Berita  

AltStore, Solusi Termudah untuk Sideload Aplikasi di iPhone

AltStore

Jailbreak merupakan solusi yang ditempuh pengguna iPhone yang ingin mendapatkan kebebasan dalam mengelola perangkatnya, khususnya ketika ingin menginstal aplikasi tertentu. Tapi sebenarnya, ada solusi mudah untuk melakukan sideload aplikasi ke iPhone, yaitu melalui AltStore.

AltStore merupakan toko aplikasi alternatif untuk perangkat iOS yang dibuat oleh Riley Testut. Ini adalah cara termudah dan teraman untuk melakukan sideload aplikasi di iPad atau iPhone Anda.

Sebab, cara kerjanya tidak melanggar kebijakan Apple, tetapi hanya memanfaatkan fitur yang diperkenalkan oleh Apple, yang memungkinkan pengguna untuk menginstal hingga tiga aplikasi secara gratis menggunakan ID Apple pengguna.

Jika tertarik dengan hal ini, di bawah ini akan disebutkan semua yang perlu diketahui tentang cara kerja AltStore dan cara menginstalnya.

Bagaimana Cara AltStore Bekerja?

AltStore
website altstore.io

AltStore memerlukan ID Apple dan kata sandi. Tapi jika ragu-ragu, gunakan saja akun sekali pakai. Hanya saja, pengembang meyakinkan bahwa data-data tersebut tidak akan pernah dikirim ke server pihak ketiga mana pun, tetapi langsung dikirim ke Apple untuk otentikasi dan kemudian disimpan dengan aman.

Oleh karena itu, tidak perlu khawatir ada orang lain yang akan mengambilnya. Tapi jika ingin berjaga-jaga, gunakan saja akun sekali pakai, bukan ID Apple utama pengguna.

Setelah itu, AltStore akan menandatangani aplikasi dengan ID Apple pengguna, sehingga aplikasi dapat berjalan. Pengguna harus memercayai sertifikat pengembang di pengaturan perangkat Anda, tetapi bila sobat melakukannya, aplikasi apa pun yang diinstal melalui AltStore bisa berfungsi setidaknya selama tujuh hari.

Apple telah menerapkan beberapa batasan yang akan menjadikan prosesnya sulit, tetapi pengembang berhasil mengatasi batasan tersebut. Ketika waktu tujuh hari akan berakhir, AltStore akan memperbarui kunci penandatanganan pada aplikasi. Sehingga, pengguna bisa mendapatkan tambahan penggunaan selama tujuh hari.

Namun, kinerja AltStore sangat bergantung pada komputer di jaringan yang sama yang menjalankan AltServer. Oleh karena itu, pengguna perlu menginstal iTunes dan iCloud di perangkat tersebut. AltServer adalah aplikasi pendamping yang menunggu koneksi AltStore. Selain itu, aplikasi hanya dapat diinstal dan disegarkan melalui AltServer.

Baca juga: 4 Cara Reset iPhone Balik ke Pengaturan Pabrik

Alasan mengapa AltServer diperlukan tidak lain karena batasan yang ditempatkan pada akun pengembang Apple gratis. Aplikasi tidak dapat didistribusikan dengan ID Apple gratis secara online. Ini berarti aplikasi tidak dapat diinstal secara lokal, tetapi dapat diinstal menggunakan sinkronisasi Wi-Fi iTunes.

AltServer juga diperlukan untuk menginstal AltStore pada awalnya, tetapi setelah diinstal, AltStore dapat mengirimkan perintah ke AltServer untuk penginstalan aplikasi. Namun, pengguna mesti memastikan berada di jaringan yang sama.

Cara Menginstal AltStore

Jika ingin menginstal aplikasi ini, pengguna bantuan sistem operasi Windows atau Mac untuk menginstal AltStore di perangkat iOS yang digunakan pengguna. Selain itu, pengguna juga harus menginstal iTunes dan iCloud yang diunduh langsung dari Apple, tidak bisa dari Windows Store.

Sekarang pengguna sudah bisa memulai  proses penginstalan AltStore. Begini detail tata caranya :

  • Pertama, unduh AltServer melalui situs web AltStore terlebih dahulu.
  • Setelah itu, hubungkan iPhone pengguna ke komputer yang sudah dipersiapkan.
  • Katakan bahwa pengguna memercayai komputer tempat menyambungkannya.
  • Luncurkan AltServer dan biarkan berjalan di latar belakang.

Selanjutnya, tinggal mengarahkannya ke instalasi iCloud pengguna. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan :

  • Pertama, buka iTunes.
  • Selanjutnya, aktifkan Sinkronisasi dengan iPhone ini melalui Wi-Fi di pengaturan iPhone pengguna.
  • Silahkan cabut iPhone.
  • Klik ikon AltServer di area notifikasi.
  • Klik Instal AltStore
  • Pilih ponsel yang digunakan.

Nantinya pengguna akan diminta untuk memasukkan ID Apple dan kata sandi pengguna. Dalam hal ini, yang digunakan adalah akun sekali pakai seperti yang disebutkan sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *