Apa Itu Roboguru WA, Syarat, serta Cara Menggunakannya

roboguru wa

Mungkin Anda pernah mendengar nama atau istilah Roboguru. Namun jika Anda masih asing dengan nama tersebut, Roboguru adalah sebuah bot yang dikembangkan oleh pengembang aplikasi Ruangguru.

Seperti halnya Ruangguru yang digunakan sebagai fasilitas memperoleh materi pembelajaran untuk para pelajar, Roboguru juga merupakan bot dalam fungsi yang hampir sama.

Bot Roboguru sendiri bisa ditemui dalam aplikasi WhtasApp. Teknologi ini hadir untuk membantu pelajar dalam mengerjakan tugas dengan memperoleh materi yang sesuai dengan tugasnya tersebut.

Agar lebih jelasnya mengenai mengenai Roboguru WA ini, berikut artikel yang akan membahas beberapa hal yang terkait dengan bot WA tersebut.

Apa Itu Roboguru WA?

roboguru wa terbaru

Dunia pendidikan saat ini memang sedang difasilitasi oleh berbagai produk-produk teknologi. Salah satunya yang belakangan sering menjadi pembicaraan adalah Roboguru WA dari aplikasi Ruangguru.

Aplikasi tersebut dikembangkan oleh perusahaan teknologi ternama di Indonesia yang bergerak dalam bidang pendidikan dan kian banyak digunakan oleh masyarakat.

Jika Ruangguru merupakan produk aplikasi utuh, Roboguru WA sendiri hanyalah sebuah produk bot dalam sebuah aplikasi messenger WhatsApp. Bot ini adalah sebuah sistem kecerdasan yang dikhususkan untuk membantu pelajar dalam menjawab soal atau tugas yang dimilikinya.

Dalam pengembangannya, Roboguru mampu menyediakan banyak jenis materi mata pelajaran beserta pembahasan yang sesuai dengan soal yang diberikan. Bot ini juga memiliki beberapa rekomendasi video pembelajaran yang bisa diperoleh pelajar yang membutuhkan.

Saat ini, Roboguru tidak hanya direkomendasikan untuk membantu pelajar mengerjakan tugas sekolahnya, namun juga untuk membantu mereka yang akan mengikuti ujian nasional.

Seluruh fitur-fitur yang berkaitan dengan tujuan tersebut dapat diakses dalam bot Roboguru ini dengan cara penggunaan yang cepat dan tentunya sangat mudah.

Disebut sangat mudah karena penggunaannya kurang lebih sama dengan penggunaan WhatsApp pada umumnya. Anda cukup mengirimkan pesan berisi soal atau pertanyaan dalam bentuk foto ataupun ketikan ke nomor WhatsApp yang telah ditentukan, lalu tunggu hingga mendapatkan jawabannya.

Baca juga: Keuntungan Menggunakan Roboguru Whatsapp Bagi Siswa dan Cara Menggunakannya

Syarat Menggunakan Roboguru WA

Karena bot ini bisa diperoleh dalam aplikasi WhatsApp, maka pada dasarnya syarat utama dalam menggunakannya adalah harus memiliki paket internet yang masih aktif dan dapat mengakses aplikasinya.

Penggunaan Roboguru ini memang gratis, akan tetapi tetap ada batasannya. Berbeda jika Anda ingin menikmati seluruh fitur dan fasilitas secara tak terbatas, Anda harus berlangganan Ruangguru terlebih dahulu.

Di samping syarat utama yang telah diuraikan sebelumnya, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan Roboguru WA ini.

Oleh karena itu, di bawah ini akan disebutkan secara detail syarat-syarat spesifik  agar Anda bisa memanfaatkan botnya dengan maksimal :

  1. Pastikan bahwa Anda memiliki akun WhatsApp yang aktif dan dapat digunakan.
  2. Jika ingin mengirimkan soal dalam bentuk foto, jenis foto yang dikirim tidak boleh berasal dari hasil tulisan atau coretan tangan.
  3. Gambar yang dikirim ke bot WA harus dalam kondisi yang jelas, tidak blur, posisinya tidak miring, dan tidak berbayang.
  4. Pastikan dalam foto yang dikirim hanya terdapat soal yang ingin dipertanyakan tanpa adanya tambahan lain.
  5. Setiap mengirimkan pesan atau foto ke bot, hanya boleh terdapat satu soal dalam pesan atau foto tersebut. Jika ingin menanyakan soal lain yang berbeda, Anda bisa mengulangi dengan mengirim pesan yang berbeda juga.

Nomor WhatsApp Roboguru Terbaru

Menggunakan bot Roboguru WA ini pada dasarnya hampir sama ketika menggunakan fitur chat umumnya pada WhatsApp. Hanya saja karena ini adalah bot, maka hanya pesan-pesan jenis tertentu saja yang akan mendapatkan respon atau balasan. Umumnya, setiap bot akan memiliki fitur-fitur chat tersendiri dalam room chatnya.

Layaknya ketika ingin menghubungi sebuah kontak melalui WhatsApp, Anda tentunya juga perlu memiliki nomor WhatsApp kontak yang ingin dituju. Pengguna harus menyimpan terlebih dahulu nomor WhatsApp Roboguru ini di kontak untuk bisa menghubunginya sewaktu-waktu via WhatsApp.

Adapun nomor WhatsApp Roboguru yang terbaru adalah 0815-7815-0000. Seri nomor yang terlihat sangat umum dan seperti nomor kontak Anda pada umumnya, bukan? Namun sekali lagi, nomor tersebut hanya bisa diakses melalui aplikasi WhatsApp saja, tidak untuk media lainnya.

Dengan mengetahui nomor WhatsApp terbaru dari Roboguru WA ini, Anda tentunya sudah bisa siap untuk menggunakan layanannya. Silahkan pelajari cara penggunaan layanan bot ini terlebih dahulu dengan tetap memperhatikan syarat-syarat yang telah diuraikan sebelumnya.

Cara Menggunakan Roboguru WA

Setelah memahami beberapa informasi yang disajikan sebelumnya, Anda mungkin sudah semakin penasaran untuk mencobanya.

Agar bisa mulai mengobrol bersama bot Roboguru WA ini, pertama-tama Anda harus menyimpan nomor WhatsApp Roboguru terbaru di kontak. Jika sudah menyimpan nomornya, silahkan akses masuk ke room chat Roboguru melalui aplikasi WhatsApp.

Namun, jika Anda sudah berlangganan aplikasi Ruangguru sebelumnya, maka Anda juga bisa mendapatkan langsung fitur Roboguru melalui aplikasi Ruangguru tersebut.

Cukup masuk ke dalam aplikasi Ruangguru dan mencari fiturnya. Namun jika belum berlangganan, maka silahkan simak langkah-langkah mudah menggunakan Roboguru via WhatsApp berikut ini:

  1. Silahkan akses masuk ke room chat Roboguru di WhatsApp.
  2. Sebagai pesan pembuka, silahkan ketik “Roboguru” di kolom chat dan kirim.
  3. Tunggu hingga bot merespon pesan Anda.
  4. Adapun respon awal yang akan Anda peroleh yaitu berupa pertanyaan seputar jenjang sekolah atau pendidikan Anda. Apakah Anda sekarang duduk di bangku SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA IPA, SMA/MA IPS, ataukah sedang persiapan untuk tes SBMPTN atau tes masuk perguruan tinggi. Anda akan disajikan pilihan nomor untuk dipilih sesuai dengan jenjang pendidikan agar bot dapat mengenali kebutuhan Anda.
  5. Setelah memilih nomor yang sesuai, Anda akan mendapatkan balasan lain berupa pertanyaan mata pelajaran apa yang sedang Anda pelajari atau pertanyakan. Ada berbagai jenis pilihan mata pelajaran, seperti Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Sosiologi. Silahkan memilih angka sesuai angka mata pelajaran yang diinginkan.
  6. Selanjutnya, tuggu balasan selanjutnya dari bot Roboguru.
  7. Jika bot sudah mempersilahkan Anda untuk mengirimkan soal yang ingin ditanyakan, silahkan mengirimkan foto soalnya melalui kolom chat tersebut sesuai arahan yang diberikan. Namun, pastikan soal yang dikirim sesuai dengan kualifikasi jenjang pendidikan dan jenis mata pelajaran yang telah dipilih sebelumnya.
  8. Tunggu hingga bot memberikan respon. Umumnya, respon yang diberikan akan berupa penjelasan yang berkaitan dengan soal yang ditanyakan dan juga rekomendasi link video yang bisa Anda akses untuk memperoleh pembahasan yang lebih jelas.

Demikianlah beberapa hal mengenai Roboguru WA, sebuah bot pengembangan aplikasi Ruangguru dalam aplikasi WhatsApp yang dapat diakses gratis oleh pelajar yang membutuhkan materi pembelajaran tambahan.

Anda bisa menggunakan bot ini untuk memperoleh materi dalam berbagai jenjang sekolah hingga latihan mengerjakan berbagai soal tes masuk perguruan tinggi. Anda juga sudah bisa mendapatkan aplikasi Roboguru dalam bentuk aplikasi yang dapat didownload melalui Google Play Store.



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Informasi Lebih cepat!

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks