Lupa Password Email Yahoo? Begini Cara Mengatasinya Dengan Mudah!

Lupa Password Email Yahoo? Begini Cara Mengatasinya Dengan Mudah!

Lupa password email Yahoo memang hal yang membuat repot. Pasalnya sebagian besar email terhubung dengan urusan pekerjaan. Untuk Sobat yang saat ini terkendala tak bisa login karena lupa kata sandi, Sobat tidak perlu khawatir! Karena Sobat bisa login kembali dengan beberapa cara yang akan kami jelaskan pada artikel di bawah ini.

Mengatasi Lupa Kata Sandi Email Yahoo

Lupa Password Email Yahoo? Begini Cara Mengatasinya Dengan Mudah!

Email Yahoo memang sudah tidak sepopuler seperti beberapa tahun lalu. Kendati begitu, tidak sedikit pengguna Yahoo di Indonesia yang masih tetap aktif hingga sekarang ini.

Yahoo biasa dipergunakan untuk urusan pendidikan, pekerjaan, maupun bisnis. Dengan segudang fiturnya yang bermanfaat, maka tak heran beberapa orang ingin kembali lagi menggunakan layanan email Yahoo.

Namun beberapa orang mengalami kendala pada kata ingin login atau masuk kembali. Masalah terletak pada kata sandi atau password yang salah. Tentunya hal ini membuat cemas para penggunanya, dan bertanya-tanya apakah bisa masuk kembali ke Yahoo?

Nah, jawabannya bisa!

Melihat kendala tersebut, kami akan membagikan solusi mengatasi lupa password email Yahoo yang sekiranya bisa Sobat simak dan ikuti. Sobat penasaran bagaimana cara mengatasinya? Yuk ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

lupa kata sandi email Yahoo

  1. Masuk Ke Laman Login Yahoo

    Langkah awal silakan Sobat untuk masuk ke laman email Yahoo. Lebih mudahnya bisa melalui tautan berikut: Login Yahoo.

  2. Pilih Metode Untuk Masuk

    Langkah selanjutnya Sobat bisa pilih ingin menggunakan metode apa untuk masuk ke email Yahoo. Di sini akan ada pilihan – Alamat email/nomor ponsel sign-in, nomor telepon pemulihan, atau alamat email pemulihan.

  3. Masukkan Dua Digit Nomor Telepon

    Di sini Yahoo akan meminta dua digit dari nomor telepon yang terhubung ke akun Yahoo Sobat, untuk nantinya dapat dikirim nomor verifikasi. Silakan Sobat isi dua digit nomor yang sesuai.

  4. Isi Kode Verifikasi

    Setelah memasukkan nomor telepon, Sobat akan dikirimkan kode verifikasi ke nomor tujuan. Silakan Sobat cek SMS dan lihat kode verifikasi yang diberikan. Lalu isi kode verifikasi pada kolom yang diminta.

  5. Pilih Akun

    Nantinya sistem Yahoo akan menunjukkan akun email yang terhubung ke nomor telepon Sobat tersebut. Silakan tap akun yang Sobat kata sandinya ingin diubah.

  6. Ganti Password Yang Baru

    Setelah login berhasil, Sobat hanya perlu mengganti password yang lama menjadi password baru yang lebih Sobat mudah ingat.

Itulah beberapa cara mengatasi lupa password email Yahoo yang bisa Sobat lakukan. Sebagai informasi, cara ini dapat berhasil dilakukan hanya jika Sobat memiliki akses akun cadangan (nomor telepon dan email yang terhubung) untuk bisa mendapatkan kode verifikasi untuk akses login tanpa perlu password.

Mengganti Kata Sandi Baru Yahoo Lewat Aplikasi

Untuk kalian yang ingin mengubah password Yahoo yang lama kalian menjadi password baru, kalian bisa ubah melalui situs Yahoo ataupun melalui aplikasi mobile Android dan iOS.

Untuk Sobat yang ingin mengubah kata sandi baru melalui aplikasi Yahoo, berikut langkah-langkahnya:

  1. Silakan download Yahoo di Google Play Store untuk Android maupun Apps Store untuk iOS.
  2. Setelah masuk, klik Menu icon garis tiga Image of the side menu icon..
  3. Lalu lanjutkan dengan memilih opsi Manage Accounts.
  4. Pergi ke Account info, dan pilih opsi Security settings.
  5. Setelah itu Sobat bisa masukan security code.
  6. Pilih opsi Change password.
  7. Lalu tap di opsi I would rather change my password.
  8. Masukan kata sandi baru, dan konfirmasi dengan memilih Continue.

Bisakah Mengatasi Lupa Password Email Yahoo dan Nomor HP Sudah Tidak Aktif?

Lupa Password Email Yahoo? Begini Cara Mengatasinya Dengan Mudah!

Banyak juga pengguna Yahoo yang sudah lupa password, ditambah juga mereka tidak memiliki akses nomor telepon atau email cadangan yang terhubung.

Padahal nomor telepon atau email pemulihan yang terhubung ke Yahoo sangatlah penting untuk urusan verifikasi agar berhasil masuk.

Akan tetapi setelah kami telusuri ternyata tidak menutup kemungkinan kita untuk dapat mengembalikan akun yang lupa password email Yahoo dan nomor HP sudah tidak aktif.

Meski caranya agak memakan waktu dan usaha, namun cara ini sekiranya dapat Sobat coba jika ingin benar-benar mendapatkan kembali akses akun Yahoo.

Nah, solusi mengatasi lupa password email Yahoo dan nomor HP sudah tidak aktif adalah dengan menghubungi contact service dari Yahoo itu sendiri. Sebab verifikasi ini membutuhkan hal yang lebih spesifik seperti yang disampaikan oleh Yahoo.

Untuk dapat melihat kontak bantuanya, Sobat bisa kunjungi situsnya di Help Yahoo.

Tips Agar Password Yahoo Tidak Lupa Lagi

Lupa Password Email Yahoo? Begini Cara Mengatasinya Dengan Mudah!

Guna tidak mengulangi hal yang sama, kami akan membagikan beberapa tips supaya akun Yahoo Sobat menjadi lebih aman dan password tidak lupa lagi. Beberapa tips diantaranya, yakni:

Tautkan Ke Akun Pemulihan

Akun pemulihan bisa berguna letika Sobat lupa password Yahoo kembali, guna nantinya bisa mengetahui kode verifikasi. Pastikan Sobat menautkan akun pemulihan, seperti nomor telepon yang aktif, atau email lain yang aktif juga.

Gunakan Password Manager

Sekarang ini sudah tidak direkomendasikan lagi untuk menyimpan password di kertas maupun di aplikasi Note. Sebab sekarang tersedia platform password manager yang lebih bisa menyimpan password lebih aman, seperti Dashlane, Bitwarden, Keeper, dan lain sebagainya.

Aplikasi atau tools ini nantinya akan bisa kalian jadikan tempat untuk menyimpan informasi login dengan aman dan terenkripsi. Proses enkripsi ini juga memastikan bahwa pihak penyedia password manager tidak mengetahui password kalian.

Sebagian besar password manager juga menyediakan fitur password generator, di mana fitur ini berfungsi untuk membuat kata kunci yang kuat dan tak mudah ditebak.

Simpan Password di Browser

Jika memang perangkat laptop, PC, atau smartphone yang saat ini hanya Sobat yang bisa mengaksesnya, tidak ada salahnya untuk menggunakan fitur save password.

Fitur ini biasanya akan muncul jika Sobat login ke suatu akun, misal akun Yahoo ini. Nantinya akan ada pop up di browser yang bertanya apakah password ingin disimpan atau tidak. Nah, jika dirasa perlu, Sobat bisa klik save password.

Jika password sudah tersimpan, ketika Sobat ingin login kembali ke suatu akun maka Sobat tidak perlu lagi menuliskan email atau sandi karena sudah otomatis akan muncul karena fitur ini.

Tapi perlu diperhatikan juga jika Sobat menggunakan perangkat publik atau yang bisa diakses oleh orang lain. Sobat tidak perlu menyimpan informasi login karena pengguna lain dapat mengetahui password Sobat nantinya.

Buat Kata Sandi yang Mudah Diingat

Lupa password email Yahoo tidak jarang karena pengguna memiliki kata sandi yang rumit dan sulit dihapalkan. Nah, agar lebih mudah login kembali, Sobat bisa buat password baru dengan kata-kata atau kode yang mudah diingat.

Kalau perlu juga Sobat bisa kombinasikan kata sandi dengan angka dan simbol agar password semakin kuat.

Baca Juga: Cara Mengganti Password Gmail, Begini Cara Mudahnya!

Akhir Kata

Demikian ulasan tentang beberapa cara mengatasi lupa password email Yahoo yang dapat kami sampaikan. Jika Sobat memiliki cara lainnya yang lebih work, boleh sekali share caranya ke kita semua melalui kolom komentar di bawah. Cukup sekian, semoga bermanfaat! 🙂 .

Leave a Reply

Your email address will not be published.