Telkom Indonesia Jalin Kerjasama dengan Google Cloud

Telkom dan google cloud
Direktur Digital Bisnis Telkom M. Fajrin Rasyid (kanan) dan Country Director Google Cloud Indonesia Megawaty Khie (kiri) pada acara Strategic Partnership Announcement antara Telkom dan Google di Nusa Dua, Bali (14/11).

Telkom Indonesia dan Google Cloud berkolaborasi strategis multi tahunan untuk mewujudkan visi Telkom menjadi perusahaan telekomunikasi digital terkemuka yang memajukan masyarakat.

Kerjasama ini menggabungkan kopetensi utama dari Google Cloud dengan memanfaatkan ekosistem yang ada di Android, Google Ads dan Grow with Google untuk mendukung Indonesia Digital 2024 dan mendukung perusahaan meraih peluang pertumbuhan inklusif dalam ekonomi digital yang bernilai US$130 miliar pada tahun 2025.

“Di Telkom, kami memiliki tanggung jawab untuk membangun infrastruktur dan platform digital cerdas yang dapat diakses oleh semua masyarakat sehingga berkontribusi pada pembangunan bangsa – sekaligus memfasilitasi digitalisasi di seluruh industri,” kata Muhamad Fajrin Rasyid, Direktur Bisnis Digital, Telkom Indonesia.

Baca juga: Kolaborasi Telkom Indonesia dan Indosat Ooredoo Hutchison Dukung Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia.

Sebagai informasi, Telkom bekerja sama dengan mitra-mitra strategis guna mendukung terwujudnya amanat nasional, dan Google dipilih atas dasar pengalaman membangun platform dan ekosistem terpercaya di seluruh dunia.

Sehingga Kemitraan ini memanfaatkan keunggulan utama kedua perusahaan yang diharapkan mampu memperkuat kemampuan untuk menciptakan ekosistem digital terkemuka dengan talenta dan solusi yang tepat untuk memberikan manfaat kepada masyarakat, dan menjadikan Indonesia sebagai salah satu ekonomi paling kompetitif di dunia.

“Sangat penting bahwa kami berinvestasi dalam membangun kemampuan digital guna memperkuat tujuan bersama untuk pulih lebih kuat dari dampak pandemi global, dan menciptakan fondasi pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan,” kata Megawaty Khie, Country Director, Indonesia, Google Cloud.

“Bersama dengan Telkom, kami bertujuan untuk membina talenta yang terampil dalam memanfaatkan teknologi cloud dan konektivitas untuk menciptakan solusi terbaik di kelasnya. Ini akan mendukung transformasi digital di setiap industri, baik itu untuk memberikan layanan publik yang berpusat pada masyarakat dan sistem kesehatan yang adil, atau mendorong inklusi keuangan dan efisiensi produksi manufaktur”, lanjut Megawaty Khie.

Kolaborasi Telkom Indonesia dan Google Cloud tersebut mencakup empat strategi penting, yaitu mempercepat transformasi digital di seluruh Industri, Menjebatani ksenjangan talenta digital nasional, Memberdayakan startup Indonesia untuk berkembang dan berskala global dan Menghadirkan infrastruktur cerdas dan layanan digital berkualitas tinggi.

Dalam hal mempercepat transformasi digital di seluruh Industri, Telkom Indonesia melalui anak usaha TelkomSigma bekerjasama dengan Google Cloud untuk mempercepat digitalisasi di sektor yang menjadi proritas utama sesuai dengan Peta Jalan Indonesia Digital 2024.

Telkomsigma akan melaksanakan modernisasi infrastruktur yang dikembangkan bersama, modernisasi aplikasi, analisis data, serta solusi produktivitas dan kolaborasi guna membantu mengatasi tantangan spesifik yang dihadapi perusahaan dan komunitas.

Sementara untuk ksenjangan talenta digital, Telkom dan Google Cloud akan mendirikan Cloud Center of Excellence (CCoE) yang akan terdiri dari cloud architecture, edge computing, manajemen data, dan modernisasi aplikasi.

CCoE nantinya mampu memfasilitasi program peningkatan keterampilan dan sertifikasi internal menggunakan kurikulum yang digunakan Google untuk melatih tenaga ahlinya di seluruh dunia.

Staregi selanjutnya untuk membedayakan startup Indonesia agar beskala global, melalui modal ventura Telkom yang bekerja sama dengan Google for Startups Cloud Program untuk membantu menghubungkan startup dengan dukungan teknis, bisnis, dan keuangan yang lebih besar.

Melalui Program Cloud Google for Startups, startup yang memenuhi syarat dapat menerima hingga US$200.000 Google Cloud dan Firebase hingga dua tahun. Startup dalam program ini juga dapat menerima akses ke teknisi dan ahli Google Cloud di seluruh Google, serta diundang ke berbagai lokakarya dan acara.

Dan Terakhir adalah mampu menghadirkan infrastruktur cerdas dan layanan digital berkualitas, CCoE akan mengintegrasikan infrastruktur Google Cloud yang berkelas dan konektivitas Telkom yang luas untuk meningkatkan layanan digital berkualitas kepada konsumen lokal di area metro dan non-metro, serta segmen pasar enterprise.

Selain itu Google Cloud berencana menjajaki peluang menggunakan infrastruktur Telkom dan Telkom juga dapat mengeksplorasi berbagai inisiatif inovasi dengan tim Android Google, untuk mengembangkan kerja sama dalam rangka memperkaya pengalaman pelanggan.

Telkom dan google cloud
Feedback: Jika ada informasi yang keliru silahkan sampaikan melalui halaman Kontak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Instal AndroidPonsel.com di perangkat

Install
×