Apa itu Flash/Flashing Android dan Manfaatnya

Flashing

Flash atau flashing android merupakan install ulang terhadap sistem operasi Android. Tujuan utama dari flash android adalah supaya Handphone android bisa kembali seperti saat pertama kali membeli HP tersebut. Anda dapat melakukan proses flashing android secara langsung lewat stock recovery. Untuk melakukannya sendiri sebenarnya tidaklah sulit dilakukan jika Anda telah mengetahui caranya.

Cara Flash/Flashing Android

Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan agar dapat berhasil melakukan proses flash atau flashing pada perangkat android. Berikut ini adalah langkah yang harus Anda lakukan untuk berhasil melakukan proses flash/flashing perangkat android:

Masuk Ke Mode Recovery

Agar Anda dapat masuk ke dalam recovery mode, Anda harus mematikan terlebih dahulu handphone android Anda.  Kemudian tekan tombol sesuai merek handphone Anda agar dapat masuk ke mode recovery:

Ketika Anda telah berhasil masuk ke dalam recovery mode, fungsi dari touchscreen handphone Anda menjadi tidak berfungsi untuk sementara waktu. Agar Anda dapat memilih pilihan yang disediakan saat masuk ke mode recovery Anda dapat menggunakan tombol volume bawah untuk menurunkan, tombol volume atas untuk menaikkan, dan tombol home atau power untuk enter.

Lakukan Wipe Data atau Factory Reset

Selanjutnya adalah Anda harus memilih wipe data atau factory reset. Tujuan dilakukannya wipe data adalah untuk menghapus data yang tidak diperlukan serta mengembalikan kondisi handphone android Anda agar seperti bawaan pabrik. Saat melakukan proses wipe data, Anda harus melakukan konfirmasi terlebih dahulu agar proses tersebut dapat dijalankan. Setelah Anda melakukan konfirmasi Anda hanya harus menunggu kurang lebih 15 menit sampai proses reset selesai dilakukan.

Restart Perangkat Android Anda

jika proses reset data telah selesai dilakukan, langkah selanjutnya yang Anda lakukan adalah me-restart perangkat android Anda dengan cara mengarahkannya ke reboot system now, kemudian tekan tombol power.

Tujuan Flash Android

Flashing

Tentunya ketika orang memutuskan flash perangkat androidnya memiliki sebuah tujuan. Adapun tujuan dari flash android adalah sebagai berikut ini:

Membuat Kinerja Ponsel Normal Kembali

Tujuan pertama melakukan flash handphone Android adalah untuk menormalkan handphone Android supaya sistemnya kembali seperti baru lagi. Hal ini sebab handphone setelah di flash, maka fungsi sistemnya akan kembali normal lagi.

Menyegarkan Sistem File Android

Sistem yang awalnya sudah rusak akan diperbaiki lagi dengan file yang baru, yang tentunya lebih update sehingga dapat menjalankan fungsi Android menjadi normal seperti ketika baru pertama kali dibeli.

Memperbaiki Bug Sistem Keamanan

Selain berfungsi meningkatkan kinerja sistem android, flash handphone android juga dapat digunakan untuk memperbaiki bug yang ada, serta meningkatkan sistem keamanan perangkat. Hal ini sebab flash android memang bertujuan untuk memperbaiki kesalahan di aplikasi sistem yang ada pada firmware bawaan perangkat android tersebut. Maka dari itu tidak mengherankan apabila produsen smartphone umumnya melakukan update firmware dengan tujuan untuk update dan juga repair sistem secara berkala.

Menata Kembali Media Penyimpanan Perangkat Android

Ruang penyimpanan akan kembali fresh serta dapat berfungsi dengan maksimal lagi ketika melakukan flash handphone android. Hal ini sebab semua memori akan otomatis dihapuskan. Maka dari itu pastikan untuk mem-backup memori yang ada sebelum melakukan flash handphone android.

Jadi begitulah informasi singkat mengenai cara dan manfaat flash/flashing android. Semoga informasi singkat mengenai cara dan manfaat flash/flashing android tersebut dapat berguna serta bermanfaat bagi Anda.

Feedback: Jika ada informasi yang keliru silahkan sampaikan melalui halaman Kontak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Instal AndroidPonsel.com di perangkat

Install
×