Contoh Kacamata Untuk Wajah Bulat, Begini Rekomendasi dan Tips Memilihnya

Kacamata wajah bulat

Memilih kacamata memang harus dicocokkan dengan bentuk wajah. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya dengan mencocokkan frame kacamata maka wajah akan terlihat lebih menarik. Contoh kacamata untuk wajah bulat tentu ada banyak variannya.

Saat ini banyak sekali pilihan kacamata yang trendi, mulai dari bentuk frame persegi, bentuk D-frame, Wayfarer, dan lain sebagainya.

Bagi Sobat yang saat ini mencari referensi atau contoh kacamata untuk wajah Sobat terlihat bulat, Sobat tidak perlu bersusah-susah mencarinya lagi. Karena di sini kami akan membagikan tipe-tipe kacamata yang trendi namun tetap pada fungsionalitasnya.

Tips Memilih Kacamata Untuk Wajah Bulat dan Rekomendasinya

Contoh Kacamata Untuk Wajah Bulat

Tapi, sebelum memilih kacamata mana yang akan Sobat gunakan, alangkah baiknya simak dulu tips memilih kacamata untuk wajah bulat agar nantinya kacamata pas di wajah dan merasa lebih nyaman dalam memaikainya.

Tentu memilih kacamata juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan. Apa guna kacamata bagus dan terlihat cocok tapi tidak nyaman memakainya. Nah, untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya Sobat mengetahui tips memilih serta contoh kacamata untuk wajah bulat di bawah ini.

Pilih Frame yang Mempertegas Garis Wajah

Tips pertama yaitu pilih frame yang mempertegas garis wajah Sobat. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya wajah bulat cenderung memiliki tulang pipi dan dagu yang bulat juga. Frame yang mempertegas garis wajah akan sedikit merubah sudut pandang penglihatan.

Nantinya saat memakai kacamata model ini, wajah akan terlihat lebih tirus. 

Kira-kira, contoh kacamata mana saja sih yang mempertegas garis wajah? Berikut rekomendasi yang kami kutip dari beberapa sumber:

D-frame – Style Retro dan Cocok dengan Bentuk Wajah

Contoh Kacamata Untuk Wajah Bulat

Contoh kacamata untuk wajah bulat yang pertama yaitu ada kacamata tipe D-frame.

Kacamata D-frame ini merupakan frame yang berbentuk huruf D dalam posisi ke bawah. Model kacamata ini cocok untuk Sobat yang berwajah bulat karena akan mencocokkan bentu pipi yang lebar. Nah, D-frame juga memiliki sudut yang akan membuat wajah terlihat lebih tirus. 

Kacamata ini hampir serupa dengan bentuk wayfarer. Akan tetapi, kacamata ini memiliki gaya yang lebih retro dengan ukuran lebih besar ketimbang model wayfarer. Terlebih lagi, dengan kacamata ini, Anda akan terlihat lebih muda. 

Eye Cat Frame – Model Trendi Untuk Menutupi Sebagian Pipi

Contoh Kacamata Untuk Wajah Bulat

sumber: aliexpress.com

Bingkai kacamata cat eye atau mata kucing adalah pilihan populer di kalangan wanita dengan pipi penuh dan wajah bulat. Hal yang membuat bingkai cat eye cocok sebagai kacamata untuk wajah bulat gemuk adalah karena bingkai kacamata ini bersudut dan memiliki ujung yang terangkat yang melebar, memberikan efek “mengangkat” yang sangat pas untuk pemilik wajah bulat.

Menurut McCallum, kacamata bingkai cat eye juga mengesankan tubuh yang lebih tinggi dan kacamata tidak seperti menempel di pipi. Selain itu, bingkai cat eye juga memiliki kesan retro atau vintage yang indah.

Frame Persegi Panjang – Membuat Wajah Terlihat Lebih Panjang

Contoh Kacamata Untuk Wajah Bulat

Sudut pada wajah bulat biasanya tidak terlalu tegas. Untuk mempertegas sudut wajah bulat, menggunakan kacamata dengan bingkai persegi panjang adalah pilihan yang tepat. Kacamata dengan frame atau bingkau persegi panjang akan memberikan dimensi yang lebih tegas. Tentunya bagian rahang juga akan terlihat lebih jelas.

Frame Wayfarer – Tampak Modis Plus Mempertegas Garis Wajah

Contoh Kacamata Untuk Wajah Bulat

Sebenarnya Wayfarer adalah jenis kacamata yang diadopsi dari mode jadul. Karena modelnya yang unik, kacamata ini kerap direkomendasikan karena memiliki bingkai yang agak tebal, dan hampir mirip seperti D-frame.

Jika Sobat kurang cocok dengan D-frame karena terlalu lebar, maka Wayfarer Frame adalah alternatifnya. Kacamata ini berukuran lebih kecil, sehingga membentuk efek pipi yang tirus serta membuat garis pipi lebih panjang.

Metal Round Frame – Membuat Garis Mata Terlihat Lebih Tajam

Contoh Kacamata Untuk Wajah Bulat

Kalau Sobat ingin tampil ala-ala style Korea, maka Metal Round adalah contoh kacamata untuk wajah bulat yang direkomendasikan. Kacamata berbingkai Metal Round ini sebenarnya buka model terbaru, melainkan pernah populer pada jamannya, sekitar tahun 90-an. 

Kacamata ini biasanya memiliki bentuk yang lebih besar. Tapi memiliki bingkai yang kecil karena materialnya juga dari besi tipis. Dengan bentuk frame yang besar dan frame yang kecil, maka kacamata ini bisa menutupi sebagian pipi Sobat yang chubby sehingga terlihat lebih tirus.

Frame Geometri – Bentuk Unik dengan Fitur Lembut

Contoh Kacamata Untuk Wajah Bulat

sumber: pinterest

Jika Sobat cukup suka dengan hal-hal yang unik tapi trendi, maka contoh kacamata untuk wajah bulat bentuk geometri ini adalah pilihannya.

Kacamata bentu unik ini terbilang cocok untuk orang yang memiliki wajah bulat. Dengan bentuk kacamata yang unik, garis wajah yang bulat akan ter-cover dengan bentuk geometri yang memiliki sudut-sudut. Selain itu, bentuk geometri juga dapat menyeimbangkan fitur lembut pada wajah.

Kacamata dengan Frame Tebal Sebaiknya di Hindari

Contoh Kacamata Untuk Wajah Bulat

Tips selanjutnya dalam memilih contoh kacamata untuk wajah bulat adalah menghindari kacamata yang memiliki frame terlalu tebal.

Bukan tanpa alasa, jika Sobat memilih kacamata berbingkai gelap dengan frame terlalu tebal malah akan membuat kontur wajah terlihat makin lenar. Bingkai tebal memberi kesan wajah terkesan penuh dan pipi tidak akan terlihat chubby. Kendati frame tebal danmenutupi sebagian besar wajah, namun frame bukanlah model yang begitu cocok.

Dengan begitu, pilihan kacamata bingkai tipis seperti cat eye dan metal round.

Jika Sering Memakai Topi, Gunakan Frame Berwarna Netral

Contoh Kacamata Untuk Wajah Bulat

Seringkali orang yang memakai penutup kepala seperti topi ataupun hijab merasa tidak cocok dengan kacamata yang dikenakan. Memang, memadukan warna hijab atau topi dengan kacamata agak sulit jika warna kacamata terang.

Oleh karena itu, rekomendasi frame warna netral, seperti hitam, biru gelap, dan cokelat adalah contoh warna kacamata yang cocok untuk paduan warna hijab atau topi apapun. Hal yang tak kalah penting lainnya adalah memilih kacamata dengan gagang tipis.

Untuk Sobat yang sehari-hari mengenakan hijab, lebih direkomendasikan untuk memilih frame yang tipis. Frame yang tidak terlalu tebal akan membuat nyaman karena tidak akan merasa terhimpit oleh hijab.

Pilih Frame Anti Karat

Contoh Kacamata Untuk Wajah Bulat

Tips ini juga penting untuk Sobat perhatikan. Pasalnya kondisi setiap orang berbeda-beda, ada yang mudah sekali berkeringat, ada juga yang jarang.

Nah, jika Sobat tipe orang yang sering berkeringat entah disebabkan oleh aktivitas sehari-hari atau karena kondisi tubuh tertentu, maka memilih frame atau gagang antikarat adalah hal yang penting. Banyak model kacamata yang menawarkan gagang anti karat.

Biasanya harga kacamata anti karat harganya lebih mahal karena dilapisi dengan bahan tertentu. Tapi saat ini kebanyakan kacamata memang sudah menggunakan jenis anti karat, jadi tidak terlalu sulit menemukannya.

Pilih Lensa Anti Radiasi

Contoh Kacamata Untuk Wajah Bulat

Jika Sobat seorang sehari-harinya beraktivitas di depan layar komputer, pasti sering mengeluh mata terasa cepat lelah, bukan? Hal ini bisa disebabkan oleh radiasi.

Dalam sehari-hari, tanpa disadari kita terpapar oleh 2 jenis radiasi. Pertama adalah radiasi ultraviolet yang datang dari sinar matahari dan radiasi blue light (sinar biru) dari perangkat elektronik, seperti komputer dan ponsel.

Memilih kacamata lensa anti radiasi akan membantu menghindari efek negatif dari radiasi. Karena kacamata anti radiasi telah dilengkapi dengan lensa khusus yang dapat menghalau sinar radiasi dari sinar matahari dan layar gadget Sobat. Untuk harga lensa anti radiasi biasanya lebih mahal daripada lensa non-radiasi.

Tentukan Warna Lensa Sesuai Kebutuhan

Contoh Kacamata Untuk Wajah Bulat

Tidak semua orang memiliki selera kacamata warna bening. Beberapa orang justru lebih nyaman menggunakan lensa berwarna, karena faktor tertentu.

Sebagai informasi, kacamata terdiri dari dua jenis, yaitu kacamata yang diperuntukkan untuk melihat dan membaca (eyeglasses), dan kacamata untuk menghalau sinar matahari (sunglasses). Untuk jenis kedua, biasanya memiliki pilihan warna lensa yang beragam, seperti hitam, abu-abu, cokelat, coklat kemerahan, bahkan kuning. 

Kalau kacamata yang diperuntukkan sebagai alat bantu melihat dan membaca, umumnya memiliki lensa yang bening. Tapi, karena adanya teknologi kacamata radiasi, beberapa produsen menawarkan kacamata dengan lensa bening yang akan berubah menjadi gelap saat terkena sinar matahari. Kacamata ini memiliki tambahan lensa anti radiasi seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya.

Baca Juga: Tips Memilih Set Top Box TV Digital dan Fungsinya!

Akhir Kata

Demikian contoh kacamata untuk wajah bulat serta tips memilih kacamata yang cocok agar terlihat menarik saat dikenakan. Kira-kira, manakah yang bakal jadi pilihan Sobat? Apakah kacamata eye-cat frame, d-frame, atau wayfarer frame?.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Youtube Androidponsel