Cara Mengetahui Nomor Telkomsel

Cara Mengetahui Nomor Telkomsel Tanpa Ribet

Saat mengisi pulsa, paket internet, ataupun verifikasi aplikasi dengan nomor telepon, tentunya kita harus menghapal atau setidaknya mengetahui nomor hp kita dengan benar. Tapi bagi pengguna baru yang Telkomselnya sudah teregistrasi, tidak jarang juga yang bingung bagaimana cara mengetahui nomor Telkomsel. Nah, simak langkah-langkahnya dapat kalian temukan di artikel kali ini.

Cara Cek Nomer Telkomsel Dengan Kode UMB

Cara Mengetahui Nomor Telkomsel

Sama seperti provider lainnya, Telkomsel juga memiliki layanan telepon, browsing, chatting dan lainnya yang bisa diandalkan oleh pengguna. Dengan dukungan koneksi internet yang cepat, maka tak heran Telkomsel banyak digunakan oleh pelanggan, walau dapat dikatakan harganya lebih mahal ketimbang provider lainnya.

Bagi pengguna baru Telkomsel, tentunya akan sedikit kebingungan melihat menu-menu atau layanan termasuk cek nomor Telkomsel yang telah terdaftar. Tapi jangan khawatir, cara cek nomor Telkomsel terbilang mudah kok, Sobat bisa coba dengan memasukkan kode UMB atau USSD Code. Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama, silakan Sobat buka HP Sobat, lalu pergi ke menu Dial atau Panggilan.
  • Selanjutnya Sobat bisa masukkan kode UMB dengan menekan *808#.
  • Nantinya akan ada pilihan menu di layar.
  • Nah, Sobat bisa lihat nomor telepon Telkomsel Sobat di bagian atas.

Sebagai informasi, provider Telkomsel ini memang agak berbeda dengan provider lainnya. Dimana bagi Sobat pengguna prabayar Telkomsel, maka Sobat akan dikenakan tarif sebesar Rp100 per permintaan (termasuk PPN 10%).

Untuk Sobat pelanggan pascabayar, maka Sobat akan dikenakan tarif sebesar Rp100 permintaan juga (belum termasuk PPN 10%). Adapun tarif tersebut langsung terpotong dari pulsa Sobat pada saat menghubungi *808#.

Maka dari itu, Sobat bisa screenshot atau catat nomor telepon Telkomsel Sobat agar tidak bolak-balik ke menu ini yang dikenakan tarif cukup lumayan.

Cara Melihat Nomor Telkomsel Dengan Aplikasi

Cara Melihat Nomor Telkomsel Dengan Aplikasi

Karena cara mengetahui nomor Telkomsel dengan kode UMB atau USSD diatas dikenakan tarif, maka bagi Sobat yang ingin cek nomor Telkomsel terus-terusan tanpa khawatir pulsa tersedot, Sobat bisa gunakan aplikasi MyTelkomsel.

Bisa dibilang, mengakses aplikasi ketimbang menu dari kode UMB ini lebih baik karena Sobat dapat melihat berbagai layanan seperti cek nomor, cek pulsa, cek kuota, isi ulang pulsa, beli paket, kirim hadiah, dan sebagainya. Nah, berikut cara melihat nomor Telkomsel dengan aplikasi:

  • Pertama, silakan download aplikasi MyTelkomsel melalui Google Play Store bagi Android atau Apps Store bagi pengguna iOS.
  • Setelah itu, kalian dapat memuka aplikasinya dan daftar akun melalui nomor Telepon Sobat (nomor bisa dilihat melalui kode UMB *808#).
  • Setelah mengisi nomor, Sobat bisa verifikasi melalui SMS, lalu masukkan kode verifikasi.
  • Selanjutnya buka aplikasi, dan masuk ke profil.
  • Maka di laman tersebut terdapat informasi nomor Telkomsel Sobat, masa tenggang, sisa kuota, sisa pulsa, dan lain sebagainya.

Itulah cara mengetahui nomor Telkomsel dengan aplikasi jika Sobat ingin bolak-balik cek nomor tanpa takut pulsa tersedot.

Nah, MyTelkomsel Lite kini juga mendukung pengguna Android 9 (Pie) atau dibawahnya. Aplikasi ini hanya membutuhkan memori atau penyimpanan yang kecil karena ukurannya yang 5 MB saja.

Perlu diketahui, jika Sobat baru menggunakan MyTelkomsel pertama kali, maka Sobat bisa mendaftarkan nomor Sobat terlebih dahulu. Jadi, jika Sobat lupa, cek nomor Telkomsel terlebih dahulu menggunakan UMB lalu gunakan untuk mendaftar di aplikasi MyTelkomsel.

Pada versi pembaruan, aplikasi MyTelkomsel Lite hadir dengan fitur
• Tampilan baru dan mendetail pada menu “Beranda” dan “Detail Kuota”.
• Laman “Pilih Paket” yang lebih atraktif dan memudahkan saat isi pulsa atau beli paket.
• Kompatibilitas untuk Android 9 (Pie) dan di bawahnya.

Cara Mengetahui Nomor Telkomsel Yang Terdaftar Lewat Panggilan

Cara Mengetahui Nomor Telkomsel Tanpa Ribet

Selain kedua cara mengetahui nomor Telkomsel menggunakan kode UMB dan aplikasi, Sobat juga bisa mengetahui nomor Telkomsel Sobat melalui cara yang cukup simpel, yaitu menghubungi nomor teman atau orang terdekat.

Nah, begini maksudnya jika Sobat masih bingung:

  • Pertama, silakan Sobat masuk ke menu dial atau panggilan.
  • Kemudian hubungi nomor teman atau keluarga dengan nomor Telkomsel Sobat ini.
  • Lalu setelah Sobat memanggil atau Missed Call nomor teman Sobat tersebut, minta dia untuk melihat riwayat panggilan barusan.
  • Maka nomor Sobat akan tampil, dan silakan catat atau minta screenshot nomor Telkomsel Sobat.

Saat mencoba cara alternatif untuk mengetahui nomor Telkomsel ini, pastikan saat teman Sobat dihubungi, telepon dari Sobat jangan diangkat karena akan terkena tarif pulsa.

Cara Mengetahui Nomor Telkomsel Masih Aktif atau Tidak

Jika kebetulan Sobat ingin menanyakan nomor Telkomsel Sobat yang lain terkait apakah masih aktif atau sudah hangus, maka Sobat bisa gunakan layanan operator ini.

Karena dengan layanan operator maka respon yang diberikan akan lebih cepat dan jelas. Selain itu, Sobat juga bisa menanyakan masa tenggang nomor Telkomsel Sobat untuk jaga-jaga jika Sobat jarang mengisi pulsa di nomor ini. Biasanya nanti akan ditanya nama Sobat siapa, dan nomor teleponnya.

Bagaimana? cara mengetahui nomor Telkomsel lewat operator ini cukup mudah bukan? silakan kalian coba ya.

Cara Mengetahui Nomor Telkomsel Yang Lupa Dengan Menghubungi Operator

Cara Mengetahui Nomor Telkomsel Yang Lupa Dengan Menghubungi Operator

Untuk mengetahui nomor Telkomsel juga Sobat bisa lakukan lewat operator. Berikut langkah-langkahnya:

  • Untuk yang berlangganan simPATI, Kartu As, dan Loop, kalian bisa menghubungi nomor call center 188.
  • Untuk pengguna jenis kartu Halo, silakan hubungi di nomor call center 133.
  • Untuk kalian pengguna yang sedang berada di luar negeri dan terkena roaming, maka bisa hubungi di nomor +628110000333.

Nah, cara ini menurut kami cukup jadi cara alternatif saja, sebab dirasa kurang efektif dan akan memakan waktu serta biaya pulsa. Adapun perkiraan tarif yang dikenakan setelah menghubungi operator Telkomsel adalah sebesar 300-400 rupiah per panggilan.

Kendati begitu, cara mengetahui nomor Telkomsel ini bisa Sobat manfaatkan untuk mencari informasi seputar layanan Telkomsel yang lainnya. Silakan dicoba ya.

Cara Mengecek Nomor Telkomsel Sendiri Lewat Assiten Virtual

Cara Mengecek Nomor Telkomsel Sendiri Lewat Assiten Virtual

Telkomsel memiliki fitur yang dapat membantu jika pengguna termasuk Sobat ada pertanyaan seputar layanan Telkomsel, yaitu asisten virtual yang dapat dihubungi kapanpun.

Adapun asisten virtual ini bernama Veronika. Fitur ini merupakan customer services berbasis chat untuk membantu Sobat dalam mengakses informasi produk serta layanan.

Layanan atau informasi yang dapat ditanyakan yaitu cek nomor Telkomsel, cek sisa kuota, cek promo, penukaran Telkomsel Poin, cek tagihan Telkomsel Halo, pencarian lokasi GraPARI terdekat dari lokasi Sobat, melakukan pembelian pulsa dan paket data internet, dan informasi lainnya.

Nah, Asisten Virtual Telkomsel Veronika dapat kalian hubungi melalui berbagai kanal seperti WhatsApp, Web chat, Telegram, Line, Chat Bot di aplikasi dan Facebook Messanger. Agar memudahkan, Sobat bisa salin tautan berikut yang langsung menghubungkan dengan assisten virtual Telkomsel:

  • LINE: tsel.me/lineVA2
  • Facebook Messenger: tsel.me/fbV2
  • Telegram: tsel.me/telegramVA2  
  • Situs Web: telkomsel.com
  • WhatsApp: tsel.me/wa2
  • Aplikasi MyTelkomsel: my.telkomsel.com/app/chatbot

Silakan Sobat hubungi Assiten Virtual Veronica tanpa terkena tarif pulsa ini untuk cara cek nomor telkomsel sendiri.

Cara Cek Nomor Telkomsel lewat SMS

Cara Cek Nomor Telkomsel lewat SMS

Ada juga cara mengetahui nomor Telkomsel dengan mudah, yaitu Sobat bisa cek lewat SMS. Dengan kata lain, Sobat mengirim SMS ke nomor orang terdekat, dan cek melalui pesan masuk mereka. Maka ada nomor pengirim (nomor Sobat), dan Sobat bisa lihat di situ.

Cara cek nomor Telkomsel lewat SMS ini bisa menjadi pilihan alternatif, karena simpel dan tidak memakan waktu. Nah, sama seperti cara cek nomor Telkomsel lewat telepon, syarat utama untuk melakukannya adalah Sobat memiliki sisa pulsa yang cukup untuk melakukan SMS.

Berapa tarifnya? melansir dari beberapa sumber, adapun tarif untuk satu kali SMS ke sesama Telkomsel adalah sebesar Rp 350. Maka Sobat hanya cukup mengirim SMS ke nomor orang lain atau orang terdekat seperti keluarga atau teman.

Silakan kalian gunakan cara cek nomor Telkomsel melalui SMS ini.

Bagaimana Jika Kartu Telkomsel Hilang / Rusak?

Bagaimana Jika Kartu Telkomsel Hilang / Rusak?

Tidak sedikit pengguna Telkomsel yang bertanya-tanya, kira-kira bagaimana sih jika kartu Telkomsel kita hilang atau rusak?

Nah, adapun saat kartu / sim card Telkomsel Sobat hilang atau rusak atau terblokir, Sobat bisa mendatangi segera gerai MyGraPari terdekat, dan bilang ke petugas terkait masalah pada nomor atau kartu Telkomsel Sobat.

Namun jika Sobat berada di luar negeri, ataupun berada di daerah yang jauh daru Grapari Telkomsel, maka Sobat bisa menggunakan layanan Telkomsel MyGraPari.

Dimana Telkomsel MyGrapari sendiri merupakan yaitu layanan Walk In Telkomsel yang bersifat digital dan dapat diakses secara mandiri (self-service) oleh pelanggan di GraPari (Pusat Layanan Telkomsel) maupun area publik.

Adapun cara menggunakan MyGraPari adalah sebagai berikut:

  • Pertama, kalian bisa siapkan e-KTP atau NIK, Kartu Keluarga (KK), dan 2 nomor ponsel yang dihubungi 1 bulan terakhir.
  • Setelah itu, Sobat bisa pilih menu “Pelanggan Telkomsel“.
  • Kemudian pilih menu “SIMCARD Hilang/Rusak“.
  • Kalau sudah, langsung saja masukkan nomor yang akan diganti.
  • Jangan lupa untuk masukkan nomor e-KTP dan KK untuk validasi data pelanggan.
  • Maka Sobat sebagai pelanggan akan mendapatkan kartu baru.

Nomor Telkomsel Tidak Dapat Dihubungi?

Nomor Telkomsel Tidak Dapat Dihubungi?

Jika Sobat menghubungi nomor Telkomsel teman, gebetan, atau keluarga namun tidak bisa dihubungi, bukan hanya karena ponsel mereka dimatikan, namun bisa jadi juga karena faktor lainnya.

Ada 4 alasan kenapa nomor Telkomsel tidak dapat dihubungi, diantaranya:

  1. “Nomor yang Anda hubungi sedang tidak aktif atau berada di luar jangkauan”, jika berbunyi ini, maka telepon tidak dapat dilakukan karena nomor yang dituju sedang tidak aktif atau berada di luar jangkauan.
  2. “Nomor yang Anda hubungi sedang sibuk” Jika berbunyi ini, maka telepon tidak dapat dilakukan karena nomor yang dituju sedang melakukan panggilan lain, atau mengaktifkan ‘call divert’ atau juga karena memblokir nomor Sobat.
  3. “Nomor yang Anda hubungi tidak dapat dapat dihubungi”, jika berbunyi ini, maka artinya nomor tidak terdaftar, kurang digit angka, atau nomor panggilan tetap dalam keadaan mati.
  4. “Anda sudah mencapai limit untuk melakukan telepon” nah jika muncul bunyi ini, maka Sobat pengguna pascabayar, pastikan limit Sobat masih mencukupi untuk melakukan telepon, dengan cek limit melalui UMB *111#. Apabila Sobat telah mencapai limit, silakan untuk hubungi cs@telkomsel.co.id atau call center telepon untuk mengajukan peningkatan limit pemakaian.

Baca Juga : Cara Menukarkan Poin Telkomsel Dengan Hadiah Yang Beragam!

Akhir Kata

Demikian pembahasan beberapa cara mengetahui nomor Telkomsel secara free maupun yang terkena tarif. Semoga artikel ini dapat membantu. Jangan lupa bagikan agar banyak orang yang lebih tahu! 🙂

FAQ Seputar Cara Mengetahui Nomor Telkomsel

Bagaimana Cara Cek Nomor Telkomsel?

Kalian bisa coba cara mengetahui nomor Telkomsel melalui kode UMB *808#, melalui CS telepon, lewat aplikasi, ataupun melalui nomor assisten virtual.

Apakah Menghubungi Call Center Telkomsel Bebas Pulsa?

Sayangnya tidak, kalian akan dikenakan tarif dasar yang berlaku sesuai ketetapan dan lamanya panggilan.

Bagaimana Jika Kartu Telkomsel Rusak atau Hilang?

Kalian dapat mengunjungi Grapari terdekat. Untuk mengetahui lokasi Grapari terdekat, kalian bisa cek lewat situs ini https://www.telkomsel.com/en/contact-us/my-grapari .

Cara Cek Nomor Telkomsel Masih Aktif Atau Tidak?

Kalian dapat melihat masa tenggang di aplikasi maupun kode UMB. Jika telah melawati masa tenggang sangat jauh, bisa dipastikan nomor Sobat telah non-aktif. Silakan hubungi nomor CS Telkomsel, atau mendatangi langsung Grapari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.