Urutan Versi Android dari Awal hingga Terbaru

versi Android

Dalam artikel ini akan membahas secara lengkap tentang sejarah dan urutan versi Android dari awal hingga saat artikel ini sobat baca.

Pengguna smartphone Android apakah sudah tahu dan mengenal lebih jauh tentang Android? Tentunya pasti belum ya? Jika demikian kami akan mengulasnya secara lengkap untuk sobat.

Android pada saat ini menjelma menjadi salah satu sistem operasi perangkat elektronik terpopuler di dunia, bahkan hampir semua brand smartphone menggunakan Android sebagai sistem operasinya.

Menurut data, tahun 2019 saja sudah mencapai 1,9 miliar perangkat yang menggunakan Android, bagaimana di tahun 2022 sudah pasti angka pengguna meningat lebih tinggi.

Bahkan Android tidak hanya digunakan pada smartphone saja, tapi juga sudah merambah ke smartwatch, Smart TV, dan berbagai perangkat elektronik lainnya.

Apa itu Android dan Bagaimana Sejarahnya?

Sebelum mengenal apa itu Android dan sejarahnya, sobat harus tahu sebenarnya apa sih fungsi dari sistem operasi.

Sistem operasi memiliki fungsi untuk menghubungkan antara perangkat keras(hardware) dengan perangkat lunak(software/aplikasi).

Ada banyak sistem operasi populer di dunia ini, salah satunya adalah Windows, iOS, Linux dan lain sebgainya.

Nah sedangkan Android adalah salah satu sistem operasi yang dikhususkan untuk perangkat layar sentuh dan ini merupakan perangkat lunak gratis yang berdiri dibawah lisensi open source APACHE 2.0  dan didasarkan dari modifikasi karnel Linux.

SAlah satu pendiri Android adalah Andy Rubin, ia megatakan bahwa Android pada mulanya diciptakan untuk kamera digital, tapi akhirnya berubah pikiran menjadikan os ponsel.

Pendiri Android ada beberapa orang, yaitu Andy Rubin, Rich Miner, Chris White dan Nick Sears, yang kemudian mereka mendirikan Android, Inc pada tahun 2003, yang kemudian support financial oleh Google di tahun 2005.

Akhirnya Android pertama 1.0 dirilis pada November 2007, dan kemudian pada tahun 2008 ponsel Android pertama diluncurkan, ponsel tersebut adalah HTC Dream.

Setiap tahun Android mengeluarkan upgrade versi terbarunya, yang mana pada tahun 2007 Android 1.0 dirilis, kini Android versi terbaru terus diluncurkan dengan berbagai fitur baru yang lebih canggih.

Berikut ini adlaah daftar versi Android dari versi lama hingga terbaru saat ini.

Android 1.0 Alpha

Versi pertama Android adalah Android 1.0 yang dinamai Alpha, pada versi pertama ini sudah dibekali dengan web browser dan juga streaming youtube, selain itu ada beberapa aplikasi lain seperti Pemutar media, Google Maps dan lainnya.

Versi Alpha ini pertama kali digunakan pada smartphone HTC Dream, yang mana pada versi awal sudah dibekali dengan Android market sebagai tempat download dan update aplikasi. Selain itu fitur lain di versi pertama ini ponsel sudah dapat terhubung ke WiFi dan juga bluetooth.

Android 1.1 Beta

Sedangkan pada versi ini adalah versi beta yang tidak disebarkan secara komersil, pada saat itu untuk satu perangkat saja.

Versi ini hadir dalam peningkatan dan perbaikan bugs, menampilkan rincian google maps dan juga fitur lainnya.

Android 1.5 Cupcake

Hanya berselang 2 bulan dari versi 1.1 beta, Android 1.5 Cupcake resmi dirilis, tepatnya di tahun 2009.

Pada versi ini hadir dengan tambahan seperti widget, keyboard virtual dan layer otomatis, selain itu pada versi ini adalah langkah awal Google menamai Android kedalam nama kue manis.

Rilis Android Cupcake juga menghadirkan fitur pengembangan seperti kerangka kerja Android API, dan perubahan UI sebagai manajemen aplikasi dan juga beberapa aplikasi Google.

Android 1.6 Donut

Urutan versi Android selanjutnya ada Android 1.6 Donut yang dirilis pada tanggal 15 september 2009. Fitur yang ditambahkan pada versi ini adalah persentase daya baterai, fasilitas pencarian android market atau play store dan dukungan gestur.

Android 2.0 Eclair

Pada Okotber 2009, hadirlah versi Android 2.0 bernama Eclair, kehadirannya menambahkan fitur multi touch sehingga layar sentuh bisa menangkap beberapa sentuhan langsung.

Ada juga live wallpaper yaitu wallpaper yang dapat bergerak dan juga mengubah tampilan antaramuka dan dukungan HTML 5 untuk browser.

‍Android 2.2 Froyo

Android 2.2 atau dikenal sebagai Froyo diluncurkan pada Mei 2010, Android ini hadir fitur USB tethering dan hotspot WiFi, selain itu pada versi ini juga memungkinkan untuk memperbesar gambar di galeri dan gestur, dan mendukung animasi GIF pada web Browser.

Kemampuan Hotsop WiFi membuat perangkat yang menggunakan Android Froyo bosa dijadikan hotspot untuk berbagi koneksi internet.

Selain itu ada juga aplikasi tambahan App Sharing, dan Navigasi versi Beta. Tak hanya fitur, upgrade ini juga membawa peningkatan pada performa prosesor sehingga pengolahan multimedia menjadi lebih baik dan meningkatkan kemampuan konten 3 dimensi.

Android 3.0 Honeycomb

Di februari 2011, Android 3.0 bernama Honeycomb diluncurkan, versi ini hadir dirancang khusus untuk perangkat yang memiliki layar lebih luas yaitu tablet dan lainnya.

Android Honeycomb juga membawa antaramuka baru yang disebut “hologram” ini menghadirkan fitur utama yaitu multitasking, notifikasi dan juga Widget.

Fitur lainnya Android 3.0 mendapatkan dukungan aplikasi Google Talks sebagai perangkat lunak obrolan video dan juga support dengan chip prosesor multi core sehingga kemampuan multitasking semakin lancar.

Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Menariknya, Andorid kembali diupgrade ke versi 4.0 yang disebut dengan Ice Cream Sandwich yang diluncurkan pada 18 Oktober 2011.

Pada dasarnya ini adalah versi HoneyComb yang pada versi ini hanya dikhususkan untuk perangkat dengan layar luas, kemudian di Ice Cream Sandwich OS ini sudah disesuaikan untuk perangkat smartphone dengan layar lebih kecil.

Android Ice Cream Sandwich 4.0 hadir dengan fitur baru, termasuk support NFC, kemampuan mengakses kamera dan kontrol musik dari lock screen, pengenal wajah (Face Unlock), fitur pemantau mobile data internet dan lain sebagainya.

Pada versi ini juga memperbaiki antaramuka dan kostumisasi widget menjadi lebih sederhana.

Android 4.1 Jelly Bean

Android 4.1 atau disebut Jelly Bean diluncurkan pada Juni 2012, versi ini hadir memfokuskan pada peningkatan kinerja sehingga pengguna akan merasakan sistem operasi yang lebih halus dan responsif.

Pada Oktober 2012, Andorid Jelly Bean mendapatkan peningkatan ke 4.2 yang hadir dengan dukungan multi-pengguna untuk layar lebih luas, widget layar kunci, pengaturan cepat dan fitur screen saver.

Pada versi ini juga menghadirkan keyboard yang bisa dikostum oleh penggunanya.

Android 4.4 KitKat

Android 4.4 dikenal dengan nama Kitkat, versi ini diluncurkan pada 3 September 2013 dan perangkat pertama yang menggunakannya adalah Google Nexus 5 yang diluncurkan pada 31 Oktober 2013.

Pada versi ini minimal RAM yang harus digunakan adalah 512 MB, versi ini menghadirkan sensor batching, peningkatkan kinerja perangkat pada spesifikasi rendah dan hadirnya webViews berbasis Chromium dan Step Detector.

Android 5.0 Lollipop

Pada 3 November 2014, Android mendapatkan pembaharuan ke versi 5.0 yang disebut dengan nama Lollopop. Pada versi ini OS bisa dijalankan ke perangkat Android TV dan juga Google Fit.

Perubahan yang sangat terlihat ada pada user interfacenya yang mendapatkan desain ulang, selain itu ada juga perubahan termasuk perbaikan notifikasi yang dapat diakses dari lock screen.

Android 6.0 Marshmallow

Android 6.0 bernama Marshmallow dirilis secara beta pada 28 Mei 2015, dan secara resmi di 5 Oktober 2015.

Android 6.0 menghadirkan peningkatan pengalaman pengguna secara menyeluruh dari sebelumnya. OS ini membawa arsitektur perizinan baru, API untuk asisten kontekstual, sistem manajemen daya yang baru, dukungan pemenal sidik jari dan kompetibel USB-C. Pada versi ini juga mendukung multi window dan virtual reality.

Android 7.0 Nougat

Update selanjutnya adalah Android versi 7.0 yang disebut Nougat, pembaharuan ini resmi diumumkan pada 1 Juli 2016 dan secara resmi diluncurkan pada 23 Agustus 2016.

Pada pembaharuan ini membawa pada notifikasi dan performa user interface, selain itu hadirnya penggunaan aplikasi multi window, yang bisa menjalankan aplikasi secara bersama dalam satu waktu.

Hadir juga mode malam atau dark mode, dan dukungan multi end point, serta mendukung beberapa bahasa Doze on the Go.

Android 8.0 Oreo

‍Android 8.0 atau disebut Oreo atau disebut juga Android O dirilis ke publik pada 21 Agustus 2017, fitur yang hadir pada versi ini adalah adanya Autofill yang mempermudah pengguna dalam melakukan pengisian formulir.

Android Oero juga hadir engan user interface lebih sederhana dan mudah digunakan dalam mengakses aplikasi.

Android 9.0 Pie

Versi Android 9.0 dirilis pada 6 Agustus 2018, OS ini memiliki nama Android Pie, update tersebut hanya tersedia untuk perangkat Google Pixel dan kemudian hadir untuk Android One di tahun yang sama.

Kemudian perangkat pertama diluar dari Google Pixel yang mendapatkan pembaharuan Android Pie adalah Sony Xperia XZ3.

Fitur Android Pie membawa kemampuan AI / Kecerdasan buatan, fitur ini memiliki kemampuan menganalisa dan mempelajari pola pengguna secara otomatis. Fitur lain yang dibawanya termasuk brightness dan kompetibel dengan perangkat bezel less.

Android 10

Update selanjutnya adalah Andorid 10 yang menandakan 1 dekade Android, pada versi ini Google mulai tidak memberikan nama makanan manis dan hanya menggunakan angka.

Hadir dengan fitur teks otomatis untuk media video, dengan satu kali sentuhan teks otomatis akan muncul pada video bahkan pesan audio.

Fitur lainnya yang hadir pada versi ini adalah smart reply, Amlifier suara, navigasi gestur, penyempurnaan mode malam, dan kompetibel dengan perangkat lipat.

Android 11

Update selanjutnya dirilis pada 8 September 2020, yaitu Android 11. Ponsel pertama yang mendapatkannya adalah Google Pixel, dan kemudian disusul Vivo X51.

Fitur yang hadir pada Android 11 adalah kemampuan kelolah percakapan, bubble chat berbentuk balon yang memberikan flesibelitas ketika melakukan percakapan chat sambil membuka aplikasi lain, rekam dan bagikan konten, serta peningkatan kinerja dari versi sebelumnya.

Android 12

Dan pada 4 Oktober 2021, Android 12 Resmi diluncurkan. Hadir lebih pribadi dan aman dari sebelumnya.

Versi ini hadir dengan pengalaman lebih personal, perubahan pada UI yang ditata ulang, dan fitur privasi yang ditingkatkan untuk keamanan penggunanya.

Android 12 diklaim memiliki UI yang lebih halus dan responsive, dan dibuat untuk aksesibilitas. versi ini sangat mengutamakan privasi penggunanya.

Salah satunya kontrol akses mikrofon dan kamera yang lebih kuat. Pengguna bisa menonaktifkan akses pada aplikasi apapun yang meminta akses ke mikrofon dan kamera.

Android 12L

Android 12L adalah update dari versi Android 12, yang berfokuskan untuk perangkat dengan layar lebih luas.

Peningkatan UI sistem untuk perangkat layar luas lebih optimal dengan Android 12L, sehingga membuat. pengguna akan merasakan kemampuan multitasking yang andal dan intuitif.

Android 13

Di tahun 2022, update Android telah mencapai Androiod 13 yang hadir dalam peningkatan privasi pengguna, termasuk izin notifikasi dan pemilihan foto.

Hadir membawa kompetibelitas Bluetooth LE Audio dan MIDI 2.0 melalui USB, dan mendapatkan pengalaman lebih baik untuk perangkat dengan layar lebih luas seperti tablet dan ponsel lipat.

Android 13 juga membawa pemutaran media baru, dengan tampilan yang lebih menarik.

Android 14

Android 14 hadir sebagai pembaruan besar yang dinantikan, dengan peluncuran resmi pada 4 Oktober 2023 oleh Google. Pembaruan ini pertama kali dirilis untuk perangkat Pixel, diikuti oleh smartphone dari produsen lain. Salah satu fitur terbesar adalah kustomisasi layar kunci yang memungkinkan pengguna mengubah tampilan dan fungsi layar kunci mereka.

Selain itu, Android 14 juga membawa peningkatan keamanan dengan sistem entri PIN yang ditingkatkan. Fitur menarik lainnya adalah peningkatan pada kecerdasan buatan (AI) yang membuat interaksi pengguna menjadi lebih pintar dan responsif. Android 14 juga menawarkan dukungan kamera yang ditingkatkan dan manajemen password yang lebih mudah.

Untuk pengguna yang ingin segera mencoba, pembaruan ini sudah tersedia untuk diunduh di perangkat terpilih. Melalui Android 14, Google membuka peluang baru dalam menjelajahi dunia digital dengan lebih nyaman dan aman. Fitur-fitur baru ini dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan membawa inovasi di era digital saat ini.

Android 15

Android 15 masih misteri nih, Guys. Tapi biasanya, Google ngeluncurin preview developer pertama sekitar Februari. Jadi, kita bisa ngarep-ngarep sesuatu di Google I/O conference Mei 2024.

Google suka kasih nama kode yang unik buat setiap versi Android. Kali ini, Android 15 punya kode nama “Vanilla Ice Cream”. Keren, kan?

Yang pasti, device pertama yang bakal dapet update ini adalah Pixel, terutama seri Pixel 9. Tapi, tentunya nanti bakal merambat ke device flagship lain dari berbagai merk.

Untuk fitur terbarunya, sejauh ini, info tentang fitur baru Android 15 masih terbatas. Tapi yang menarik, Android makin modular. Artinya, Google bisa update komponen tertentu tanpa perlu update sistem penuh. Ini berguna banget buat keamanan dan fitur terbaru.

Salah satu yang bakal jadi modular adalah NFC. Dengan pendekatan ini, update NFC bisa lebih cepat dan efisien.

Untuk Android 15 ini akan kita update secara berkala, jadi nantikan saja ya!

Update Berkelanjutan

Tentu saja Android tidak hanya sampai di sini saja, setiap tahun OS Android akan terus diperbaharui, dan laman ini akan menjadi sejarah pencatatan versi Android dari tahun ketahun, simpan halaman ini untuk mendapatkan pembaharuan secara langsung.



Dapatkan berita teknologi terkini dari AndroidPonsel.com, pusat info tech paling update! Ikuti kami di Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks