Cara Memilih Kamera HP yang Bagus, Panduan Sebelum Membeli

kamera hp

Fitur kamera HP merupakan salah satu poin penting yang paling diperhatikan saat ingin membeli sebuah HP. Meskipun sebuah HP memiliki banyak fitur-fitur canggih, terkadang seseorang tidak jadi membelinya karena spesifikasi kamera HP yang disematkan padanya dianggap rendah.

Wajar sih, karena keberadaan kamera HP saat ini sangat dibutuhkan untuk berbagai kebutuhan, baik pengambilan foto maupun video dengan berbagai tujuan.  Terlebih lagi jika Kamu aktif di media sosial yang tentunya butuh untuk sering berbagi foto ataupun video menarik dari hasil tangkapan kamera HP.

Spesifikasi HP berhubungan erat dengan fitur-fitur yang disematkan pada kameranya. Terkait hal ini, ada beberapa fitur kamera yang keberadaannya sangat penting. Kamu mesti memastikan fitur-fitur tersebut ada pada kamera HP yang akan dibeli. Apa sajakah fitur-fitur tersebut? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

9 Fitur Penting yang Harus Ada Pada Kamera HP

memilih kamera hp

1. Ada Fitur Autofocus

Keberadaan fitur autofocus pada sebuah HP sangat penting. Bahkan, bisa dikatakan sebagai salah satu fitur wajb yang harus ada. Sebab, keberadaannya sangat membantu kamera ponsel dalam menghasilkan foto yang bagus.

Dengan fitur ini, kamera HP dapat mengunci atau memfokuskan objek yang disorot oleh kamera. Oleh karena itu, jika fitur ini tidak ada, tentu hasil jepretan kamera akan terlihat buram dan tidak jelas untuk dilihat.

Ukuran megapiksel yang besar pada kamera sebuah ponsel bukan satu-satunya faktor penentu kualitas hasil jepretan. Tetap saja hasilnya akan mengecewakan jika tidak didukung oleh fitur autofocus.

2. Perhatikan Aperture

Pada kamera HP terdapat lubang kecil yang keberadaannya memungkinkan cahaya dari luar ikut masuk ke dalam lensa kamera. Nah, lubang kecil itu disebut aperture. Oleh karena itu, aperture ini sangat berperan penting dalam membantu menghasilkan kualitas foto terbaik.

Dengan adanya aperture, dimensi foto dengan latar belakang sedikit kabur bisa ditambahkan. Sehingga, Kamu tetap bisa mendapatkan hasil tangkapan gambar yang baik, meskipun dalam kondisi minim cahaya.

Baca juga: Pasti Berhasil! Cara Mengatasi Kamera HP Yang Tidak Berfungsi

3. Memiliki LED Flash

Keberadaan fitur LED Flash pada kamera ponsel juga sangat penting. Oleh karena itu, pastikan fitur ini ada pada kamera HP yang akan di beli. Selain itu perhatikan juga bagaimana pencahayaan yang dimilikinya.

Mengapa keberadaannya sangat penting? Jawabannya karena ketika Kamu ingin memotret sebuah obyek di dalam ruangan dengan pencahayaan kurang, maka fitur LED Flash akan membuat menjadikan hasil jepretan lebih cerah.

4. Memiliki Kualitas Rekaman 4K

Cara memilih kamera HP yang bagus berikutnya adalah dengan memerhatikan keberadaan fitur rekaman 4K padanya. Pastikan fitur ini terdapat pada kamera HP yang akan Kamu beli. Sebab, fitur tersebut akan sangat mendukung aktivitas Kamu dalam membuat video.

Jika sebelumnya video berkualitas HD (1080p) dianggap terbaik, maka kualitas video yang dihasilkan dengan kamera yang memiliki fitur 4K lebih tajam dan jernih lagi. Oleh karena itu, keberadaan fitur ini tidak bisa dianggap sepele.

5. Fitur HDR                                                                          

Keberadaan fitur HDR (High Dynamic Range) pada sebuah kamera juga sangat penting. Maka dari itu, ketika Kamu ingin memiliki HP dengan kamera berkualitas, pastikan fitur ini ada di dalamnya.

Fitur HDR akan membantu kamera mengambil gambar dengan jangkauan pencahayaan yang luas dan dinamis, dibandingkan kamera HP yang tidak memiliki fitur HDR.

Jika Kamu melakukan jepretan pada sebuah obyek dengan menggunakan mode HDR, kamera akan mampu melakukan jepretan secara bersamaan dengan pencahayaan yang berbeda. Setelah itu, semua hasil jepretan tadi akan digabungkan menjadi satu foto dan hanya akan memilih bagian foto terbaik saja untuk setiap foto yang diambil.

Oleh karena itu, tidak perlu heran jika kamera HP membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk melakukan penangkapan gambar ketika Kamu mengaktifkan fitur HDR pada kamera.

Baca juga: Cara Menampilkan Tanggal Pada Hasil Jepretan Kamera Android

6. Fitur Sensor

Keberadaan fitur sensor pada kamera HP juga turut memegang peranan penting dalam menghasilkan hasil jepretan yang baik. Oleh karena itu, salah satu cara memilih kamera HP yang bagus adalah dengan memastikan fitur ini terdapat pada kamera HP yang ingin dibeli.

Kamu tentu tahu kalau resolusi kamera yang terdapat pada Apple iPhone terbilang “rendah” jika dibandingkan resolusi sebesar 48MP atau lebih pada Hp Android. Tapi faktanya, hasil tangkapan gambar kamera iPhone justru lebih baik.

Mengapa bisa demikian? Jawabannya terletak pada kualitas sensor yang digunakan. Pasalnya, Apple iPhone menggunakan sensor berkualitas tinggi pada ponsel terbaru yang dirilisnya. Sebagai contoh iPhone 13 Pro Max, di mana sensor yang disematkan padanya adalah Sony IMX 7-series yang ketangguhannya tidak perlu diragukan lagi.

Sayangnya, tidak mudah mencari tahu kualitas sensor yang digunakan pada sebuah produk HP karena jarang dicantumkan pada spesifikasi. Sebelum membelinya, Kamu bisa mencari tahu tentang hal itu dari berbagai ulasan di internet, atau mengecek langsung pada orang yang sudah menggunakannya.

7. Fitur Zoom

Jika Kamu memiliki hobi memotret obyek dari jarak jauh, maka keberadaan fitur zoom merupakan hal yang sangat penting. Oleh karena itu, pastikan fitur ini terdapat pada HP yang akan Kamu beli.

Tapi sebelum itu, Kamu perlu ketahui bahwa zoom terbagi 2, yaitu digital dan optikal. Keduanya sangat memberikan pengaruh pada kualitas jepretan yang dihasilkan nantinya. Oleh karena itu, sebaiknya Kamu mengetahui jenis zoom yang disematkan pada kamera HP tersebut.

8. Fitur OIS

Cara memilih kamera HP yang bagus berikutnya adalah dengan memastikan adanya fitur OIS padanya. Tapi sebelumnya, apakah yang dimaksud dengan OIS?

Perlu diketahui bahwa OIS adalah singkatan dari Optical Image Stabilizer atau Optical Image Stabilization. Fungsi utamanya adalah menstabilkan gambar. Saat Kamu ingin melakukan penangkapan gambar atau video menggunakan kamera HP, fitur ini akan memastikan kalau hasil tangkapan gambar  atau video tetap stabil.

Fitur OIS ini ditempatkan pada lensa kamera. Keberadaannya sangat penting dalam membantu menghindari hasil foto dan video yang terlalu banyak goyang.

9. Slow-motion Video

Jika Kamu seorang videografer atau orang yang aktif berbagi video buatan sendiri di media sosial, tentu keberadaan fitur Slow-motion video pada kamera HP yang akan digunakan sangatlah penting. Sebab dengan fitur ini, Kamu mampu merekam video gerak lambat. Untuk pembuatan video dengan adegan yang sinematis, fitur ini sangat dibutuhkan.

Keberadaan fitur ini memungkinkan kamera HP menghadirkan rekaman video dengan obyek yang bergerak 32 kali lebih lambat dibandingkan video normal. Jika Kamu sering membuat video dengan adegan lambat, tentu keberadaan fitur slow-motion sangat dibutuhkan.

Memahami Spesifikasi Kamera HP

Selain fitur kamera yang juga harus diperhatikan, kamu juga wajib mengetahui dan memahami spesifikasi kamera dari HP tersebut. Karena ini adalah faktor yang sangat penting untuk dapat memilih kamera HP yang bagus dan berkualitas.

Berikut adalah rincian spesifikasi kamera yang harus kamu pahami:

Resolusi Kamera

Resolusi kamera sering kali diukur dalam satuan megapixel (MP). Secara umum, resolusi yang lebih tinggi dapat menghasilkan detail gambar yang lebih baik. Namun, resolusi bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan kualitas gambar. Faktor lain seperti sensor dan lensa juga berperan penting.

Aperture atau Bukaan Lensa

Aperture atau bukaan lensa menunjukkan seberapa besar lensa dapat membuka untuk membiarkan cahaya masuk. Nilai aperture ditulis dalam format f/n, seperti f/1.8 atau f/2.2. Semakin kecil angka setelah ‘f’, semakin besar bukaannya, yang berarti lebih banyak cahaya yang bisa masuk. Ini sangat penting, terutama dalam kondisi pencahayaan rendah.

Sensor Kamera dan Pixel Size

Sensor kamera dan ukuran pixel juga sangat memengaruhi kualitas gambar. Sensor yang lebih besar biasanya dapat menangkap lebih banyak cahaya, yang berarti menghasilkan gambar dengan kualitas lebih baik. Demikian pula, pixel yang lebih besar dapat menangkap lebih banyak informasi, yang berarti lebih baik dalam menangkap detail dan rentang dinamis.

Optical Image Stabilization (OIS) dan Electronic Image Stabilization (EIS)

Stabilisasi gambar dapat membantu mengurangi goyangan dan getaran saat mengambil foto atau video. OIS bekerja dengan memindahkan lensa atau sensor untuk menyeimbangkan getaran, sedangkan EIS menstabilkan gambar secara digital.

Lensa Lebar (Wide) dan Telefoto

Beberapa kamera HP sekarang dilengkapi dengan lebih dari satu lensa. Lensa lebar memungkinkan Kamu menangkap lebih banyak area dalam satu bingkai, sedangkan lensa telefoto memungkinkan Kamu memperbesar subjek tanpa kehilangan detail. Memahami perbedaan antara lensa ini dapat membantu Anda memilih kamera HP yang sesuai dengan kebutuhan Kamu.

Nah itu adalah spesifikasi kamera HP yang penting yang wajib kamu pahami sebelum memilih kamera hp yang berkualitas.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda terhadap kamera HP, dan jenis fotografi yang ingin dipraktikkan juga mempengaruhi pilihan kamera. Berikut ini beberapa jenis fotografi dan apa yang perlu Kamu pertimbangkan:

Fotografi Landscape

Jika Kamu suka mengambil foto pemandangan, kamera HP dengan lensa lebar atau ultra-lebar akan sangat membantu. Fitur seperti HDR juga sangat berguna untuk menangkap detail di area terang dan gelap sekaligus.

Fotografi Potret

Untuk fotografi potret, mode potret yang bisa memberikan efek ‘bokeh’ atau latar belakang yang kabur dapat menjadi pertimbangan. Selain itu, sensor dengan pixel besar dan aperture lebar juga akan membantu dalam kondisi pencahayaan yang kurang.

Fotografi Makro

Jika Kamu suka mengambil foto detail kecil seperti serangga atau tekstur daun, kamera dengan lensa makro atau fitur super close-up akan sangat berguna.

Videografi

Untuk Kamu yang suka merekam video, penting untuk memperhatikan fitur stabilisasi gambar seperti OIS atau EIS. Resolusi video, seperti apakah kamera dapat merekam dalam 4K atau hanya 1080p, juga perlu dipertimbangkan. Beberapa kamera juga menawarkan fitur slow motion atau time lapse.

Penutup

Demikianlah cara memilih kamera HP yang bagus pada postingan kali ini. Semoga bisa memberikan gambaran terkait tips dan mendapatkan kamera hp yang sesuai dengan keinginan kamu.

Penting di catat, selain menyesuaikan dengan kebutuhan, kamu juga harus menyesuaikan dengan buget yang kamu miliki ya.



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Informasi Lebih cepat!

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks