Cara Kirim File APK via WhatsApp dengan Mudah

Cara Kirim Aplikasi lewat WhatsApp

Guys, pernah nggak kalian merasa kesulitan saat ingin mengirim file APK melalui WhatsApp? Seperti yang kita tahu, WhatsApp memang tidak memiliki fitur bawaan untuk mengirim aplikasi Android yang terinstal di HP. Tapi tenang saja, ada cara yang bisa dilakukan untuk mengirim file APK via WhatsApp. Yuk, kita bahas caranya secara lengkap di sini!

WhatsApp: Bukan Hanya untuk Komunikasi

WhatsApp memang aplikasi andalan untuk komunikasi. Dari video call, voice call, hingga pesan teks, semuanya bisa dilakukan dengan mudah. Selain itu, kita juga bisa mengirim foto beresolusi tinggi, video, dan dokumen lainnya. Sayangnya, WhatsApp tidak memungkinkan kita mengirim aplikasi yang terinstal di ponsel secara langsung. Tapi jangan khawatir, ada cara mengakalinya dengan menjadikan aplikasi tersebut menjadi file APK atau installer mentah.

Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Langkah Mudah Kirim File APK via WhatsApp

Untuk mempermudah Sobat mengirimkan file APK lewat WA, kami akan mengulas langkah mudah menggunakan aplikasi pihak ketiga. Cara ini cukup sederhana dan efektif untuk mengirim aplikasi yang terinstal di ponsel Android kalian.

Menggunakan ES File Explorer File Manager

Cara pertama adalah menggunakan aplikasi ES File Explorer File Manager. Aplikasi ini memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah mengonversi aplikasi yang sudah terinstal di HP menjadi file APK yang bisa dikirim melalui WhatsApp.

  1. Download dan Instal ES File Explorer File Manager
    Pertama-tama, download aplikasi ES File Explorer File Manager dari Play Store dan instal di perangkat kalian.
  2. Buka Aplikasi dan Setujui Kebijakan Privasi
    Setelah instalasi, buka aplikasi dan klik “Agree and Continue” atau baca kebijakan privasinya terlebih dahulu jika diperlukan.
  3. Mulai Menggunakan Aplikasi
    Klik “START NOW” untuk mulai menggunakan aplikasi.
  4. Cari Aplikasi yang Ingin Dikirim
    Setelah masuk ke halaman utama, klik “APP” dan cari aplikasi yang ingin kalian kirim. Pilih aplikasi tersebut dengan menekannya hingga muncul menu di bagian bawah layar.
  5. Pilih Opsi Share dan Kirim via WhatsApp
    Pilih “Share” dan pilih WhatsApp sebagai media pengiriman. Cari kontak yang ingin kalian kirimkan aplikasi tersebut dan tekan “Send”.

Menggunakan APK Extractor

Selain ES File Explorer, kalian juga bisa menggunakan aplikasi lain seperti APK Extractor. Aplikasi ini berfungsi untuk menjadikan aplikasi di handphone Android menjadi file APK yang tersimpan di microSD dan dapat dikirim ke perangkat lain.

  1. Download dan Instal APK Extractor
    Download APK Extractor dari Play Store dan instal di perangkat kalian.
    Download di sini<<
  2. Buka Aplikasi dan Pilih Aplikasi yang Ingin Dikirim
    Setelah instalasi selesai, buka aplikasi tersebut. Pilih aplikasi yang akan dikirim melalui WhatsApp, tekan dan tahan aplikasi lalu pilih opsi “Share”.
  3. Kirim Melalui WhatsApp
    Pilih “Share via WhatsApp” dan tentukan kontak yang ingin kalian kirimkan aplikasi tersebut.

Dengan APK Extractor, kalian bisa mengekstrak aplikasi yang sudah terinstal di HP Android dan menjadikannya file APK yang kemudian tersimpan di Kartu SD. Ini memudahkan kalian untuk mengirimnya ke orang lain melalui WhatsApp.

Akhir Kata

Guys, pada dasarnya cara kirim file APK lewat WhatsApp itu mudah. Keduanya, baik menggunakan ES File Explorer atau APK Extractor, memiliki langkah yang hampir sama. Intinya, kita harus mengubah aplikasi yang ada di HP menjadi file APK installer. Setelah itu, kita bisa mengirimnya melalui WhatsApp dengan fitur attachment dokumen. Semoga tutorial ini bermanfaat dan memudahkan kalian dalam mengirim file APK via WhatsApp. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Update Terbaru Langsung! OK No thanks