MediaTek Helio G80 Resmi Diluncurkan, SoC ini Diperuntukan untuk HP Gaming Harga Murah

  • Whatsapp
Mediatek Rilis SoC Gaming Baru, Helio G80 Untuk HP Gaming Ramah Anggaran
Mediatek Rilis SoC Gaming Baru, Helio G80 Untuk HP Gaming Ramah Anggaran (via Youtube/MediaTek)

AndroidPonsel.com – Perusahaan chip prosesor asal Taiwan, Mediatek kembali meluncurkan SoC terbaru mereka diseri G, yaitu Helio G80. Chip ini hadir ditujukan untuk ponsel gaming dengan harga yang murah, artinya pihak perusahaan sudah memiliki tiga chip SoC seri G. Seri G pertama adalah G90/90T yang digunakan pada Redmi Note 8 Pro, sebelumnya perusahaan juga memperkenalkan Helio G70 yang akan digunakan smartphone Realme C3 yang akan diluncurkan sebentar lagi, dan kini perusahaan menambahkan G80 diantara kedua chip sebelumnya.

Dalam hal kinerja Helio G80 lebih dekat dengan kinerja yang dihasilkan oleh G70. Kabarnya akan ada smartphone yang akan diperkuat oleh chip terbaru ini di India, walaupun kami belum mendapatkan bocoran terkait hal itu saat ini.

Bacaan Lainnya

SoC Helio G80 hadir dengan CPU octa-core yang terdiri dari 2 core ARM Cortex-A75 clock pada frekuensi maksimum 2.0GHz dipasangkan dengan 6 core ARM Cortex-A55 clock pada frekuensi maksimum 1.8GHz. Selain itu chip disandingkan dengan GPU ARM Mali-G52 pada 950MHz

Chip ini mampu mendukung RAM hingga 8GB menggunakan LPDDR4X pada 1800MHz. Namun G80 tidak mendukung teknologi UFS pada penyimpanannya. Urusan kamera, G80 mampu mengakomodir kamera 25MP tunggal dengan ZSL dan kamera 16MP ganda dengan ZSL.

MediaTek Helio G80 adalah Helio G70 dengan sedikit bump pada frekuensi CPU maksimum dari core Cortex A55 dan sedikit bump pada frekuensi GPU maksimum. Anda dapat melihat perbandingannya pada gambar di bawah ini.

Tangkap layar perbandingan Mediatek Helio G70 G80 dan G90
Tangkap layar perbandingan Mediatek Helio G70 G80 dan G90 via XDA Developers

MediaTek Helio G80 hadir tanpa memiliki akselerator AI khusus, namun pihak perusahaan mengatakan fitur ISP chip ini mampu mengenal objel di Google Lens, Smart Photo Album, deteksi adegan, segmentasi adegan dengan penghapusan latar belakang. Selain itu pihak perusahaan juga mengatakan chip hadir dengan dukungan HyperEngine Game Technology yang juga ada pada Helio G90. Fitur lainnya SoC mampu mendukung Voice on Wakeup (VoW), EIS, Rolling Shutter Compensation, dan mesin navigasi inersia. (sumber: XDA Developers)

Pos terkait

Tinggalkan komentar di sini