10 Rekomendasi TV 8K Terbaik

TV 8K Terbaik

Sobat kepikiran ingin membeli TV dengan resolusi 8K terbaik? ya karena sekarang Televisi sudah ada yang mencapai resolusi 8K, karena sebelumnya sangat terbatas hanya sampai 4K saja.

TV 8K adalah televisi dengan teknologi terkini yang tentu menggunakan layar yang mampu menghasilkan gambar dengan resolusi sampai dengan 8K, tentu saja hasilnya jauh lebih jernih dibandingkan teknologi sebelumnya yaitu 4K.

Keunggulan ini dikarnakan TV 8K hadir dengan resolusi lebih kecil yang tentu tidak dapat dilihat oleh kasat mata manusia, sehingga menghasilkan warna yang tajam dan detail dan apa yang ditampilkan oleh TV 8K tersebut akan terlihat realistis dan tentu sangat jernih.

Selain itu TV 8K juga disandingkan dengan teknologi terbaru lainnya, seperti epnggunaan lampu backlight yang ada di layar panelnya, teknologi ini akan mampu menghilangkan cahaya silau dari cahaya matahari pada siang hari sehingga TV ini bisa digunakan di ruangan terbuka yang langsung terpapar cahaya matahari langsung.

Cara Memilih TV 8K

Nah sebelum sobat membeli TV dengan resolusi tinggi, ada baiknya sobat membaca tips memilih TV 8K yang kami jabarkan di bawah ini, sehingga Sobat tidak salah dalam memilih produk mana yang ingin dimiliki dan tidak menyesal dikemudian hari.

Jenis Pencahayaan TV

Pertama Sobat wajib banget mengetahui jenis pencahayaan apa yang digunakan pada TV 8K yang ingin dibeli.

Pada Televisi ada empat teknologi pencahayaan yang digunakan, diantaranya LED, OLED, QLED dan Mini LED. Pasti sudah pernah dengar ya jenis-jenis teknologi ini.

Nah di sini Sobat akan tahu masing-masing dari pencahayaan tersebut sehingga bisa memutuskan mencari TV dengan teknologi pencahayaan apa yang sobat sukai.

  • LED atau kepanjangan dari Light-Emitting Diode, jenis ini menggunakan backlight sistem untuk pencahayaannya sehingga memiliki ketajaman dan aman untuk mata.
  • OLED atau kepanjangan dari Organic Light-Emitting Diode, menariknya OLED ini adalah pencahayaan dari senyawa organik yang menyala ketika dialiri listrik. Tapi OLED ini tiddak menggunakan backlight karena kemampuan pikselnya dapat menyala dan mati secara individual. Nah menggunakan layar OLED memiliki karakter dengan warna hitam lebih pekat sehingga menghasilkan warna kontras yang lebih pekat dan gambar akan terlihat realistis.
  • QLED memiliki kepanjangan dari Quantum-dot Light Emitting Diode yang menggunakan teknologi titik quantum yang menghasilkan cahaya yang nyaman dan juga menghadirkan warna lebih cerah dibandingkan dengan OLED.
  • Mini LED atau Light-Emitting Diode, nah pencahayaan ini banyak digunakan pada TV terbaru, karena teknologi ini menggunakan backlighting yang lebih baik dibandingkan dengan LED konvensional. Tentu penggunaan Mini LED akan menghasilkan pengalaman yang lebih baik.

Dari ke empat teknologi tersebut tentu Sobat semakin bingung untuk memilihnya ya? Tenang saja gak perlu bingung karena ke empat teknologi tersebut sudah dapat menampilkan gambar yang bagus, jadi sobat bisa bebas memilih teknologi apapun tapi memang dari penggunaan pencahayaan tersebut harganya pun akan memiliki perbedaan.

TV Jaman Sekarang Menggunakan Sistem Operasi

Karena TV 8K adalah teknologi terbaru, tentu saja TV ini sudah masuk dalam kategori smart TV, yang mana perangkat elektronik ini sudah berjalan dengan sistem operasi seperti Android, Tizen, WebOS dan lain sebagainya.

Setiap OS tentu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut adalah penjabaran dari masing-masing OS yang ada di TV 8K.

  • OS Android : Smart TV 8K yang menggunakan OS Android ini punya kelebihan tersendiri, yaitu mendapatkan dukungan dari Google Play Store yang sudah memiliki ekosistem aplikasi sangat besar. Jika Sobat menggunakan HP Android tentu akan sangat cocok menggunakan TV dengan OS Android karena dapat singkron secara langsung ke HP yang sobat miliki.
  • WebOS : Nah ini adalah sistem operasi TV yang dikeluarkan oleh LG. OS ini punya tampilan yang sangat sederhana dan lebih mudah digunakan, dan di dalamnya sudah ada aplikasi bawaan seperti Youtube, Netflix, Google Play Movie dan masih banyak lagi.
  • OS Tinzen : Sedangkan OS Tinzen adalah buatan dari Samsung yang juga dilengkapi dengan beragam aplikasi bawaan, dan OS ini punya kemudahan dan keunggulan tersendiri, seperti mdapat mengatur koneksi internet dan tempilan hanya menggunakan satu aplikasi.

Menyesuaikan dengan kebutuhan

Langkah selanjutnya sobat hatus menyesuaikan dengan kebutuhan sobat, Jangan terpaku dengan kecanggihan dan harga mahal dari sebuah produk TV 8K. Tapi sebaiknya perhatikan fitur yang disediakan TV tersebut dan sesuaikan dengan kebutuhan. nah berikut adalah beberapa fitur yang ada di Smart TV 8K.

  • Aplikasi Hiburan
    Jika Sobat membutuhkan TV 8K untuk kebutuhan hiburan, sobat harus mempertimbangkan aplikasi yang tersedia di TV tersebut, apakah dapat menggunakan jaringan internet, dan apakah sudah tersedida aplikasi hiburan video-on-demand seperti Netflix, Disney+, Youtube dan lainnya. Nah ini menjadi pertimbangan sobat untuk membeli TV tersebut.
  • Cek Kelengkapan Port untuk berbagai koneksi perangkat
    Jika sobat menggunakan TV 8K untuk berbagai kebutuhan termasuk pekerjaan atau melakukan presentasi dikantor, port adalah bagian penting yang harus diperhatikan. Jadi cek dulu apakah tersedia port HDMI, USB dan juga LAN di TV tersebut.
  • Pilih Ukuran yang Cocok untuk Ruangan
    Selanjutnya sobat harus pertimbangkan ukurannya dengan tempat yang ingin diletakan TV tersebut. jangan sampai perangkat kebesaran dan akhirnya tidak dapat diletakan ditempat yang sudah ditentukan.
    TV 8K memiliki berbagai ukuran, diantaranya mulai dari 55 inci, 60 inci, 65 inci, 75 inci, dan lain-lain. jadi pastikan kembali ukuran mana yang pas untuk ruangan sobat ya.
  • Daya Listrik
    Nah ini semakin besar ukuran TV tentu akan semakin besar juga daya listrik yang diperlukan, jadi sobat harus memperhatikan hal ini juga ya.

10 Rekomendasi TV 8K Terbaik

Nah untuk mempermudah sobat menentukan pilihan TV 8K mana yang ingin dibeli, kami akan merekomendasikan TV 8K terbaik yang bisa sobat lirik untuk dibeli. Daftar ini didapatkan dari hasil review pembeli yang ada di situs belanja online Shopee.

Samsung QN800A Neo QLED 8K Smart TV (2021)

Samsung QN800A Neo QLED 8K

Samsung memiliki TV 8K yang bisa sobat pertimbangkan, ini adalah QN800A Neo QLED 8K Smart TV yang diluncurkan pada tahun lalu.

Kelebihan dari Samsung QN800A Neo QLED 8K Smart TV adalah sudah menggunakan speaker dengan fitur Q-Symphony, sehingga hasil suaranya akan sangat immersive dan akan fantastis ketika digunakan menonton film dengan suara yang wah. Selain itu ada banyak fitur yang tersedia di dalamnya termasuk juga Object Tracking Sound+ (OTS+) yang membuat perangkat menghasilkan suara yang realistis.

Samsung TV 8K berukuran 75 inci ini hadir dengan jenis pencahayaan QLED dan menggunakan sistem operasi Tizen serta sudah dilengkapi dengan aplikasi hiburan seperti Netflix, Youtube dan lainnya, serta memiliki daya listrik sebesar 370 Watt.

Harga Samsung QN800A Neo QLED 8K Smart TV berikisar di Rp 74 jutaan.

Sony Z8H Full Array LED 8K High Dynamic Range (HDR) Smart TV

Sony Z8H Full Array LED 8K

Selanjutnya produk TV 8K terbaik dari Sony Z8H Full Array LED 8K High Dynamic Range yang bahkan mendapatkan tiga penghargaan sebagai produk dengan kualitas gambar terbaik dari Teach Radar.

TV 8K sony ini hadir dengan teknologi X-Protection Pro yang berfungsi sebagai pelindung TV dari sambaran petir, lembab dan tegangan tinggi, yang tentu saja fitur ini sangatlah penting.

Sony Z8H Full Array LED 8K hadir dengan jenis pencahayaan LED dan berjalan dengan OS Android yang sudah tersedia beragam aplikasi hiburan termasuk YouTube, Netflix, Apple TV, Prime Video, dan lainnya.

Untuk port yang tersedia terdapat HDMI, USB, LAN dan TV ini berukuran 85 inci, namun sayangnya tidak ada keterangan berapa daya listrik yang diperlukan untuk perangkat ini.

Harga Sony Z8H Full Array LED 8K berkisar di Rp 150jutaan.

Samsung QN900A Neo QLED 8K Smart TV

Samsung QN900A Neo QLED 8K Smart TV

Masih ada pilihan lain dari Samsung nih, yaitu QN900A Neo QLED 8K yang juga menggunakan OS Tinzen. TV 8K ini hadir dengan teknologi bernama Quantum HDR 64x yang memberikan kecerahan yang sangat baik.

Selain itu Smart TV ini hadir dengan fitur Ultra Viewing Angle yang akan memberikan hasil detail gambar yang konsisten walaupun langsung terkena terik cahaya matahari dan di tonton dari berbagai angle berbeda.

TV ini hadir dengan jenis pencahayaan QLED dan hadir dengan deretan apliksai hiburan diantaranya Youtube, Netflix dan lainnya. Sedangkan portnya hadir dengan HDMI, USB, LAN dan TV ini memiliki ukuran 85 inci dengan daya listrik sebesar 520 Watt.

Sharp 8T-C70DW1X Android 8K Resolution TV

Sharp 8T-C70DW1X

TV 8K dari Sharp ini punya teknologi 7 shields protection yang katanya membuat perangakt jadi tahan banting sehingga awet digunakan. Nah selain itu pembuatan TV ini sudah melalui uji standar Jepang yang tinggi.

Dengan teknologi tersebut, TV akan terlindung dari getaran, jatuh, sambaran petir, tegangan tinggi, suhu dan temperatur tinggi, sehingga akan lebih aman jika dipindahkan dan karena tidak takut dengan benturan yang terjadi.

Sharp Android 8K Resolution TV hadir dengan jenis pencahayaan LED dan berjalan dengan OS Android, di dalamnya sudah dilengkapi dengan beragam aplikasi hiburan termasuk Netflix, Youtube dan lainnya.

Untuk portnya terdapat HDMI, USB, LAN dan TV ini berukuran 70 inci dengan daya listrik sebesar 500 Watt. Harganya berkisar di Rp 45 jutaan.

LG 75QNED96TPA QNED 8K Mini LED

LG 75QNED96TPA QNED 8K Mini LED

Selain itu, ada juga LG 75QNED96TPA yang juga menggunakan Mini LED. Untuk seri ini hadir dengan ukuran 75 inci lebih besar dengan fitur dan teknologi yang masih sama.

Tapi di TV ini sudah diberikan fitur tambahan seperti Game Optimizer, Xbox Partnership, ALLM, dan eARC. Sehingga dapat menambahkan pengalaman saat bermain game, jadi ini sangat cocok untuk Sobat yang membutuhkan layar dalam permainan game.

LG 75QNED96TPA hadir dengan sistem pencahayaan Mini LED dan berjalan dengan WebOS, di dalamnya juga sudah tersedia aplikasi hiburan yang sama dengan port yang juga cukup lengkap.

Harganya berkisar di Rp 75 jutaan.

Sharp C60DW1X Android 8K Resolution TV

Sharp C60DW1X

Sharp masih punya TV 8K lain yaitu di seri C60DW1X, perangkat ini dibekali dengan teknologi canggih bernama OPSODIS yang mampu menghadirkan audio yang mirip dengan bioskop yang menggelegar.

Selain itu TV ini juga sudah dilengkapi dengan fitur 7 Shields yang sama seperti tv sebelumnya sehingga tahan terhadap benturan dan cuaca.

Menariknya, TV ini mampu menghasilkan audio yang akurat di 360 derajat, ini kenapa disebut mirip dengan bioskop. Tentu saja TV ini sangat cocok untuk hiburan di rumah bersama keluarga.

Sharp C60DW1X hadir dengan jenis pencahayaan LED dan berjalan dengan OS Android, di dalamnya juga sudah dibekali dengan beragam aplikasi hiburan seperti Youtube, Netflix dan lainnya.

Port yang tersedia juga lengkap yaitu HDMI, USB dan LAN, sedangkan ukuran TVnya sebesar 65 inci dan membutuhkan daya listrik 450 Watt.

LG 75NANO99TNA NanoCell Real 8K dengan Dolby Vision IQ & Dolby Atmos – AI ThinQ

LG 75NANO99TNA

Selanjutnya TV 8K terbaik LG 75NANO99TNA yang hadir dengan dukungan fitur kekinian AI ThinQ yang membuat TV ini bisa dioprasikan tanpa menggunakan remot, tapi hanya cukup mengatakannya nantinya TV akan beroprasi sesuai dengan apa yang dikatakan.

Misal, Sobat bisa memberikan instruksi pada TV untuk menampilkan informasi cuaca hari ini, memutar video dan lain sebagainya hanya dengan suara. Keren ya?

LG 75NANO99TNA ini hadir dengan jenis pencahayaan LED dan berjalan dengan OS WebOS. Di dalamnya juga sudah tersedia beragam aplikasi hiburan untuk menonton, dan perangkat dilengkapi dengan port yang cukup lengkap termasuk HDMI, USB dan LAN.

TV LG 75NANO99TNA hadir dengan ukuran 75 inci dengan harga berkisar di Rp 45 jutaan.

Sony XR-85Z9J BRAVIA XR MASTER Series Z9J

Sony XR-85Z9J BRAVIA XR MASTER Series Z9J

Sony XR-85Z9J hadir dengan jenis pencahayaan LED dan berjalan dengan OS Android. Kerennya TV ini hadir dengan dukungan teknologi bernama Cognitive Processor XR yang punya cara kerja seperti otak manusia, atau disebut teknologi AI.

Fungsi teknologi tersebut adalah menganalisa elemen seperti warna, kontras dan detail sehingga menampilkan gambar yang sangat berkualitas.

Tentusaja untuk memiliki TV Sony XR-85Z9J Sobat harus merogoh kocek sebesar Rp 150 jutaan, tentu harga yang cukup fantastis dengan teknologi yang bisa dibilang canggih.

TV 8K ini hadir dengan ukuran layar 85 inci dan di dalamnya sudah tersedia beragam aplikasi hiburan dan juga aolikasi lainya. perangkat ini dilengkapi dengan port yang lengkap seperti USB, HDMI dan LAN.

Dan daya listrik yang diperlukan untuk mengoprasikan TV ini adalah sebesar 647 Watt.

FAQ

Apa perbedaan TV 4K dan 8K ?

Pada dasarnya perbedan antara 4K dan 8K ada pada tingkat ukuran resolusinya, kalau 4K ada di angka 3.840 x 2.160 dengan total sekitar 8,3 juta piksel, sedangkan 8K punya ukuran lebih tinggi, yaitu 7.680 x 4.320 piksel dari total 33,18 juta piksel.

OS TV Apa yang Paling Bagus?

Tidak ada yang paling bagus, karena semua ada kelebihan dan kekurangannya, tapi jika Sobat menginginkan beragam aplikasi yang mudah di unduh dan instal, pilih Smart TV yang berjalan dengan OS Android.

Rekomendasi Lainnya

Nah selain rekomendasi TV 8K terbaik yang sudah kami jabarkan di atas, sebelumnya kami juga sudah merekomendasikan beberapa produk terkait dengan Televisi, diantaranya :

Sudah Menentukan Pilihan?

Bagaimana rekomendasi TV 8K terbaik yang sudah kami jabarkan di atas? Tentunya Sobat harus mempertimbangkannya sesuai dengan kebutuhan, dan kesemua TV yang kami jabarkan diatas punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing tapi kesemuanya sudah mendukung teknologi 8K.

Yang perlu sangat diperhatikan adalah ukuran TV yang ingin sobat miliki, jadi sobat wajib banget pertimbangkan ukurannya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.