Cara Reset HP Oppo

  • Whatsapp

Menginstall ulang pabrik atau yang sering disebut reset HP memang kerap digunakan pengguna HP untuk mengatasi perangkatnya yang mengalami kendala seperti kinerja HP yang lemot, error, ataupun ingin meng-custom ROM. Untuk install ulang pabrik memang berbeda pada setiap tipe HP. Nah, jika Sobat pengguna HP OPPO dan ingin melakukan install ulang pabrik untuk menyegarkan kembali HP, di artikel kali ini kami akan membagikan cara reset HP OPPO dengan mudah. Pastikan simak cara instal ulang hp Oppo ini hingga tuntas agar berhasil.

Cara Merestart Hp Oppo

Cara Reset HP Oppo

Namun sebelum masuk ke pembahasan, perlu Sobat pahami sebagai pengguna smartphone, istilah reboot atau restart dengan istilah reset merupakan sebuah kegiatan yang berbeda. Reboot atau restart sendiri merupakan kegiatan menghidupkan kembali perangkat untuk menyegarkan (refresh) kinerja HP supaya lebih optimal.

Read More

Biasanya restart atau reboot digunakan saat HP sudah panas, ngelag, atau terlalu banyak membuka aplikasi. Sementara reset atau dalam istilah Indonesianya kembali ke pengaturan pabrik merupakan kegiatan mengembalikan sistem HP menjadi seperti saat pertama kali pengguna akses.

Dengan kata lain, dengan pengguna mengembalikan HP ke pengaturan pabrik, maka setiap data dan aplikasi yang tersimpan di memori internal akan terhapus semua, termasuk sampah file dan cache.

Nah, tentunya cara reboot HP Oppo dan cara reset HP Oppo berbeda. Tapi tenang, jika Sobat masih kesulitan mengetahui caranya, berikut beberapa cara kembali ke pengaturan awal hp oppo dengan mudah.

  1. Pergi Ke Menu Settings / Pengaturan

    Langkah pertama, silakan Sobat untuk pergi ke menu pengaturan di HP

  2. Pilih Opsi Additional Settings

    Setelah masuk ke menu pengaturan, Sobat bisa gulir ke bawah dan klik menu additional settings atau pengaturan tambahan.

  3. Pilih Pada Opsi Back Up and Reset

    Kemudan Sobat bisa gulir lagi ke bawah dan pilih opsi Back Up and Reset atau dalam bahasa Indonesia berarti Buat Cadangan dan Reset.

  4. Masuk Ke Menu Reset to Factory Settings atau Reset Ke Data Pabrik

    Jika sudah, Sobat bisa mulai menginstal hp oppo / reset dengan memilih pilih opsi Reset to Factory Settings.

  5. Pilih Cara Reset HP Oppo Yang Diinginkan.

    Sistem Oppo akan memberikan 4 opsi reset. Agar tidak bingung dan meminimaisir kesalahan, maka kami akan memberikan penjelasan masing-masing opsi. Karena begitu Sobat memulai reset, Sobat tidak akan bisa membatalkannya.
    5 Opsi Reset HP Oppo:

    1. Reset Pengaturan Sistem Saja
    Pilihan ini akan mengatur ulang semua pengaturan sistem tanpa menghapus data atau file media apapun.
     
    2. Hapus Aplikasi yang Diunduh dan Data Aplikasinya
    Opsi ini akan menghapus aplikasi yang dapat dihapus dan semua data aplikasi kecuali file aplikasi yang disimpan oleh pengguna, seperti foto dan musik.
     
    3. Bersihkan Semua Data
    Melalui pilihan ini, semua data ponsel OPPO akan dihapus termasuk konten, pengaturan, foto dan musik. Ponsel OPPO akan disetel ulang ke keadaan awal yang tidak aktif, yaitu keadaan pabrik.

    4. Bersihkan Kontak dan Riwayat Panggilan di Telepon Ini
    Dengan memilih opsi ini, semua kontak dan riwayat panggilan di kartu SIM akan terhapus. Hanya kontak di kartu SIM yang akan tetap ada. Data lain di ponsel OPPO tidak akan terpengaruh.

    5. Bersihkan Pesan SMS dan MMS di Telepon Ini
    Dengan memilih opsi ini, semua pesan SMS dan MMS di kartu SIM akan terhapus. Hanya pesan SMS di kartu SIM yang akan tetap ada. Data lain di ponsel OPPO tidak akan terpengaruh.

    Silakan pilih opsi reset sesuai kebutuhan Sobat.

Catatan : Karena reset atau instal ulang pabrik akan menghapus semua data, aplikasi dan file yang ada di memori internal, maka sebaiknya Sobat mem-backup atau cadangkan file terlebih dahulu. Sobat bisa backup di layanan penyimpanan Google Drive, atau juga bisa di memori eksternal agar data-data penting tidak hilang saat perangkat berhasil di reset.

Cara Reset HP Oppo Melalui Recovery Mode

Cara Reset HP Oppo

Selain cara reset HP Oppo melalui menu pengaturan, pengguna juga bisa menggunakan recovery mode atau mode pemulihan untuk menginstall ulang pabrik HP Oppo. Namun menurut kami cara ini tidak cukup mudah dibanding dengan cara reset hp Oppo melalui pengaturan.

Selain itu juga beresiko. Namun jika Sobat mencari cara alternatif, mungkin cara reset HP Oppo melalui recovery mode bisa menjadi opsi. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, Silakan Sobat matikan atau off HP Oppo
  • Setelah HP mati, Sobat bisa menekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan selama beberapa detik hingga masuk ke recovery mode. (tombol power adalah yang biasa digunakan untuk mematikan HP).
  • Nantinya Sobat akan masuk ke recovery mode dengan tampilan latar hitam.
  • Kemudian akan ada pilihan bahasa. Silakan Sobat pilih bahasa yang ingin digunakan. Namun untuk memudahkan, gunakan bahasa Inggris saja.
  • Di mode ini Sobat tidak akan bisa menggunakan layar sentuh / touch screen. Semua pergerakan dialihkan ke tombol volume atas dan bawah (volume atas untuk menggeser kursor ke atas, dan sebaliknya. Untuk konfirmasi atau OK, Sobat bisa gunakan tombol power).
  • Di sini Sobat bisa pilih menu Wipe Data.
  • Lalu Sobat bisa input PIN atau kode verifikasi jika diperlukan. Selanjutnya langsung pilih menu Format Data.
  • Jika sudah yakin ingin reset pabrik, Silakan pilih Format.
  • Maka proses instal ulang pabrik akan berjalan. Sobat bisa tunggu dan jangan sekali-kali untuk mengotak-atik HP ketika proses reset berjalan atau akan terjadi error nantinya.
  • Sobat juga bisa memuat ulang perangkat dengan menekan Reboot jika sistem tidak melakukannya secara otomatis.
  • Selesai!

Itulah cara reset HP Oppo melalui recovery mode. Namun sekali lagi, seperti yang kami bilang cara ini beresiko dan tidak kami rekomendasikan. Sobat bisa coba cara yang lebih mudahnya melalui pengaturan, karena semua akan berjalan otomatis.

Cara Restart Oppo Untuk Menyegarkan Sistem

Jika sekiranya HP Oppo Sobat ngelag atau nge-freeze namun Sobat tidak ingin melakukan reset pabrik karena belum sempat backup data, Sobat bisa gunakan mode reboot Oppo untuk menyegarkan sistem. Perbedaan reboot dengan reset telah kami jelaskan sebelumnya.

Nah, untuk cara refresh hp Oppo, ikuti langkah-langkah mudah berikut ini:

  • Tekan tombol power HP Oppo selama beberapa detik
  • Maka nantinya akan muncul opsi “Hidupkan Kembali / Reboot”, dan “Matikan Perangkat”.
  • Silakan pilih opsi “reboot“.
  • Tunggu beberapa saat ketika sistem menghidupkan ulang perangkat.
  • Selesai.

Sebenarnya sering me-reboot HP cukup direkomendasikan lho. Pasalnya dengan begitu, perangkat tidak akan terus-terusan bekerja terlebih jika Sobat jarang menutup aplikasi yang digunakan sebelumnya. Karena jika perangkat tidak sering disegarkan, bisa-bisa perangkat akan mengalami overheat sehingga membuat kinerja lemot.

Menghidupkan ulang HP juga bisa Sobat lakukan jika ingin bermain game berat, agar tidak ngelag saat dimainkan, dan supaya lebih optimal.

Tips Agar HP Tidak Mudah Lemot

Cara Reset HP Oppo

Setelah mengetahui cara reset HP Oppo, tentunya sobat juga bisa memperhatikan kinerja HP. Nah, jika sistem di ponsel terasa lemot, tentunya akan membuat tidak nyaman dan cukup menganggu saat digunakan. Terlebih jika perangkat HP digunakan untuk menunjang pekerjaan. Nah, ada beberapa tips agar perangkat ponsel Sobat tidak mudah mengalami lag atau lemot. Berikut tipsnya

Sesuaikan Jumlah Aplikasi Dengan Memori dan RAM HP

Tips pertama agar HP tidak lemot yaitu sesuaikan jumlah aplikasi yang di instal dengan kapasitas memori dan RAM HP Sobat. Jangan mentang-mentang HP tersebut baru, Sobat langsung menginstall banyak aplikasi terlebih game-game berukuran besar.

Lihat dahulu spesifikasi ponsel milik Sobat, jika dirasa hanya memiliki kapasitas memori di bawah 64 Gb dan RAM hanya 4GB, sebaiknya instal aplikasi yang dibutuhkan saja.

Tambahkan Memori Eksternal / SD Card

Tips ini juga direkomendasikan, pasalnya dengan menambahkan memori eksternal maka tidak akan membuat memori internal penuh dan membuat kinerja sistem lebih optimal.

Terlebih jika Sobat orang yang gemar mengoleksi foto-foto, video film atau series anime, e-book, dan musik di HP, sebaiknya gunakan memori eksternal agar tidak membuat penuh memori. Cara alternatif agar memori internal tidak penuh yaitu Sobat bisa manfaatkan penyimpanan berbasis cloud sepert Google Drive.

Sering Membersihkan Cache Aplikasi

Biasanya beberapa aplikasi media sosial dan chatting seperti Instagram, Tik Tok, WhatsApp, dan Line memiliki cache atau file sampah yang cukup besar, terlebih WhatsApp. Nah, Sobat sering-sering saja menghapus cache aplikasi agar tidak memakan banyak memori.

Juga Sobat bisa menghapus foto-foto dan video di galeri WhatsApp yang tidak dibutuhkan. Memang banyak pengguna kerap kurang sadar akan hal ini, sehingga sampah file terus-terusan menumpuk dan membuat penyimpanan internal ponsel menjadi penuh.

Biasanya fitur penghapus sampah sudah ada di setiap HP termasuk HP Oppo ini. Namun jika belum memiliki, Sobat bisa mengunduh aplikasi pembersih sampah file di Google Play Store.

Tidak Membuka Situs Sembarangan

HP yang menjadi lemot bukan hanya datang dari faktor internal, namun juga bisa dari faktor eksternal seperti masuknya vius atau malware akibat pengguna ceroboh mengakses sesuatu dengan tidak hati-hati.

Biasanya malware datang dari situs ilegal seperti situs film dewasa, situs streaming film bajakan, ataupun situs pengunduh aplikasi MOD. Sebaiknya Sobat kurang-kurangi mengakses situs tersebut, karena beresiko buruk untuk perangkat.

Baca juga ulasan lainnya : Pasti Berhasil! Cara Mengatasi Kamera HP Yang Tidak Berfungsi dengan mudah!

Akhir Kata

Demikian cara reset HP Oppo melalui pengaturan dan recovery mode, cara merefresh hp Oppo, dan tips agar HP tidak lemot yang dapat kami sampaikan. Sekali lagi kami ingatkan, sebaiknya Sobat backup seluruh data-data penting sebelum melakukan reset pabrik ya, agar data di HP bisa dikembalikan.

Fitur backup sendiri sebetulnya sudah disediakan sendiri di HP Oppo, namun agar lebih aman, backup juga di Google Drive atau memori eksternal.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *