Cara Mematikan Centang Biru WhatsApp untuk Lebih Privasi

whatsapp centang biru

Hei, Sobat! Baru saja upgrade ponsel dan berhasil memindahkan semua data WhatsApp ke HP baru menggunakan tips dari artikel kita sebelumnya? Bagus banget! Nah, selain memindahkan data, ada satu hal lagi yang bisa Sobat optimalkan di WhatsApp Sobat, yaitu fitur centang biru.

Centang biru di WhatsApp sering jadi tanda bahwa pesan yang Sobat kirim sudah dibaca oleh penerima. Tapi, apa Sobat tahu bahwa fitur ini bisa dimatikan? Yap, fitur ini bisa Sobat nonaktifkan untuk menambah tingkat privasi Sobat. Bisa jadi, ini fitur yang Sobat butuhkan, terutama jika Sobat sering merasa terbebani untuk cepat membalas pesan atau mungkin Sobat ingin menikmati liburan tanpa gangguan notifikasi.

Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Simak terus artikel ini untuk mengetahui cara mematikan centang biru di WhatsApp dan apa saja kelebihan serta kekurangannya. Dijamin, tips ini bakal membuat pengalaman ber-WhatsApp-an Sobat makin maksimal!

Langkah Mudah Menghilangkan Centang Biru

Jangan khawatir, Sobat! Menyembunyikan centang biru di WhatsApp itu sesederhana membalik telapak tangan. Nah, berikut langkah-langkahnya yang udah kita detilin biar Sobat lebih paham:

1. Buka Aplikasi WhatsApp Sobat

Mulai dengan membuka aplikasi WhatsApp dari ponsel Sobat. Pastikan dulu kalau aplikasi ini udah terinstall dan Sobat udah login, ya! Kalau belum, segera download dari Google Play Store atau App Store.

2. Akses Menu Opsi

opsi whatsapp centang biru

Setelah aplikasi terbuka, Sobat akan disambut oleh interface atau tampilan utama yang biasanya menunjukkan daftar chat atau percakapan Sobat. Nah, di pojok kanan atas ada ikon tiga titik vertikal, itu loh yang kita maksud dengan ‘Menu Opsi’. Klik ikon itu untuk membuka pintu gerbang ke segala jenis pengaturan di WhatsApp.

Dengan masuk ke ‘Menu Opsi’, Sobat bisa mengakses berbagai fitur dan settingan menarik selain ‘Privacy’. Jadi, nantinya kalau Sobat mau ubah-ubah setting lain, tinggal balik ke sini aja.

Bagaimana? Makin lengkap kan informasinya? Yuk, lanjut ke langkah berikutnya!

3. Pilih ‘Settings’

Setelah Sobat membuka ‘Menu Opsi’, akan muncul berbagai pilihan mulai dari ‘New group’, ‘Archived’, hingga ‘Settings’. Nah, kita akan fokus pada bagian ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’. Pilih saja opsi itu untuk masuk ke inti dari seluruh settingan WhatsApp.

Di dalam ‘Settings’, Sobat bisa mengubah berbagai hal, lho! Mulai dari mengedit profil, mengatur notifikasi, hingga backup chat. Tapi, kali ini kita fokus ke cara menyembunyikan centang biru, ya!

4. Temukan ‘Privacy’

privasi whatsapp centang biru

Scroll ke bawah dalam menu ‘Settings’ sampai Sobat menemukan opsi yang bernama ‘Privacy’ atau ‘Privasi’. Biasanya, opsi ini ada di bawah ‘Account’ dan di atas ‘Two-step verification’. Klik aja ‘Privacy’ itu untuk masuk ke pengaturan yang lebih detail.

Di menu ‘Privacy’, Sobat akan menemukan berbagai opsi pengaturan yang berkaitan dengan keamanan dan privasi akun Sobat. Ada opsi untuk mengatur siapa saja yang bisa melihat ‘Last Seen’, ‘Profile Photo’, dan tentu saja yang kita cari, ‘Read Receipts’.

5. Geser Toggle di ‘Read Receipts’

laporan dibaca whatsapp centang biru

Nah, akhirnya kita sampai di tahap akhir. Sobat akan melihat opsi “Read Receipts” atau “Laporan Dibaca”. Di sebelah kanan opsi ini, ada sebuah toggle atau tombol geser. Geser toggle ini ke posisi kiri untuk menonaktifkan fitur centang biru. Dan voila! Centang biru pun langsung hilang, sekarang Sobat bisa membaca pesan tanpa diketahui oleh pengirim.

Kelebihan dan Kekurangan Mematikan Centang Biru di WhatsApp

Sudah tau kan, Sobat, gimana caranya mematikan centang biru di WhatsApp? Tapi tunggu dulu, sebelum Sobat memutuskan untuk mematikan fitur ini, yuk kita bahas dulu apa sih kelebihan dan kekurangannya. Biar Sobat bisa makin bijak dalam memilih opsi ini.

Kelebihan Mematikan Centang Biru

Nah, ini dia beberapa kelebihan yang bisa Sobat nikmati!

1. Lebih Privasi

Dengan mematikan centang biru, Sobat bisa membaca pesan tanpa khawatir pengirim mengetahuinya. Bagus nih, buat yang suka butuh waktu buat mikirin balasan.

2. Kurang Tekanan

Sering merasa terbebani buat segera membalas pesan gara-gara centang biru? Kalau matiin fitur ini, Sobat bisa lebih santai.

3. Tidak Ada ‘Drama’

Tau kan, drama yang timbul karena centang biru tapi nggak dibalas? Nah, dengan mematikan fitur ini, drama bisa dihindari.

Kekurangan Mematikan Centang Biru

Tapi ingat, Sobat, setiap pilihan pasti ada konsekuensinya. Ini dia kekurangannya:

1. Sobat Juga Nggak Bakal Tau

Kalau Sobat matikan centang biru, Sobat juga nggak akan bisa lihat centang biru dari pengirim lain. Jadi, Sobat juga nggak akan tau kapan pesan Sobat dibaca.

2. Bisa Jadi Bikin Curiga

Pasangan atau teman mungkin jadi curiga kenapa Sobat matikan fitur ini. Ada apa-apa, gitu loh!

3. Hilangnya Fungsi Monitoring

Centang biru juga berfungsi sebagai tanda untuk monitoring, misalnya dalam grup kerja. Jika Sobat mematikan, fitur ini jadi nggak bisa dimanfaatkan.

Nah, itu tadi plus-minus mematikan centang biru di WhatsApp. Jadi, Sobat udah tau kan, pilihan mana yang terbaik buat Sobat? Ingat, setiap pilihan itu pasti ada risikonya. Selamat memutuskan, ya!

Kesimpulan

Jadi, Sobat, sudah jelas kan kelebihan dan kekurangannya mematikan centang biru di WhatsApp? Di satu sisi, mematikan fitur ini bisa memberi Sobat kebebasan dan privasi lebih. Sobat jadi nggak perlu terbebani untuk cepat-cepat membalas pesan dan bisa hindari drama yang nggak perlu. Tapi, di sisi lain, fitur ini juga punya fungsinya sendiri, lho, terutama buat memonitor interaksi dan mengetahui status pesan.

Sekarang, keputusan ada di tangan Sobat. Mau tetap mematikan centang biru untuk kebebasan lebih, atau membiarkannya aktif untuk kejelasan komunikasi? Yang jelas, pilihan Sobat akan menentukan bagaimana Sobat berinteraksi di WhatsApp. Jadi, bijak-bijaklah dalam memilih, ya!

Semoga artikel ini bisa membantu Sobat dalam membuat keputusan. Selamat ber-WhatsApp ria!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Update Terbaru Langsung! OK No thanks