan May dalam aktivitas sehari-hari adalah sebagai berikut:

  • I will graduate in May.
  • You have to try in the month of May.

June

nama Bulan dalam Bahasa Inggri

Bulan selanjutnya yang terdapat pada kalender internasional dan nasional yang akan kita bahas adalah Juni atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan kata June. Bulan satu ini diambil dari bahasa Belanda yaitu yang bermakna Juno yang merupakan istri dari dewa Jupiter.

Penggunaan kata bulan June adalah sebagai berikut:

  • My uncle will visit at the end of June.
  • Grandpa used to plant corn in June.

July

nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Bulan selanjutnya yang terdapat pada kalender internasional dan nasional yang akan kita bahas adalah bulan Juli atau dalam bahasa Inggris July. Bulan satu ini diambil dari bahasa Latin yaitu “Jullius” yang merupakan nama raja termasyur di kerajaan Romawi pada zaman dahulu kala..

Bulan Juli memiliki perhitungan hari berjumlah 31. Penggunaan kata bulan July adalah sebagai berikut:

·         My aunty will give birth in July.

·         My sister will turn one year old in July.

Baca Juga : Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis Terbaik

August

nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Bulan selanjutnya yang terdapat pada kalender internasional dan nasional yang akan kita bahas adalah bulan Agustus atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan kata August . Bulan satu ini diambil dari bahasa Portugis yaitu “Agosto” dan bahasa Belanda yaitu “Augustus” yang berarti nama kaisar Romawi yang cukup terkenal yaitu Octavianus Agustus.

Penggunaan kata bulan August dalam bahasa Inggris sehari-hari adalah sebagai berikut:

·         The next soccer match is ini August.

·         August is my country’s independence month.

September

nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Bulan menarik selanjutnya yang terdapat pada kalender internasional dan nasional yang akan kita bahas adalah bulan September. Bahasa Inggris September sama dengan yang digunakan dalam bahasa Indonesia. Hanya saja, bulan satu ini diambil dari bahasa Belanda yaitu “Septem” yang bermakna tujuh.

Penggunaan kata bulan September adalah sebagai berikut:

·         September is my birth month.

·         Last year the month of September felt more impressive.

October

nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Bulan selanjutnya yang terdapat pada kalender internasional dan nasional yang akan kita bahas adalah bulan Oktober atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan October. Bulan satu ini diambil dari bahasa Belanda yaitu “Octo” yang bermakna delapan.

Penggunaan kata bulan October adalah sebagai berikut:

  • October is the month of mother’s birth
  • October this year feels more different

November

nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Bulan selanjutnya adalah November. Bahasa Inggrisnya November sama dengan penamaan dalam kalender Indonesia. Penamaan bulan yang satu ini diambil dari bahasa Latin yaitu “Novem” yang berarti sembilan. Sebab, pada zaman dahulu awal bulan berada di bulan Maret.

Penggunaan kata bulan November adalah sebagai berikut:

  • November this year must be memorable.
  • November is the eleventh month.

December

nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Bulan terakhir yang terdapat pada kalender internasional dan nasional yang akan kita bahas adalah bulan Desember atau dalam bahasa Inggris disebut dengan December. Bulan satu ini diambil dari bahasa Belanda yaitu “Decem” yang berarti sepuluh.

Penggunaan kata bulan December adalah sebagai berikut:

  • December is the end if the month
  • December this year we are engaged

Itulah informasi terkait nama-nama bulan dalam bahasa Inggris beserta penggunaanya dalam aktivitas sehari-hari yang dapat saya sampaikan untuk sobat sekalian. Semoga informasi ini bermanfaat.



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Informasi Lebih cepat!

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks