Facebook merupakan salah satu media sosial yang terus menawarkan hal-hal baru. Tak heran jika jejaring satu ini masih banyak digunakan oleh orang meskipun sudah ada banyak media sosial baru yang menarik. Dulu, Facebook hanya dapat digunakan untuk bertukar pesan. Hanya foto yang bisa diunggah dan disebarkan di publik. Namun kini video juga bisa diunggah dan disebarluaskan. Banyak video menarik yang dishare di facebook. Beberapa yang menarik tentu ingin Anda tonton kapanpun tanpa harus terhubung dengan facebook, bukan? Kali ini akan dibahas bagaimana cara download video di facebook lewat PC.

Berbagai Cara Mendownload Video di Facebook Lewat PC Dengan Mudah

Cara mudah download video facebook melalui PC atau Laptop
Cara mudah download video facebook melalui PC atau Laptop

Mendownload video di Facebook sebenarnya semudah Anda mengunggahnya. Jika Anda masih kebingungan, tenang saja. Kali ini sudah dirangkum berbagai cara download video di FB lewat PC yang bisa dilakukan. Anda bisa memilih cara download yang menurut Anda paling mudah untuk dilakukan. Simak dan ikuti langkah-langkah yang sesuai dengan petunjuk ya.

1. Cara Download Video Facebook Melalui FBDown.net

Cara menggunakan situs ini untuk mengunduh video terbilang sangat mudah. Pertama, buka video yang ingin Anda ambil dari Youtube. Setelah itu, bukalah situs FBDown.net. Tempelkan alamat yang sudah disalin pada kolom yang sudah tersedia. Jika sudah tertempel dengan baik, klik tombol yang bertuliskan kata Download.

Langkah selanjutnya tergantung pada 2 pilihan yang harus ditentukan salah satu. Opsi pertama adalah Donwload Video in HD Quality untuk video dengan kualitas terbaik. Opsi kedua adalah Download Video in Normal untuk mendapatkan bide dengan kualitas standar. Setelah memilih, Anda akan diarahkan ke halaman yang khusus untuk video. Untuk menyimpan bideo yang telah dipilih di Facebook, klik bagian kanan lalu klik save video as. 

2. Cara Download Video Facebook melalui SaveFrom.net

Ada beberapa cara download video di facebook lewat PC dengan cepat. Salah satunya adalah menggunakan bantuan situs populer. Situs ini sudah sangat terkenal dan terpercaya. Langkah pertama adalah dengan membuka facebook terlebih dahulu di PC Anda. Setelah itu, carilah video yang hendak diunduh. Salinlah tautan video yang ada pada kolom alamat browser Anda.

Selanjutnya adalah membuka situs SafeFrom.net. Tempelkan alamat video yang telah disalin pada kolom kosong yang tersedia. Setelah alamat ditempelkan maka akan muncul tombol undih berwarna hijau dan putih. Di bawah tombol tersebut akan muncul kualitas video yang akan diunduh. Mulai dari SD hingga HD. Pilih lalu klik salah satu yang diinginkan. Setelah diklik, maka video dari Facebook akan tersimpan di folder download PC anda.

3. Cara Download Video di Facebook Melalui Dredown.com

Cara lain yang bisa digunakan adalah menggunakan situs Dredown.com. Situs satu ini tak hanya bisa digunakan untuk video dari Facebook saja, namun juga situs lainnya. Cara menggunakannya pun hampir sama dengan situs sebelumnya. Pertama, salinlah alamat video yang Anda inginkan. Setelah itu, bukalah situs untuk mendowload. Tempel alamat video pada kolom yang tersedia. Setelah itu, klik tombol warna yang bertuliskan Dredown.

Setelah itu akan muncul pilihan kualitas video. Pilihlah apa kualitas video yang Anda inginkan. Lalu klik pilihan tersebut dan video akan diunduh secara otomatis dan disimpah ke folder Downloads. Namun sayangnya ada kekurangan dari cara download video di FB lewat PC satu ini. Ada banyak iklan yang cukup menganggu dan sering muncul di situs.

4. Cara Download Video Menggunakan IDM

Jika cara yang sudah disebutkan sebelumnya tidak memerlukan aplikasi tambahan dan langsung menuju ke situs tertentu, maka cara download video di facebook lewat PC satu ini cukup berbeda. Caranya adalah dengan mengunduh software IDM lalu menginstalnya di PC Anda. Pada dasarnya, IDM merupakan program tambahan yang berguna untuk meningkatkan kecepatan saat mendownload.

IDM bisa diunduh dengan mudah melalui berbagai situs. Jika Anda tidak ingi repot, bisa menggunakan jasa service center untuk menginstalkan program tersebut. Namun, jika tidak ingin mengeluarkan biaya dan pergi ke service center, cobalah untuk mempelajari bagaimana cara mengunduh dan menginstalnya. Caranya sangat mudah dan tidak akan membuat Anda kebingungan asal mengikuti petunjuk yang ada.

Cara download video di FB lewat PC pertama adalah dengan membuka browser. Disarankan untuk menggunakan Google Chrome. Setelah itu, ketik Internet Download Manager pada kolom pencarian lalu klik enter. Setelah itu situs IDM akan muncul di halaman pencarian. Pastikan Anda melakukan klik tulisan Download agar langsung diarahkan ke halaman download situs IDM. Setelah masuk ke situs tersebut, klik tombol berwarna oranye yang bertuliskan Try Internet Download Manager For Free. Tunggulah hingga proses Download selesai dilakukan.

Setelah proses selesai, klik ikon unduhan yang muncul di bagian bawah halaman browser. Setelah diklik, akan muncul menu pop up. Pihlah opsi Run agar berlanjut ke proses instalasi program. Pilih opsi Next untuk melanjutkan ke langkah berikutnya. Anda akan diarahkan ke menu persetujuan. Centang pada kolom persetujuan lalu klik next.

Selanjutnya adalah memilih lokasi penyimpanan program IDM, jika Anda ingin menyimpan program secara default, maka biarkan tetap tersimpan di Destination Folder sesuai dengan default yang ada. Centang pada kolom create an icon for IDM on desktop. Selanjutnya klik next untuk mengarahkan ke halaman berikutnya. Tunggu hingga penginstalan selesan dan klik finish agar program terselesaikan.

Buka browser Google Chrome lalu klik titik 3 yang ada di menu pojok kanan. Piluhlah more tools dan pilih extensions. Cari ekstensi lalu IDM Integration Module dan klik tombol di pojok kanan bawah agar ekstensi aktif. Selanjutnya login ke akun facebook Anda. Setelah itu, cari video di Facebook yang ingin Anda unduh. Buka video tersebut. Lalu, gantilah alamat dari web.facebook.com menjadi m.facebook.com. Setelah itu, klik enter agar ekstensi IDM dapat digunakan.

Mainkan video tersebut lalu akan muncul tombol unduh video tersebut. Klik opsi Download This Video agar pengunduhan segera dimulai. Sebelum pengunduhan dimulai, akan muncul menu pop up. Klik opsi start download agar video lekas diproses. IDM ini tidak hanya dapat digunakan unduh download video facebook saja, namun juga dari berbagai platform lain. Jika Anda merasa proses mulai lambat, cobalah untuk melakukan pembaharuan IDM.

Baca juga:

Cara download video di facebook lewat PC tidak harus melalui Google Chrome. Anda bisa menggunakan browser apa saja yang nyaman bagi Anda. Yang terpenting adalah jangan lupa mengaktifkan ekstensi di pengaturan browser kesayangan Anda.

Itulah beberapa cara download video di FB lewat PC yang bisa Anda lakukan. Kini Anda bisa menyimpan dan menyebarluaskan video facebook lebih luas.Anda tak perlu lagi membuka faceook hanya untuk melihat video kesukaan Anda. Mudah bukan cara yang telah disebutkan di atas? Yang diperlukan adalah kesabaran untuk mencoba dan koneksi internet yang kencang demi kemudahahan dalam mengunduh. Jadi, selamat mencoba dan menonton video favorit Anda dengan mudah.

Tinggalkan komentar di sini