Cara Root Hp Android dengan Mudah Beserta Cara Unroot

cara root android

Banyak pengguna Android yang ingin mengetahui cara root HP Android yang dimiliki, tapi tentu saja kami menyarankan sobat untuk juga mengetahui apa sih root android, apa saja resikonya dan bagaimana cara unroot android sehingga kembali ke pengaturan bawaan pabrik kembali.

Root HP Android adalah jalan menuju kebebasan untuk melakukan apapun pada perangkat Android yang sobat miliki. Dengan root hak akses ke sistem operasi Android menjadi lebih tinggi, tapi tentu resikonya juga tinggi.

Dengan melakukan root pada Android, pengguna bisa melakukan optimasi lebih lanjut terhadap sistem operasi dan perangkatnya, tentu saja melakukan root hp Android juga tidak serta merta sama setiap merek hp yang dimiliki.

Pada dasarnya HP Android yang bereda dipasaran tidak mendapatkan akses root, karena memang hal tersebut dilakukan guna mengamankan perangkat dari hal yang tidak diinginkan seperti menghapus aplikasi sistem yang tidak diketahui oleh penggunanya.

Apa itu Root Android?

Root Android adalah sebuah proses untuk mendapatkan izin kontrol sistem lebih tinggi pada ponsel yang menjalankan sistem operasi Android atau disebut dengan “Akses Root”.

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, HP Android yang beredar sudah dibatasi hak aksesnya oleh pabrik perangkat, sehingga root adalah jalan untuk mendapatkan hak akses administrator lebih leluasa.

Jika Android telah mendapaktan akses root, pengguna bisa melakukan penghapusan dan mengoptimalkan sistem operasi.

Tapi perlu dipahami untuk dapat melakukan hal ini dibutuhkan pengetahuan terkait sistem operasi Android itu sendiri agar tidak salah dalam melakukan optimalisasi yang berakibar error dan kerusakan.

3 Cara Root Hp Android dengan Aplikasi

cara root dan unroot hp android
cara root Hp android

Root android, bisa meningkatkan performa dan melakukan optimasi android melebihi kinerja Hp yang diterbitkan oleh pabrik. Tidak heran, banyak yang ingin mengetahui cara untuk root android. Berikut adalah cara root dengan mudah yang bisa dipilih.

Menggunakan Aplikasi KingRoot

Aplikasi KingRoot tidak hanya bisa digunakan untuk cara root di Hp android melalui smartphone saja. Tapi juga bisa melalui laptop atau PC.

Aplikasi ini juga banyak digunakan sekarang. Karena sudah mampu melakukan root untuk lebih dari 100.000 smartphone. Selain itu, cukup melakukan satu klik saja untuk rooting.

Langkah pertama, pastikan untuk download KingRoot melalui wesb resminya. Selanjutnya buka aplikasi ini dan lakukan install.

Selanjutnya, cukup klik “cek” yang Ada, kemudian KingRoot akan menjalankan pengecekan. Pastikan, metode rootnya bisa dijalankan atau tidak.

Sebagai tambahan, tidak semua model HP Android bisa di root menggunakan aplikasi KingRoot ya, jadi silahkan di cek terlebih dahulu menggunakan aplikasinya.

Menggunakan Root Genius

cara root Hp android ke dua yang bisa dilakukan yaitu dengan aplikasi Root Genius. Aplikasi ini bisa sobat download dan install melalui situs resminya langsung. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan ketika menggunakan aplikasi ini.

Pertama buka Root Genius, kemudian klik gambar lingkaran yang muncul. Kemudian akan keluar kotak yang mengarahkan untuk menginstal Root Genius. Dan akan muncul ikon jempol. Seteleh proses install selesai kemudian ubah raja pengguna. Proses rootpun selesai.

Dengan aplikasi ini, selain melalui Hp juga bisa melakukan root melalui laptop ataupun PC. Dimana perangkat harus mengkoneksikan Hp dengan laptop menggunakan USB. Dan setelah proses Root selesai, bisa dicabut. Pastikan juga, terdapat aplikasi Root Genius di menu HP android.

Menggunakan FramaRoot

Jika sedang mencari aplikasi yang bisa melakukan root hp Android berbagai merk seperti Samsung, Xiaomi, Realme, OPPO, Vivo dan lain sebagainya, maka Sobat bisa menggunakan FramaRoot. Aplikasi ini tidak tersedia di Goole Play Store. Sehingga sobat harus download melalui website pihak ke-tiga, salah satunya bisa melalui web xda-developer atau melalui link di sini.

Forum tersebut juga menjelaskan cara root Android menggunakan FramaRoot sehingga sobat bisa mengikuti setiap langkahnya dengan baik dan benar.

Setelah FrameRoot sudah berhasil diinstall, maka selanjutnya sudah bisa melakukan root android. Pertama, buka aplikasi tersebut dan piliha SuperasU atau superuser. Keduanya sama saja.

Jika sudah memilih, maka akan muncul dua pilihan lagi yaitu Gandalf dan Aragorn. Kedua nama tersebut diambil dari nama karekter dalam film Lord of The Rings. Sebenernya keduanya tidak ada bedanya. Sobat bisa memilih sesuai selera kamu. Tapi lebih banyak yang memilih Gandalf.

Selanjutnya proses rooting akan berlangsung, cukup menunggu hingga proses selesai semua. Ketika pemberitahuan muncul, tandanya root sudah berhasil. Untuk meningkatkan kefektifan root, lebih baiknya jika Sobat merestart android dan pastikan SuperSU atau superuser sudah ada di menu aplikasi.

Cara Root Berbagai Merk HP

Nyatanya root android dengan aplikasi yang sudah disebutkan di atas tidak semua merk HP kompetibel dan bisa digunakan, terlebih sekarang ini sudah banyak sekali model hp yang beredar di pasaran.

Hal yang sobat perlu lakukan adalah mencari cara root android terbaik yang bisa dilakukan di forum khusus developer Android, karena di sana sobat akan menemukan berbagai cara berdasarkan merk hp yang sudah dilakukan percobaan.

Berikut ini adalah daftar beberapa merk hp yang bisa di rood sistem Androidnya yang diantaranya adalah Samsung, LG, Huawei, Oneplus, Xiaomi, Google Pixel.

Cara Root HP Samsung

root hp samsung

Untuk melakukan rooting pada HP samsung diperlukan perangkat lunak bernama Odin.

Odin adalah perangkat lunak low-level firmware flashing tools yang memiliki kemampuan untuk nge-push image file ke storage dan menghapus image yang sudah ada.

Sobat memerlukan USB Drive yang disesuaikan untuk Windows, untuk pengguna Mac perlu tambahan program lagi untuk menggunakannya bernama Heimdall.

Perlu di ingat, melakukan rooting pada HP samsung bisa membatalkan garansi resmi perangkat yang sobat miliki. Jadi pastikan sobat sudah memahaminya terlebih dahulu ya.

Nah untuk masing-masing model HP samsung yang bisa di root, sobat bisa melihatnya langsung melalui forum XDA Developer dan beberapa model dan link kami sertakan di bawah ini.

Root Samsung Galaxy Note 9
Root Samsung galaxy S9 dan S9+
Root Samsung Galaxy S8 dan S8+

Cara Root HP LG

Untuk HP LG punya cara sendiri untuk melakukan root pada sistemnya, untuk model internasional bisa menggunakan bootloader sehingga lebih mudah untuk memasukan file melalui costum recovery, tapi model terbaru dikunci lebih ketat sehingga lebih sulit.

Untuk lebih detailnya, berikut adalah beberapa model HP LG lengkap dengan cara untuk mendapatkan akses rootnya.

Root LG G7 ThinQ
Root LG V30

Cara Root HP Huawei

root hp huawei

Seperti yang kita ketahui, sekarang Huawei sudah tidak menggunakan OS Android karena tidak diizinkan oleh otoriras yang bersangkutan, sebagai gantinya Huawei sudah punya OS Harmony buatannya sendiri.

Tapi untuk HP Huawei model lawas, cara mendapatkan akses rootnya terbilang mudah, karena Huawei mengizinkan pengguna untuk melakukan unlock boatloader melalui aplikasi resmi yang perusahaan miliki.

Tapi aplikasi resmi Huawei tersebut di hentikan pada tahun 2018 karena untuk mencegah pengguna dapat menginstal aplikasi yang tidak dikenal yang membahayakan. Tapi tenang saja masih bisa dilakukan root pada HP Huawei dengan metode lain yaitu, menggunakan pihak ketiga bernama FunkyHuawei.

FunkyHuawei adalah layanan website yang menyediakan tools khusus melakuka root Huawei, tapi tools yang mereka tawarkan tidak gratis alias berbayar, tapi tentu saja karena berbayar tools ini bisa root hampir semua model hp huawei.

Cara Root Google Pixel

root hp Google Pixel

Untuk sobat pengguna Pixel, Hp ini bisa di root dengan cara menggunakan Android SDK, jadi sobat perlu belajar terlebih dahulu terkait Android SDK sebelum melakukan root pada Google Pixel.

Dengan begitu, Sobat bisa menggunakan berbagai script atau toolboxer untuk dapat membuka bootloader dan memungkinkan untuk melakukan flash custom recovery.

Tapi tentu saja, sobat wajib mempelajari Android SDK dulu ya, karena jika tidak sobat tidak akan mengerti cara menggunakannya dan memperbaiki jika terjadi kesalahan yang menyebabkan error.

Untuk lebih detailnya sobat bisa langsung ke halaman resminya di sini.

Keuntungan Root Android

Setelah mengetahui cara root android baik melalui Hp atau PC. Akan lengkap jika sobat juga mengetahui keuntungan dari root tersebut. Apa saja keuntungannya? Simak berikut ini.

Menghapus Aplikasi

HP android baru terdapat aplikasi bawaan, yang mana itu sering tidak dibutuhkan dan memenuhin memori Hp. Dan biasanya aplikasi tersebut tidak bisa hapus, untuk dapat menghapusnya membutuhkan akses root.

Optimasi RAM

Dengan cara root android yang berhasil keuntungan selanjutnya adalah pengguna dapat melakukan optimasi RAM. Ini bisa diatur pada background secara otomatis. Sehingga dapat dioptimasi lebih luas lagi.

Performa

Keuntungan ketiga yang sering diincar dan menjadi tujuan utama root Hp yaitu optimasi. Optimasi disini yaitu sistem. Karena pengguna jadi memiliki akses untuk melakukan pengaturan pada sistem oprasi lebih tinggi.

Hemat Baterai

Batrei Hp akan awet ketika perangkat masih baru dan belum banyak aplikasi yang terinstal, tapi jika sudah terinstal dengan banyak aplikasi tentu hp akan lebih boros.

Dengan root, bateri Hp menjadi hemat. Karena bisa dioptimasi, bahkan bisa sampai 40% lebih hemat baterai, misal sobat bisa melakukan freez pada aplikasi yang tidak digunakan secara otomatis, dan mematikan proses latarbelakang aplikasi yang boros baterai.

Tapi tentu saja ini juga tergantung bagaimana pengguna melakukan optimasi pada HP Android yang sudah di root, tanpa pengetahuan tentu sobat akan mendapati berbagai kendala yang membuat HP root menjadi lebih lambat.

Selain keempat diatas, cara root android juga memiliki keuntungan dalam memindahkan data internal ke eksternal, terutama untuk aplikasi yang membutuhkan ruang memori lebih banyak.

Cara Unroot Hp

cara unroot Hp
cara unroot Hp

Walaupun banyak keuntungan ketika root android bisa sobat lakukan, tapi ada manfaat ketika root dihentikan. Karena Root berhungan dengan dasar file sistem. Berikut cara untuk unroot android dan manfaatnya. Di simak ya.

Unroot juga bisa dilakukan jika sobat merasa ada kesalahan pada sistem root yang dilakukan, karena memang ini membutuhkan pengetahuan yang luas.

Unroot Menggunakan Aplikasi

Terdapat beberapa aplikasi, selain bisa digunakan untuk root android juga bisa digunakan unroot. Tapi pastikan, aplikasi sudah terpasang ketika akan melakukan unroot.

Cara dan prosesnya juga terbilang mudah dan tidak lama. Aplikasi pertama yaitu Superuser atau SuperSU. Cara untuk unroot android dengan aplikasi ini yaitu buka SuperSU.

Kemudian pilih Full Unroot di menunya. Jika proses sudah selesai, Hp akan merestart dengan otomatis.

Sobat juga bisa menggunakan cara unroot Hp menggunakan KingRoot seperti yang sudah kami bahas di awal artikel.

Cara unroot hp, buka aplikasinya kemudian pilih menu dan Remove Root Permission. Atau juga bisa Uninstall KingRoot.

Jika Sobat menggunakan Frameroot, anda juga bisa unroot dengan aplikasi tersebut. Dengan cara yang tidak jauh beda dengan aplikasi lainnya.

Manfaat Unroot Hp

Ternyata ada manfaat yang bisa diperoleh ketika Sobat melakukan cara unroot Hp. Tentunya ini untuk kenaikan dan kesehatan sistem smartphone. Ketika root Hp android dilakukan, berarti tidak bisa mendapatkan klaim garansi dari distributor.

Karena pada dasarnya, setiap Hp berbasis android melarang melakukan root. Selain itu, ketika cara untuk root android tidak berhasil. Kemungkinan besar android mengalami bootloop.

Dimana Sobat tidak memasuki halaman menu pada Hp. Dan layar hanya nampak logo dari smartphone. Jika melakukan unroot, tentunya akan terhindar dari bootloop.

Manfaat selanjutnya yaitu HP akan terhindar dari kerusakan sistem yang membuat smartphone tidak berjalan dengan baik.

Dengan root, maka eksplorasi bisa dilakukan sampai ke dasar sistem. Tentunya anda akan menemui file yang berpengaruh terhadap kinerja smartphone.

Akhir Kata

Itulah cara root dan cara unroot Hp android yang bisa dilakukan. Banyak manfaat dan keuntungan dengan rooting, tapi juga terdapat kekurangannya. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika sobat bisa melakukan rooting ketika cara root memang benar dibutuhkan untuk kinerja hp tersebut.

Apa itu Rooting pada Android?

Rooting adalah proses yang memungkinkan pengguna smartphone, tablet, dan perangkat lain yang menjalankan sistem operasi Android untuk mencapai kontrol istimewa (akses penuh/superuser) sebagai administrator.

Apa fungsi dari root pada Android?

Fongsi Root pada dasarna digunakan Membuka fitur-fitur yang sebelumnya terkunci di sistem. Menginstal aplikasi non-Android atau aplikasi yang sebelumnya tidak disetujui. Menghapus aplikasi bawaan (bloatware) dan masih banyak lainnya.

Apakah root akan menghapus semua data?

Jika melakukan proses Root Android dengan benar, maka root tidak akan menghilangkan data apapun yang ada di hp Android kamu. Tapi jika salah Sobat bisa kelihangan data dan juga mengalami kerusakan perangkat lunak pada hp Android alias bootloop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *