Cara Hitung Volume Bola Menggunakan Rumus

hitung volume lingkaran

Sobat sedang mencari cara untuk hitung volume bola? Dalam matematika, semua bisa dihitung apalagi cuma untuk menghitung volume bola yang merupakan benta geometri tiga dimensi bulat.

Ada banyak benda yang memiliki geometri bulat sempurna seperti, globe, dan yang paling sering dijumpai adalah bola!

Nah untuk dapat menghitung volume bola dan juga globe, Sobat harus menggunakan rumus persamaan sederhana V = ⁴⁄₃πr³ tapi sebelumnya Sobat harus mencari jari-jarinya terlebih dahulu ya.

Cara Menghitung volume bola

  1. Tulis Persamaan Terlebih dahulu

    Persamaannya adalah V = ⁴⁄₃πr³ artinya “V” adalah volume dan “r” adalah jari-jari bola.persamaan volume bola

  2. Mencari Jari-jarinya

    Selanjutnya adalah mencari jari-jarinya, karena ini adalah bagian penting untuk dapat menemukan hasil volume dari bola tersebut.

    Jika Sobat hanya memiliki ukuran diameter, sobat bisa langsung membagi nilai diameter menjadi dua, dan hasilnya adalah nilai dari jari-jari tersebut.

    Tapi jika Sobat hanya memiliki luas permukaan bola, untuk mendapatkan nilai jari-jari sobat harus membaginya dengan 4π, dengan demikian caranya r = akar (luas permukaan/4π).

    Di contoh misal nilai jari jarinya adalah 1cm.jari jari lingkaran

  3. Beri Pangkat 3 Pada Jari-jarinya

    Selanjutnya jika sudah ketemu nilai jari-jarinya, Sobat pangkatkan 3 jari jari tersebut, sehingga dihitung 1 cm x 1 cm x 1cm yang mana hasilnya adalah 1, dan Sobat bisa memasukan ke rumus persamaan V = ⁴⁄₃πr³ dan menjadi V = ⁴⁄₃π x 1.

    Jika jari-jari yang Sobat miliki berukuran 5cm maka sobat harus pangkatkan jari-jari tersebut dengan hitungan 5 cm x 5 cm x 5 cm hasilnya = 125 cm.

  4. Kalikan Jari jari dengan 4/3

    Selanjutnya sobat kalikan nilai jari-jari dengan 4/3, jadi seperti ini V = ⁴⁄₃πr³. 4/3 x 1 = 4/3.
    Dan persamaannya menjadi V = ⁴⁄₃ x π x 1, atau V = ⁴⁄₃π.
    cara hitung volume lingkaran

  5. Hitung volume bola

    Tahap akhir, adalah menemukan angka volume dari bola yang sudah diketahui jari-jarinya. Sobat harus mendiamkan π, dan menuliskan jawaban akhir V = ⁴⁄₃π. Atau Sobat bisa mengalihkan π dengan 4/3.

    Nilai π mendapatkan angka 3,14159 x 4.3 = 4,1887 dan dibulatkan menjadi 4,19 dalam ukuran centimeter kubik atau cm3.hasil hitungan volume lingkaran

Bagaimana Sudah Ketemu Volume Bola?

Cara ini bisa digunakan untuk menghitung benda yang benar-benar memiliki bentuk bulat seperti bola, globe dan lain sebagainya.

Baca juga: Apa Itu Ukuran Foto 3r? Berapa Ukuran Aslinya Dalam MM, CM dan Inchi?

Sobat juga harus memasukan satuan kubik misal cm³, dan ketika melakukan penghitungan pastikan menggunakan satuan yang sama misal cm harus semua pakai cm jika tidak diubah terlebih dahulu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.