Test Psikologi Untuk Mengetahui Kemampuan dan Kepribadian

Test Psikologi mencocokan gambar

Test Psikologi adalah salah satu ujian yang diadakan oleh perusahaan atau institusi yang sedang membuka lowongan pekerjaan baru, hampir semua yang membuka lapangan pekerjaan pasti memiliki sesi test psikologi, karena ini akan mengetahui bagaimana kejiwaan dan mental dari seseorang.

Test Psikologi atau disebut Psikotes adalah cara untuk mengetahui prilaku dan menilai psikologis seseorang mulai dari kognitif dan emosionalnya.

Menurut sejarah yang tercatat di Wikipedia, Test Psikologi terbesar pertama kali berasal dari sistem ujian kenegaraan di Tiongkok. Dan sekarang ini sudah hampir institusi negara seperti PNS, TNI dan Porli juga menggunakan Psikotes dalam salah satu testnya.

Secara garis besarnya, Test Psikologi / Psikotes itu terdiri dari dua jenis, yaitu Test Kemampuan dan juga Test Keperibadian.

Test Psikologi Untuk Kemampuan

Test Psikologi menjawab soal

Pertama Test Psikologi / Psikotes untuk mengetahui kemampuan atau mengetahui IQ yang dimiliki oleh seseorang, test ini bertujuan mengetahui kemampuan dalam memecahkan masalah, proses kognisi dan yang berhubungan.

Test kemampuan juga punya macam jenis test, diantaranya :

  1. TIU (Test Intelegensi Umum)
    Merupakan test intelegensi sederhana dan merupakan battery test. Test ini untuk melihat kapasitas dan ketegori inteligensi, tidak memunculkan skornya.
  2. APM / CPM / SPM (Advanced / Children / Standard Progressive Matrices)
    Tes ini dipergunakan untuk melihat kategori IQ, tapi tidak menghasilkan skor IQ. Test ini biasanya menggunakan serangkaian soal-soal berbentuk seperti puzzle.
  3. IST (Intelligence Structure Scale)
    Test IST ini terdiri dari 9 subtest, dari tiap subtest memiliki batas waktu yang sudah ditentukan secara formal.
  4. Test Kemampuan Dasar (TKD)
    Pasti sobat pernah mendengar test ini ketika mengikuti seleksi CPNS ya, biasanya tes ini terdiri dari 10 buah subtest, yang akan mengukur kemampuan inteligensi yang dikembangkan oleh seorang pakar bernama Thurstone.
  5. CFIT (Culture Fair Intelligence Test)
    Test ini bersifat lintas kultural yang terdiri dari 4 substest yang akan menggambarkan kapasitas intelegensi seseorang, tapi tidak menghasilkan skor IQ.
  6. WAIS / WISC (Weschler Adult Intelligence Scale / Weschler Intelligence Scale for Children)
    Tes ini biasanya dipergunakan untuk mengukur IQ individu, terdiri dari 11 subtest, yang terbagi menjadi subtest verbal dan juga performance.

Test Psikologi Untuk Kepribadian

Selanjutnya test psikologi / psikotes untuk mengetahui kepribadian dari seseorang. Biasanya ini digunakan untuk mengungkap kepribadian yang ada di dalam diri seseorang, mulai dari alam bawah sadar, realitas, performa dalam bekerja dan tingkat stress dalam diri bahkan hingga mengetahui traumatis.

Test Psikologi kepribadian juga punya beberapa cara test kepribadian yang biasa digunakan.

  1. EPPS ( Edward’s Preference Personal Schedule). 
    Tes ini digunakan untuk mencermati kepribadian dari individu, test menggunakan 220 pertanyaan, individu diminta memilih A atau B sesuai apa yang dirasakan.
  2. Test Warteg
    Test ini biasa digunakan di seleksi dan rekrutmen di perusahaan, test menggunakan satu lembar kertas dengan gambar 8 buah kotak yang didalamnya terdapat beberapa macam tanda–tanda kecil. Peserta hanya melanjutkan pola tersebut menjadi sebuah bentuk atau gambar tertentu. Test ini akan mengetahui proses adaptasi individu dan juga kemampuan problem solving.
  3. SSCT / Sack’s Sentence Completion Test.
    Test ini merupakan test melengkapi kalimat, yang digunakan untuk mengungkapkan kasus masalah masa lalu, masa depan, rasa bersalah, masalah terhadap orangtua dan juga tentang relasi sosial.
  4. Test Rorschach.
    Test individual ini merupakan tes yang cukup lengkap. Tes ini mampu melihat pengalaman masa lalu, pengalaman traumatis, emosi, kecemasan, dll
  5. RMIB.
    Tes RMIB (Rothwell Miller Interest Blank) ini dikembangkan oleh Rothwell pada tahun 1947. Pada tahun 1950, tes ini kemudian diperbaharui oleh Miller. Tes Rothwell Miller Interest Blank adalah test minat bakat yang sudah terstandarisasi.
  6. Test Pauli dan Kraeplin.
    Tes ini merupakan jenis tes kepribadian yang mampu mengukur semangat kerja, kinerja, resistensi terhadap stres dan bakat-bakat lainnya
  7. DISC.
    Test ini mengukur 3 macam kondisi atau keadaan, yaitu true self, kepribadian yang ditunjukkan saat berada dalam masalah, dan kepribadian yang ditunjukkan kepada orang lain.
  8. Test Papikostik. 
    Dengan test ini peserta hanya perlu mengisi pernyataan-pernyataan yang ada sesuai dengan apa yang dirasakan individu yang bersangkutan.
  9. Dan masih banyak lainnya untuk melakukan test kepribadian sobat bisa mempelajarinya dengan cara googling.

Daftar Situs Test Psikologi / Psikotes

Test Psikologi untuk anak dengan test warna

Jika sobat penasaran dan ingin melakukan test psikologi baik itu untuk mengetahui kemampuan ataupun kepribadian, sobat bisa menggunakan layan website test psikologi yang bisa digunakan secara gratis.

Untuk itu kami akan jabarkan daftar situs test psikologi / psikotes gratis yang bisa sobat coba gunakan untuk mengetahui kemampuan dan kepribadian.

16personalities.com

Situs ini adalah salah satu yang bisa jadi rujukan untuk melakukan test psikologi, Waktu test yang ada di web tersebut membutuhkan waktu kurang lebih 12 menit.

Sobat akan disuguhkan dengan beberapa pertanyaan, dan Sobat harus menjawabnya dengan jujur. Untuk menjawabnya cukup menjawab “Setuju” sampai “Tidak Setuju”, walaupun ada jawaban “Netral” tapi sebisang mungkin jangan dijawab Netral ya agar hasilnya lebih terarah.

Situs test psikologi ini akan menggambarkan 16 julukan yang akan keluar dari hasil test yang sobat lakukan, julukan/nama diantaranya comander, protagonist, campaigner, logician, dan sebagainya.

Ingin mencobanya? Silahkan langsung ikutan test di halaman 16personalities.com/free-personality-test.

Psychcentral.com

Selanjutnya sobat bisa menggunakan website psychcentral.com, ini merupakan web blog khusus yang membahas tentang gaya hidup dan juga psikologi.

Di website psychcentral.com ada banyak test yang bisa sobat ikuti, salah satunya sobat bisa mengikuti test kepribadian yang ada di link https://psychcentral.com/quizzes/personality-quiz.

Di laman tersebut, sobat bisa mengetahui kepribadian yang sobat miliki yang merupakan kombinasi anatra prilaku, emosi, pola pikir dan motivasi.

Dalam test tersebut sobat hanya perlu menjawab beberapa pertanyaan yang ada di halaman sampai pertanyaan selesai dan sobat akan melihat hasil dari jawaban.

Jadi, apa kepribadian Sobat?

Testcolor.com

Sobat juga bisa menggunakan layanan website yang beralamat testcolor.com, ya sesuai namanya sobat akan mengetahui kepribadian berdasarkan warna yang sobat pilih.

Menggunakan testcolor.com ini cukup simpel, sobat akan dihadapkan dengan berbagai pilihan warna yang cukup banyak, coba bisa memulai memilih warna sesuai dengan keinginan sampai warna tersebut habis, dan akan disuguhkan lagi dengan warna lainnya yang sudah diacak.

Setelah proses test selesai, Sobat akan mengetahui kepribadian yang sobat miliki dengan hasilnya berbentuk diagram dengan warna-warna penuh arti.

Penasaran? Silahkan langsung kunjungi websitenya dan mulailah mengikuti test psikologi secara gratis di sana.

mbti.anthonykusuma.com

Jika Sobat ingin mengikuti test psikotes untuk mengetahui kepribadian dalam bahasa Indonesia, Sobat bisa menggunakan layanan dari mbti.anthonykusuma.com.

Situs ini merupakan salah satu test kepribadian online dalam bahasa Indonesia. Situs tes kepribadian MBTI Anthony Kusuma ini akan membantumu mengetahui kepribadian dan mengenal diri sendiri lebih dalam lagi.

Sobat akan diberikan 60 pertanyaan sederhana, silahkan sobat jawab sesuai dengan diri sobat masing-masing. Hasilnya sobat akan diberikan informasi lengkap seputar tipe kepribadian dan bahkan profesi yang cocok untuk sobat.

ihhp.com

Selanjutnya sobat bisa test kecerdasan emosional dalam kuis EQ gratis dari website ihhp.com.

“Penelitian dari Harvard Business School menunjukkan bahwa EQ diperhitungkan dua kali lipat dari IQ dan Keterampilan Teknis dalam menentukan siapa yang akan sukses!”.

Test kecerdasan emosional yang ada di laman tersebut menggabarkan situasi yang dialami dalam kehidupan, Jawablah dengan sejujur mungkin dalam setiap pertanyaan karena ini akan memberikan penilaian yang akurat.

Setelah Sobat mengikuti kuis, Sobat akan menerima hasil serta rekomendasi tentang bagaimana Sobat dapat mengelola emosi dan lain sebagainya.

Baca juga: Freelancer Adalah? Begini Penjelasan Lengkapnya!

Akhir Kata

Mungkin ada banyak situs web Test Psikologi / Psikotes yang tidak kami jabarkan di laman ini, jika Sobat mengetahuinya sobat bisa memberikan informasinya di laman komentar.

Jika Sobat sedang mengikuti seleksi pekerjaan, pastikan sobat fokus memberikan jawaban psikotes sesuai dengan apa yang sobat rasakan karena ini akan membuka dan mengetahui bagaimana kemampuan dan kepribadian yang sobat miliki.

Jika ada kesalahan dalam penulisan atau penyampaian artikel terkait “Test Psikologi” ini, Sobat bisa memberikan komentar atau memberikan informasi kesalahan di laman komentar yang kami sediakan.

FAQ

Apa itu Test Psikologi ?

Tes psikologi atau lebih sering disebut dengan psikotes, merupakan salah satu syarat wajib untuk melamar kerja. Walaupun lebih luas, test ini digunakan untuk mengetahui kemampuan dan kepribadian dari seseorang.

Test psikologi meliputi apa saja?

Ada banyak jenis Test psikologi, masing-masing juga punya cara melakukan test yang berbeda. Kami mengulasnya di dalam artikel untuk Sobat.

Apakah psikologi dan psikotes itu sama?

Tes psikologi dikenal pula dengan sebutan psikotes, atau psikometrik.

Apa tujuan test psikologi?

Test psikologi akan memberikan gambaran mengenai penyebab, karakteristik, gejala, maupun tanda-tanda yang mengarah pada suatu gangguan, masalah atau penyakit yang mempengaruhi proses.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.