Cara Slow Motion TikTok

  • Whatsapp

Tren-tren di TikTok memang selalu tidak ada habisnya. Bukan tanpa alasan, pasalnya aplikasi ini makin hari penggunanya kian bertambah, sehingga ide-ide dan tren baru selalu bermunculan. Salah satu kanal media sosial yang banyak digandrungi anak muda ini juga memiliki segudang fitur untuk menunjang content creator dalam mempoles videonya agar menjadi ciamik. Salah satunya efek slowmo di TikTok yang banyak disukai penggunanya. Efek ini memberikan video menjadi lebih lambat dan terlihat estetik. Dengan begitu, banyak pengguna mungkin SObat salah satunya yang ingin juga coba membuat. Penasaran bagaimana cara slow motion TikTok? Simak ulasanya hingga tuntas.

Cara Slow Motion Tik Tok

Cara Slow Motion Tik Tok

Efek slowmo di TikTok sebenarnya sudah ada sejak pertama kali aplikasi ini di rilis. Namun tidak banyak penggunanya yang memoles videonya dengan fitur aesthetic satu ini. Baru-baru ini efek slow motion kembali mencuat berkat tren yang dibawakan influencer TikTok.

Read More

Ditambah dengan lagu yang senandung dan gerakan video yang lambat serta efek-efek keren yang tersedia di TikTok, membuat video menjadi begitu ciamik sehingga menjadi FYP (for you page) dan kerap di-download oleh banyak orang. Tentunya cara slowmo TikTok sangat mudah.

Karena TikTok sudah menyediakan fitur Slow Motion bawaan, maka pengguna dapat mengedit langsung melalui aplikasinya. Namun cara slowmo di TikTok tanpa jeda juga tidak hanya dapat di edit melalui aplikasi TikTok, melainkan juga dapat dilakukan dengan aplikasi video editor yang tersedia di Google Play Store dan Apps Store.

Jika pengguna tidak puas dengan editan yang ada di TikTok, pengguna juga bisa edit memanfaatkan fitur yang ada di aplikasi lainnya.

Nah, jika Sobat ingin mengetahui cara slow motion TikTok melalui aplikasi TikTok langsung, berikut langkah-langkahnya;

  • Langkah awal, silakan Sobat untuk buka aplikasi TikTok ada di HP. Jika belum diperbarui, silakan lakukan pembaruan terlebih dahulu.
  • Jika sudah, maka nantinya Sobat akan masuk ke laman utama atau FYP. Nah, di sini Sobat bisa pilih ikon tanda tambah (+) di sisi bawah tengah-tengah.
  • Langsung saja Sobat rekam video dengan menekan tombol bulat merah.
  • Namun agar video lebih bagus dan rapih, Sobat bisa close aplikasi TikTok dan rekam di kamera HP, lalu ambil videonya dari galeri.
  • Setelah Sobat selesai merekam ataupun mengunggah video dari galeri, maka akan masuk ke laman editing atau penyuntingan lanjut.
  • Nah, di sini Sobat bisa langsung klik opsi Effects.
Cara Slow Motion Tik Tok
  • Selanjutnya pilih opsi Time
Cara Slow Motion Tik Tok
  • Lalu lihat opsi di bawahnya, langsung saja Sobat pilih efek Slow Motion.
Cara Slow Motion Tik Tok
  • Maka efek slowmo ini meminta untuk di sisipkan di frame video yang ingin dijadikan slow motion atau gerakan lambat.
  • Jika sekiranya Sobat sudah pas menempatkan efek gerakan lambat ini di frame video yang diinginkan, silakan simpan video dengan menekan tombol Save di pojok kanan atas.
  • Lalu pilih Next untuk menuju laman publish.
  • Jika sudah di laman Post, Sobat bisa langsung menambahkan caption, hashtag, atau mention teman. Jika Sobat ingin menyimpan videonya terlebih dahulu, Silakan klik simpan.

Itulah cara membuat Tik Tok slowmo secara langsung melalui fitur di TikTok. Nah, selain fitur tersebut, juga ada fitur waktu. Sobat bisa menggunakan opsi kecepatan 0,5x dan 0,3x untuk membuat video menjadi lebih lambat. Namun kami sarankan jika Sobat merekamnya dengan kamera yang kurang bagus, maka video jangan di tambahkan slowmo terlalu lama, karena hasil video nantinya akan terlihat tidak bagus dan frame per frame video menjadi tidak smooth.

Jika Sobat merekamnya menggunakan kamera profesional atau minimal kamera HP yang beresolusi tinggi di Android maupun iPhone, maka hasil video slow motion dengan gerakan paling lambat sekalipun pun akan terlihat smooth.

Cara Slow Motion TikTok Dengan Aplikasi Editing Video

Cara Slow Motion Tik Tok

Sebenarnya cara membuat slow motion di TikTok tidak hanya bisa dilakukan dengan fitur di TikTok, tapi Sobat juga bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang ada di Play Store atau Apps Store.

Saat ini banyak sekali aplikasi penunjang editing video yang sangat bagus. Di samping itu, aplikasi-aplikasi tersebut juga menyediakan segudang fitur yang bisa digunakan secara gratis. Nah, kami akan merekomendasikan aplikasi-aplikasi penunjang editing video untuk TikTok agar video menjadi ciamik dan masuk ke FYP.

Berikut daftar aplikasinya :

Kinemaster Pro

Kinemaster Pro

Rekomendasi aplikasi untuk membuat hasil video Sobat menjadi lebih ciamik yaitu dengan menggunakan Kinemaster Pro. Nyatanya aplikasi ini sering digunakan oleh editor profesional ataupun para influencer TikTok. Dengan menggunakan aplikasi ini, Sobat bisa bisa edit video tanpa batasan, karena memungkinkan banyak fitur lapisan mulai dari gambar, teks, video, audio, animasi, dan lainnya. Terdapat juga efek Slow Motion atau gerakan lambat, preset EQ, ducking, dan volume otomatis untuk immersive audio.

Cara slow motion TikTok di sin juga sangat mudah dilakukan, hanya tinggal pilih efeknya lalu sisipkan slowmo di frame video. Namun terdapat kekurangan di aplikasi ini, yaitu adanya watermark yang muncul bagi pengguna yang menggunakan akun gratisan. 

Power Director

Power Director

Cara membuat slow motion di Tik Tok juga bisa menggunakan aplikasi Power Director lho!

Di aplikasi ini, terdapat lebih dari 30 efek yang keren banget. Sobat juga dapat mengedit dengan green screen ditambah efek slowmo yang smooth. Jika Sobat ingin membuat videonya seperti short video ala-ala influencer, Sobat bisa menambahkan transisi efek yang gratis. Ada juga fitur untuk membuat kolase beberapa video yang berbeda-beda. Silakan Sobat download aplikasinya untuk membuat video slowmo jadi lebih bagus!

Vizmato

Vizmato app

Aplikasi lainnya untuk membuat slow motion dan efek keren yaitu ada Vizmato. Aplikasi ini sudah cukup terkenal dan banyak digunakan. Pasalnya fitur di Vizmato keren-keren dan beragam. Sobat bisa membuat teks, tema, filter, efek visual dan musik latar buat mengubah video.

Selain itu juga ada fitur merekam video dan GIF, Audio FX buat modulasi suara seperti bayi, tupai di Chipmunk, penjual bakso boraks, dan lainnya. Bahkan ada 40 efek visual dan 20 filter serta tema yang bisa bikin video TikTok slowmo Sobat makin ajib.

Glitchy

aplikasi Glitchy

Nah, belakangan ini juga sedang tren video dengan efek atau filter glitch (efek distorsi acak). Sejujurnya efek tersebut sulit ditemuan di beberapa aplikasi editing video. Nah, aplikasi Glitchy ini menawakan efek glitch agar video slowmo TikTok Sobat makin kece. Ada banyak sekali efek glitch & VHS, retro maupun efek klasik tahun 1980-1990-an yang membuat kesan video semakin elegan.

Selain itu juga terdapat fitur illusion, blur dan twist yang bisa disisipkan di video slow motion TikTok.

Video Show

Video Show untuk slowmo

Rekomendasi aplikasi untuk memperindah video TikTok yaitu ada Video Show. Aplikasi edit video ini juga punya banyak fitur keren. Di antaranya duplicate, split, merge, blur sampai fitur zoom. Selain karena mudah untuk pemula yang baru saja terjun di dunia per-editan, aplikasi ini juga bebas dari watermark.

Dengan begitu Sobat tidak perlu khawatir. Nah, untuk anak TikTok, terdapat fitur fast motion dan slow motion, video dubbing, video reverse, bahkan doodle! Keren kan? untuk membuka semua fitur yang tersedia, Sobat bisa upgrade akun menjadi akun premium dengan berlangganan. Silakan Sobat unduh aplikasinya.

Tips Agar TikTok Cepat FYP

Cara Slow Motion Tik Tok

Selain cara slowmo di TikTok, Sobat juga bisa simak beberapa tips agar video TikTok Sobat cepat FYP dan banyak ditonton orang-orang. Nah, beberapa tips yang kami rangkum ini sering digunakan oleh beberapa influencer, diantaranya:

  • Tambahkan Hashtag Atau Tagar Yang Sedang Populer
  • Ikuti Tren atau Challenge Yang Viral (jangan ikuti challenge yang berbahaya)
  • Gunakan Musik Atau Lagu Yang Sedang Populer
  • Mention Teman atau Influencer
  • Edit Dengan Visual Yang Bagus
  • Duetkan Video Yang Sedang Viral
  • Upload Video Secara Konsisten
  • Menghindari Pembahasan Video Yang Mengandung SARA (karena saat ini keamanan TikTok sudah semakin tinggi, jika pembahasan sensitif maka video akan segera dihapus oleh pihak TikTok)
  • Unggah Video saat Prime Time (sdapun prime time pengguna TikTok di Indonesia adalah pukul 12.00-13.00 (siang hari), 16.00-17.00 (sore hari), dan 19.00-23.00 (malam hari).

Tips-tips tersebut bisa sobat jadikan acuan jika video Sobat ingin terus-terusan FYP. Dengan FYP terus, maka Sobat akan mendapat banyak followers dan bisa mengiklankan produk untuk mendapatkan pundi-pundi uang.

Baca juga ulasan lainnya tentang Alight Motion Pro MOD Versi 3.9.0 dan Fitur-fiturnya yang bisa Sobat nikmati!

Akhir Kata

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan tentang cara slow motion TikTok dengan memanfaatkan fitur yang ada di aplikasi TikTok dan aplikasi editing video, serta tips agar video TikTok yang Sobat ungguh cepat masuk FYP. Bagaimana? Sobat tertarik mencobanya?

Bagikan artikel ini, semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *