Cara Mematikan Suara Di Zoom

Cara Mematikan Suara Di Zoom

Zoom memiliki banyak dukungan fitur yang memudahkan penggunanya dalam memaksimalkan layanan video conference, terlebih pada update-an terbaru. Nah, salah satu fitur yang paling berguna yaitu mute dan unmute suara. Lalu bagaimana cara mematikan suara di Zoom? simak penjelasan lengkapnya di halaman ini.

Tentu di masa-masa pendemi seperti sekarang ini semuanya serba daring atau online, baik untuk sekolah, perkuliahan, atau bahkan rapat pekerjaan. Maka Zoom dan beberapa aplikasi serupa lainnya hadir dan bisa sangat diandalkan.

Namun pada beberapa waktu jika kita berada di rumah, saat melakukan zoom seringkali situasi rumah tidak kondusif dan membuat kita enggan untuk berbicara karena khawatir suara berisik dari rumah akan terdengar oleh peserta zoom lainnya.

Tenang saja Sob! Karena Zoom memiliki fitur untuk mengatasi ini, yaitu adanya fitur mute.

Bagi yang belum tahu arti mute dan unmute, fitur mute sendiri merupakan fitur mematikan suara peserta, dalam hal ini bisa Sobat sendiri maupun peserta lain.

Kebalikannya, unmute berarti fitur untuk menghidupkan kembali suara yang sebelumnya telah dinon-aktifkan.

Nah sebelumnya, jika sobat belum mengetahui cara penggunaan zoom, kami sudah membahasnya di artikel cara menggunakan zoom meeting di HP, semoga artikel tersebut bisa membantu.

Cara Menonaktifkan Suara Di Zoom HP Android dan iPhone

Langsung saja Sobat simak cara mematikan suara di Zoom di HP Android dam iPhone. Berikut langkah-langkah mudahnya :

cara mute zoom

  1. Login dan Join Ke Zoom Meting

    Silakan Sobat login masuk terlebih dahulu sebelum masuk ke Zoom meeting.

  2. Ketuk Ikon Microphone

    Selanjutnya Sobat bisa mulai matikan suara Sobat sendiri dengan menekan ikon mic di pojok kiri bawah.

  3. Suara Berhasil di Mute

    Dengan menekan ikon mic, maka mic akan berubah dengan tambahan garis silang merah. Itu artinya suara yang ada di sekitar termasuk suara Sobat tidak akan terdengar oleh peserta lainnya.

  4. Disconnect Audio Untuk Mute Semua Suara

    Jika Sobat ingin mute atau mematikan semua suara peserta yang ada di Zoom agar tidak terdengar oleh Sobat yaitu bisa pergi ke menu settings di kanan bawah.
    Lalu tekan opsi ‘Disconnect Audio’. Maka semua suara akan terputus untuk perangkat Sobat.

Itulah cara mematikan audio di Zoom HP dan memutus semua suara agar tidak terdengar di HP Sobat yang bisa dilakukan dengan mudah.

Sebetulnya kita bisa membuat mute semua suara peserta untuk membuat situasi kondusif saat berlangsungnya paparan materi. Namun cara ini hanya bisa dilakukan saat kita menjadi Host atau Co-Host meeting.

Cara Otomatis Menonaktifkan Suara Saat Masuk Ke Meeting di HP

Selain cara mematikan suara di Zoom, Sobat juga bisa lho mengotomatisaskan mute atau mematikan suara setiap kali Sobat join ke meeting. Dengan adanya fitur otomatis mute ini, kita tidak perlu repot-repot harus setel mute dulu.

Langkah-langkah mudahnya, Sobat bisa simak di bawah ini:

  • Saat berada di Zoom meeting, Sobat bisa masuk ke menu lainnya, dengan menekan opsi ‘More‘ di pojok kanan bawah
Cara Mematikan Suara Di Zoom
  • Setelah itu, Sobat bisa masuk ke menu Meeting Settings.
Cara Mematikan Suara Di Zoom
  • Kemudian akan ada beberapa pilihan opsi. Di menu ini, Sobat bisa aktifkan dengan menekan toggle button pada opsi ‘Mute Upon Entry‘.
Cara Mematikan Suara Di Zoom
Cara Mematikan Suara Di Zoom

Setelah Sobat mengaktifkan mode Mute Upon Entry, maka setiap kali Sobat baru bergabung ke sebuah rapat di Zoom, Sobat tidak perlu khawatir karena suara sudah pasti otomatis ter-mute.

Cara Mematikan Audio Di Zoom Laptop

Cara Mematikan Suara Di Zoom

Selain cara mematikan speaker di Zoom HP, Sobat juga bisa menonaktifkan suara Sobat melalui Zoom laptop. Caranya sangat mudah dan tidak jauh berbeda.

Berikut langah-langkah mudahnya:

  • Pertama, Sobat bisa masuk ke Zoom meeting terlebih dahulu.
  • Setelah itu langsung saja klik ikon MIC hingga berubah menjadi MIC dengan garis silang merah.
  • Maka suara Sobat dan suara sekitar tidak akan terdengar oleh peserta lainnya.

Sangat simpel juga bukan cara mematikan suara di Zoom di laptop? silakan Sobat ikuti langkah-langkahnya ya.

Untuk mengotomatiskan mute di Zoom laptop atau PC, caranya sama saja seperti pada HP. Sobat bisa lihat langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas.

Trik Cepat Mute dan Unmute Cepat di Zoom PC

Cara Mematikan Suara Di Zoom

Selain membahas cara mematikan mic di Zoom laptop, kami juga memiliki beberapa trik shortcut untuk mengaktifkan fitur mute dan unmute, serta menampilkan video atau menonaktifkannya di Zoom PC atau laptop dengan cepat.

Selain menekan langsung pada ikon Mic untuk mematikan suara Sobat di Zoom, dengan trik ini Sobat bisa dengan cepat mute suara. Nah, Sobat bisa tekan kombinasi tombol keyboard Alt + A, dengan begitu maka suara sobat akan mute.

Trik ini merupakan cara alternatif pintasan untuk mematikan mikforon. Saat Sobat mau menyalakan kembali mikrofon Sobat, Sobat bisa menekan kembali kombinasi tombol Alt + A tanpa harus menekan ikon mic di layar dengan mouse.

Selain mematikan atau menyalakan mikrofon dengan menggunakan kombinasi tombol, Sobat juga dapat melakukan trik menyalakan mic sementara waktu dengan menekan dan menahan tombol spasi.

Trik Menampilkan Video dan Menonaktikannya di Zoom PC

Sobat juga bisa coba trik menampilkan video dan menonaktifkannya dengan trik kombinasi tombol tanpa harus menekan ikon video pada layar.

Pintasan keyboard untuk mematikan video Zoom yaitu dengan menekan Alt + V secara berbarengan. Nah, saat ingin menyalakan video kembali, Sobat hanya cukup tekan tombol Alt + V kembali secara bersamaan tanpa harus menekan ikon video di layar.

Cara Mematikan Zoom Meeting

Cara Mematikan Suara Di Zoom

Selain cara unmute zoom di HP dan laptop / PC, Sobat juga bisa mematikan Zoom meeting kapanpun.

Baik itu peserta biasa maupun host atau co-host Zoom meeting, peserta dapat mematikan atau keluar dari Zoom secara bebas. Bagaimana cara keluar dari Zoom meeting?

Caranya sangat simpel, Sobat bisa menekan tombol end dengan kotak merah di pojok kanan atas, lalu pilih Leave diantara beberapa opsi.

Jika Sobat host atau co-host yang ingin membubarkan meeting, Sobat bisa tekan end, dan pilih opsi end for all. Maka semua peserta termasuk Sobat akan keluar Zoom secara bersama.

Sebagai informasi, sekarang Zoom sudah memiliki banyak animasi background dan filter / efek-efek unik yang bisa Sobat gunakan tanpa harus membayar sepeserpun lho!

Background juga bisa di custom dengan menggunakan gambar sendiri. Hal ini bisa dimanfaatkan Sobat jika suatu waktu sedang berada di luar atau tampilan background Sobat terlihat kurang bagus, maka fitur background ini bisa diandalkan.

Mungkin kedepannya aplikasi Zoom akan mengembangkan fitur keren lainnya untuk menunjang kebutuhan pengguna saat melakukan meeting.

Baca Juga artikel lainnya Cara Mengganti Virtual Background Meeting Zoom di HP dengan mudah!.

Itulah cara mematikan suara di zoom untuk HP dan laptop, serta trik pintasan (shortcut) untuk mute dan unmute dengan menggunakan kombinasi tombol keyboard. Bagaimana? sangat simpel bukan? silakan Sobat ikuti step by step-nya ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.