Cara Dan Tujuan Dari Custom ROM Android Yang Harus Anda Ketahui!

custom rom

Custom ROM Android merupakan sistem operasi android yang telah diubah serta tidak berhubungan dengan vendor tertentu, sehingga menjadikannya berdiri sendiri.

Custom ROM juga telah memiliki service, kernel, drive, aplikasi bahkan sistem file pendukung miliknya sendiri. Melakukan custom bisa dikatakan mudah namun memerlukan kehati-hatian yang ekstra, meskipun begitu Anda dapat melakukannya sendiri selama mengetahui caranya.

Cara Custom ROM Android

Ada beberapa cara yang harus Anda lakukan untuk custom ROM android sendiri. Berikut ini adalah cara yang harus Anda lakukan:

1. Lakukan Root

Pertama Anda harus melakukan root terlebih dahulu untuk custom ROM. Root sendiri merupakan aplikasi yang digunakan untuk membobol sistem Android agar dapat menghapus sistem operasi bawaan untuk kemudian diganti dengan sistem operasi yang Anda inginkan. Anda bisa mendapatkan aplikasi untuk root dengan mengunduhnya di Play Store.

2. Download Aplikasi TWRP

Jika sudah melakukan root, Anda harus meng-install Team Win Recovery Project atau TWRP. Setelah di unduh Anda harus memindahkan TWRP ke folder bagian luar dari penyimpanan telepon, sehingga gampang digunakan ketika install TWRP.

3. Install Aplikasi TWRP

Masuk ke mode recovery dengan cara mematikan Android kemudian menyalakannya lagi sambil menekan tombol volume bagian bawah. Jika sudah berhasil masuk mode recovery Anda harus wipe data alias hapus data. Setelah itu Anda harus install file TWRP tersebut.

4. Install ROM Yang Diinginkan

Setelah TWRP terinstall selanjutnya Anda harus menginstal ROM yang diinginkan. Pastikan untuk mengunduh ROM yang sesuai dengan merk Android yang Anda miliki.

Saat mengunduh ROM jangan lupa untuk mengeluarkan file ROM ke folder penyimpanan internal yang terluar. Kemudian masuk ke mode recovery dan install file ROM yang Anda inginkan tersebut. Jika proses install telah selesai maka android Anda akan memiliki tampilan yang baru.

Nah sebelum melakukannya, sobat juga bisa membaca artikel kami sebelumnya yaitu 6 Persiapan Sebelum Menginstall Custom ROM sehingga sobat tidak salah dalam mengambil keputusan.

Tujuan Custom ROM Android

custom rom

Melakukan custom ROM Android tentunya memiliki sebuah tujuan. Berikut ini adalah beberapa tujuan costum android:

Mengatasi Masalah Memori Penuh

Salah satu tujuan banyak orang melakukan custom ROM adalah mengatasi memori ponsel android yang penuh. Hal ini sebab dengan melakukan custom memungkinkan Anda untuk menghapus aplikasi bawaan ponsel yang tidak pernah Anda pakai, serta bisa menghapus file sampah yang tersembunyi di ponsel android.

Meningkatkan Performa Dari Ponsel Android

Sering kali ponsel android mengalami macet atau lemot ketika digunakan, sehingga untuk mengatasinya sang pemilik memutuskan custom ROM. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan performa dari android, sehingga android akan lebih baik dan lebih lancar saat digunakan.

Menghapus Aplikasi Bawaan Android yang Sering Tidak Bisa Dihapus

Beberapa aplikasi yang terdapat pada ponsel android seringkali tidak dapat dihapus. Hal ini semakin menyebalkan apabila aplikasi tersebut tidak pernah Anda gunakan. Maka untuk mengatasi masalah tersebut Anda bisa custom ROM untuk menghapus aplikasi bawaan tersebut.

Memperoleh Update Android Yang Cepat

Menunggu update android versi terbaru seringkali memerlukan waktu yang cukup lama. Namun ketika Anda custom ROM, maka Anda dapat memperoleh update android versi terbaru yang lebih cepat dibandingkan ketika menggunakan ROM bawaan ponsel android Anda.

Jadi begitulah informasi singkat mengenai cara dan tujuan dari custom ROM. Semoga informasi singkat mengenai cara dan tujuan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda.



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Informasi Lebih cepat!

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks