Pelajari Cara Backup Data Android dengan Mudah Amankan Sekarang

backup data android

Jika Sobat adalah pengguna HP dengan OS Android, Sobat wajib mengetahui cara backup data di perangkat tersebut, karena ini adalah langkah dasar untuk mencegah kehilangan data penting dalam smartphone.

Sekarang ini backup data Android bisa dengan beragam cara, baik itu secara offline dengan memindahkan data dari HP ke PC atau ke Hard disk, atau backup secara otomatis ke layanan cloud seperti Google Drive.

Seperti yang kita ketahui, HP Android sekarang ini bukan menjadi alat komunikasi saja, tapi juga menyimpan beragam data penting, dan untuk mengamankannya adalah dengan cara melakukan backup secara terjadwal.

Backup data bukan perkara sulit, tapi ini memerlukan niat karena memang kebanyakan pengguna malas untuk melakukannya dan ketika sudah kehilangan data baru menyesal.

Jadi daripada sobat menyesal nantinya , mulai dari sekarang lakukan backup data terjadwal minimal seminggu sekali, atau lebih baik gunakan backup otomatis menggunakan layanan Cloud yang tersedia.

Kehilangan data di Android bisa terjadi kapan saja dan karena berbagai macam sebab, seperti kerusakan perangkat, virus, atau bahkan kesalahan pengguna. Oleh karena itu, penting bagi Sobat untuk membackup data Android Sobat secara teratur untuk menghindari kerugian data.

Untuk mempermudah Sobat melakukan backup data di Android, kami akan membagikan beragam cara paling mudah yang bisa sobat ikuti.

Cara Backup Data Android dengan Aplikasi Backup

Pertama sobat bisa melakukan backup data Android dengan beragam pilihan Aplikasi. Sobat bisa menggunakan Aplikasi Helium, Titanium Backup atau G Cloud Backup. Caranya mudah saja:

  1. Unduh Aplikasi Backup Data yang disebutkan di atas.
  2. Instal Aplikasi tersebut.
  3. Buka Aplikasi dan pilih data yang ingin sobat backup.
  4. Pilih lokasi penyimpanan backup, seperti kartu SD atau penyimpanan cloud seperti Google Drive.
  5. Klik tombol backup dan tunggu hingga proses selesai.

Pada umumnya cara ini sangatlah mudah, tapi memang kebanyakan aplikasi gratis memiliki keterbatasan fitur, sehingga sobat harus melakukan upgrade ke versi premium untuk dapat menikmati fitur lengkapnya.

Cara Backup Data Android dengan Kabel USB

JIka Sobat malas menggunakan aplikasi tambahan untuk backup data, sobat bisa memindahkan data dari Android ke perangkat lain seperti Laptop / PC menggunakan kabel USB.

Seperti yang kita ketahui, smartphone terdapat port USB, sobat wajib cek terlebih USB type apa yang ada pada perangkat, karena ada yang menggunakan type-c dan juga micro USB. Jadi pastikan terlebih dahulu penggunaan kabel USBnya.

Jika sudah berikut langkah-langkahnya:

  1. Sambungkan perangkat Android ke komputer menggunakan kabel USB.
  2. Buka File Explorer pada komputer dan temukan perangkat Android.
  3. Pilih folder atau file yang ingin backup dan salin ke komputer.

Cara ini sangat mudah, tapi membutuhkan kesabaran jika data yang dibackup besar.

Cara Backup Data Android dengan Google Account

HP Android pasti memerlukan akun Google untuk dapat berfungsi secara maksimal, karena OS ini memang terintegrasi dengan layanan dari Google.

Sobat bisa menggunakan layanan ini, caranya :

  1. Buka Pengaturan pada perangkat Android.
  2. Pilih Akun dan lalu pilih Google.
  3. Masuk ke akun Google dan pastikan bahwa sync data sudah aktif.
  4. Data sekarang akan terbackup secara otomatis ke akun Google.

Tapi cara ini tidak membackup semua data yang ada di HP.

Cara Backup Data Android dengan Penyimpanan Cloud

Nah cara satu ini adalah cara yang saya rekomendasikan dan juga sudah saya terapkan, yaitu backup data Android ke Penyimpanan cloud secara otomatis.

Dengan cara ini sobat bisa menjadwalkan backup data otomatis, jadi sudah pasti sobat tidak perlu takut data tidak terbackup, tapi kelemahannya sobat harus memiliki kuota internet yang cukup karena cara ini harus terkoneksi dengan jaringan internet.

Untuk dapat backup data ke layanan cloud, sobat harus unduh aplikasinya seperti Google Drive, Dropbox, OneDrive dan lain sebagainya.

Yang saya gunakan sendiri adalah Google Drive karena ini layanan Google jadi sudah terintegrasi langsung dengan akun Google yang kita gunakan di HP.

Berikut adalah caranya:

  • Unduh aplikasi penyimpanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, atau OneDrive.
  • Setelah menginstal aplikasi, buka aplikasi dan masuk ke akun.
  • Pilih folder atau file yang ingin Sobat backup dan upload ke penyimpanan cloud.
  • Sobat juga bisa mengatur untuk backup hanya menggunakan jaringan wifi saja atau tidak, selain itu juga bisa melakukan penjadwalan waktu backup.

Backup Data Android ke Penyimpanan Cloud adalah cara yang paling mudah, karena cara kerjanya otomatis dan tidak menyita waktu, hanya saja memerlukan kuota internet tergantung dari berapa besar data yang di backup.

Selain itu kekurangan backup ke layanan cloud Google Drive adalah kapasitas penyimpanan yang terbatas hanya 15GB saja itupun harus berbagi ke layanan google lain seperti Gmail, Google Photos dan lainnya.

Jika menginginkan kapasitas yang lebih besar sobat harus rela merogoh kocek. Atau juga bisa membaca cara menghapus data di Google Drive untuk menghemat kapasitas penyimpanan gratis.

Backup Data Foto dan Video ke Google Photos

Nah jika ingin backup data file foto dan video, kami merekomendasikan menggunakan layanan Google Photos, ini adalah layanan Google yang power full di Android.

Hanya saja pengguna gratis hanya mendapatkan kapasitas sebesar 15GB yang berbagi ke layanan google lainnya seperti Google drive. Jadi kalau hanya menggunakan versi gratis, lebih baik pilih-pilih foto atau video penting saja yang ingin di backup.

Berikut adalah cara backup data foto dan video di Android melalui Google Photos.

  1. Download dan instal Google Photos.
  2. Kemudian buka google Photos, login menggunakan akun Google yang sobat gunakan di HP.
  3. Selanjutnya aktifkan pencadangan foto dan video ke akun Google Photos, di sini sobat juga bisa atur backup hanya menggunakan jaringan WiFi atau seluler saja.

Cara Restore Data Android dari Backup

Nah jika sobat sudah melakukan backup secara rutin dan ternyata di masa depan ternyata sobat kehilangan data yang ada di HP, sobat bisa melakukan restore atau pengembalian data yang sudah pernah di backup.

Berikut caranya:

  1. Silahkan buka aplikasi backup atau akun cloud yang sobat gunakan.
  2. Pilih File Backup yang ingin di kembalikan.
  3. Dan klik Tombol restore, tunggu sampai proses pengembalian data selesai.

Bagaimana mudah bukan? Jadi sobat tidak perlu takut lagi kehilangan data jika melakukan backup data Android secara rutin.

Untuk yang ingin mengembalikan foto dan video yang terhapus bisa cara artikel sebelumnya cara mengembalikan foto yang terhapus.

Kesimpulan

Dengan melakukan backup data Android secara teratur, Sobat bisa menghindari kerugian data yang mungkin terjadi akibat kerusakan perangkat, virus, atau Kesalahan penggunaan.

Jadi kita sudah tahun Ada beberapa cara untuk melakukan backup data Android, mulai dari menggunakan aplikasi backup, kabel USB, akun Google, atau penyimpanan cloud.

Semua metode ini mudah digunakan dan memastikan bahwa data Sobat selalu aman dan dapat diakses kapan saja.

Jadi Backup data sangatlah penting apalagi jika sobat menyimpan data penting di HP Android, lakukan secara teratur untuk menghindari kerugian data.

Saya sarankan Sobat memilih metode backup data yang sesuai dengan kebutuhan, jika sobat lebih banyak waktu bisa menggunakan cara menggunakan USB, jika sobat sibuk silahkan gunakan layanan cloud agar prosesnya lebih mudah karena otomatis.

Dengan menjalankan backup data secara teratur, Sobat akan memiliki keyakinan bahwa data selalu aman dan dapat diakses kapan saja. Jangan biarkan kerugian data menjadi masalah bagi Sobat. Mulailah melakukan backup data sekarang juga!

Apakah bisa backup data Android tanpa koneksi internet?

Ya, Sobat bisa melakukan backup data Android menggunakan kabel USB atau memasukkan data ke kartu SD.

Apakah semua data dapat dibackup menggunakan metode ini?

Setiap metode memiliki batasan yang berbeda-beda. Namun, sebagian besar data seperti foto, video, kontak, dan aplikasi bisa dibackup dengan mudah.

Bagaimana cara mengetahui apakah data sudah terbackup dengan baik?

Sobat bisa membuka aplikasi backup data atau penyimpanan cloud dan memeriksa apakah data sudah terbackup dengan benar.

Apakah data yang dibackup dapat dibuka di perangkat lain?

Ya, data yang dibackup dapat dibuka di perangkat lain yang menggunakan akun yang sama.

Apakah ada biaya untuk melakukan backup data Android?

Beberapa aplikasi backup memerlukan biaya untuk fitur premium, namun beberapa metode seperti menggunakan kabel USB atau akun Google gratis walaupun dengan batasan kapasitas penyimpanan.



Dapatkan berita teknologi terkini dari AndroidPonsel.com, pusat info tech paling update! Ikuti kami di Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks