Cara Memperbaharui Versi Android Agar Kinerja Lebih Baik

Memperbarui Android

Bagi pengguna smartphone, terjadinya pembaruan versi Android yang disematkan pada ponsel tersebut merupakan hal yang biasa. Tujuan utamanya adalah meningkatkan keamanan pada perangkat yang digunakan.

Selain dari segi peningkatan keamanan, tentu saja masih banyak manfaat lainnya yang didapatkan dari pembaruan tersebut, di antaranya adalah memperbaiki bug, memperbarui tampilan antarmuka perangkat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Lantas bagaimanakah cara memeriksa dan memperbaharui versi Android terbaru di smartphone pengguna dan cara melakukan pembaruan? Yuk simak detail tata caranya di bawah ini.

Cara Memeriksa Versi Android Ponsel

pengaturan android
Pengaturan smartphone Android

Jika sobat ingin memeriksa versi Android terbaru pada perangkat smartphone yang digunakan, ikuti saja langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini :

1. Buka Pengaturan

Langkah paling pertama yang perlu dilakukan adalah mengambil smartphone yang ingin dicek versi Android-nya. Selanjutnya, bukalah bagian ‘Pengaturan’ di smartphone tersebut.

2. Buka About Phone

Setelah bagian ‘Pengaturan’ terbuka, selanjutnya sobat hanya perlu menggulir ke bawah sampai menemukan opsi yang disebut ‘About phone’. Nah, coba ketuk atasnya. Jika opsi ini tidak ada, sobat bisa coba menekan opsi seperti ‘Sistem’ atau yang serupa.

3. Lihat Tentang Ponsel

Setelah sobat membuka opsi di atas, maka akan muncul laman ‘Tentang ponsel’. Nah, di laman tersebut sobat bisa melihat semua detail Android yang sedang beroperasi di perangkat tersebut. Misalnya, nomor versi dan informasi firmware produsen perangkat, level patch keamanan Android, versi baseband, versi kernel, dan nomor build, dan semisalnya.

Beberapa tahun yang lalu Google menamai versi Android dengan nama makanan penutup atau makanan manis. Tapi sekarang, versi Android yang tertera cuma berupa angka. Oleh karena itu, smartphone Android keluaran sekarang hanya menyertakan versi Android dalam bentuk nomor.

Cara Memperbarui Versi Android

Memperbarui Versi Android

Jika ingin memperbaharui terhadap versi Android yang berjalan di smartphone sobat, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini :

1. Buka Pengaturan

Langkah paling pertama yang perlu sobat lakukan adalah membuka bagian ‘Pengaturan’ di smartphone tersebut. Tidak sulit kok untuk menemukan bagian tersebut di smartphone yang sobat gunakan.

2. Buka System

Setelah bagian ‘Pengaturan’ terbuka, gulirlah ponsel ke bawah sampai menemukan opsi ‘System’. Nah, coba ketuk atasnya.

3. Buka Pembaruan System

Langkah selanjutnya yang perlu sobat lakukan adalah mengetuk opsi ‘Pembaruan sistem’. Pada sebagian perangkat, opsi tersebut mungkin disebut dengan ‘Pembaruan perangkat lunak’ atau malahan dicantumkan secara langsung pada tampilan Pengaturan utama .

4. Cek Ketersediaan Pembaruan

Langkah selanjutnya yang perlu sobat lakukan setelah mengetuk ‘Pembaruan sistem’ adalah melihat dan memastikan apakah pembaruan tersedia atau tidak.

Jika tidak ada pembaruan, pertanda perangkat sobat sudah menggunakan versi Android terbaru. Jika ada pembaruan, sobat hanya perlu mengunduh dan memasangnya. Dalam hal ini, sobat hanya perlu mengikuti petunjuk yang tertera di layar.

Bagaimana, ternyata cara memeriksa versi Android dan melakukan pembaruan sangat mudah bukan? Dijamin sobat bisa melakukannya dengan mudah, bahkan meskipun mungkin ada sedikit perbedaan disebabkan merk smartphone yang digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks