4 Cara Test Kecepatan Internet IndiHome Yang Akurat

cara speed test indihome

Test Kecepatan Internet IndiHome adalah salah satu cara terbaik mengetahui seberapa cepat akses internet yang sobat dapatkan.

Jika sobat menggunakan Internet dengan profider IndiHome tentu kalian pasti kepo dong sebenarnya berapa sih kecepatan yang kita dapatkan dari layanan tersebut? Tentunya akan semakin cepat kecepatan internet tersebut, semakin cepat pula load website ataupun streaming video yang akan kita jalankan.

Tapi sobat juga harus tahu, bahwa kecepatan yang kita dapatkan berpengaruh dengan paket internet yang kita sewa. Jangan berharap sewa 10Mbps tapi berharap mendapatkan 20Mbps ya.

Indihome adalah penyedia layanan Internet terbesar plat merah di Indonesia, karena produk layanan ini milik Telkom Indonesia selaku induk perusahaannya. Tak heran IndiHome sudah dapat menjangkau beberapa daerah terpencil, karena memang infrastruktur yang mereka punya sudah lebih luas dari pada pesaingnya dari pihak swasta seperti Frist media atau BizNet.

Apa saja sih Pilihan Paket IndiHome

Paket Internet IndiHome
Harga paket ini mungkin sudah berbeda di tahun ketika sobat membaca

Sebelum mengetahui test speed IndiHome alahkah baiknya kita mengetahui, paket apa sih yang menjadi pembelian yang kita lakukan.

Berdasarkan pantauan kami melalui website resminya. Layanan Internet Telkom ini hadir dengan beberapa paket bernama 1P, 2P dan 3P. Paket ini menandakan kelengkapan apa yang akan didapatkan oleh pelanggan.

Misal 1 P hanya internet saja, 2 P Internet + TV dan 3P Internet + TV + Telpon rumah. Selain itu juga ada paket gamer yang memang direkomendasikan untuk sobat para pemain game. Untuk detailnya silahkan lihat di website indihome.co.id.

Paket Sesuai Kecepatan Internet IndiHome

Untuk melakukan cek kecepatan internet IndiHome kalian harus pastikan sudah mendaftarkan di paket kecepatan Internet yang mana.

Karena di Layanan IndiHome ada banyak pilihan untuk kecepatan Internet, antaralain; 10Mbps, 20 Mbps, 30 Mbps, 40 Mbps, 50 Mbps sampai 100 Mbps.

Jadi untuk memastikan Sobat tidak merasa di curangi kalian harus tau paket yang kalian pilih, lalu test kecepatannya apakah sesuai dengan layanan yang kalian beli atau tidak. Nah untuk cara melakukan pengetesannya kalian bisa lihat di bawah ini.

Cara Test Speed Indihome Menggunakan SpeedTest

Alat ini beralamat di speedtest.net yang mana merupakan platform untuk melakukan uji kecepatan internet dari berbagai profider, tidak hanya Indihome tapi juga termasuk Firstmedia, MNC Play, Oxygen dan lain sebagainya.

Pada cara ini Sobat bisa menggunakan HP ataupun PC/Laptop untuk dapat mengukur kecepatan speed Internet dari IndiHome. Berikut adalah caranya;

  1. Pertama Buka terlebih dahulu website speedtest.net
  2. Kalian akan melihat layanan test speed internet, dan web tersebut akan mendeteksi profider yang kalian gunakan. Selanjutnya klik “GO” atau “PERGI” untuk mulai melakukan test speed.
  3. Harap bersabar sampai proses selesai ya. Karena ini akan ada dua proses yaitu test kecepatan uploud dan download
  4. Setelah selesai halaman akan berganti dengan hasil uji test speed IndiHome yang kalian lakukan. Hasilnya akan menujukan kecepata download dan juga upload. Biasanya hasil kecepatan internet yang muncul lebih besar adalah kecepatan download, sementara kecepatan uploud akan lebih kecil
  5. Setelah mengetahui hasilnya, sobat bisa cocokan dengan paket yang dimiliki, apakah sesuai atau tidak. Kalau tidak sesuai kalian bisa melakukan komplain.
Hasil Test Speed Internet
Hasil Test Speed Internet Frist Media

Gambar tangkap layar di atas, adalah hasil uji kecepatan. Hasilnya menunjukan bahwa kecepatan download lebih cepat daripada kecepatan uploud.

Selain itu dalam gambar terdapat hasil ping. Sebagai informasi, semakin kecil ping, akan menghasilkan kecepatan internet yang semakin cepat begitu juga sebaliknya, jika ping besar internet akan semakin buruk atau lambat.

Baca juga: Cara Login Admin Indihome Semua Tipe (Fiberhome, ZTE, dan Huawei)

Test Speed Indihome & First Media Menggunakan Layanan Google

Sebagai informasi Google telah mengeluarkan layanan untuk melakukan uji kecepatan internet. Perusahaan raksasa internet ini bekerja sama dengan M-Lab menghadirkan fitur untuk melakukan pengecekan dari kecepatan internet profider termasuk di Indonesia.

Jika Sobat ingin mengetahui caranya, kalian dapat melihat caranya di bawah ini:

  • Pertama buka Google.co.id dan cari menggunakan kata kunci “Internet Speed Test” atau bisa juga “Uji Kecepatan Internet”
Test Speed Test Internet
Tampilan gambar setelah mencari kata kunci “uji kecepatan internet” di Google
  • Setelah itu klik “Jalankan Uji Kecepatan” Nantinya akan ada laman pop-up untuk melihat proses speed test internet baik itu profider IndiHome ataupun fristmedia atau bahkan lainnya.
  • Tunggu beberapa saat, nanti akan keluar hasil dari uji kecepatan internet dari layanan Google tersebut
Uji kecepaatan internet Indihome

Hasilnya akan berbeda dari cara menggunakan speedtest.net dengan layanan Google.

Hal ini karena server pengujjian yang berbeda, kalau speedtest menggunakan server terdekat, dan kalian bisa ubah server pengetesannya, sedangkan Google menggunakan server yang ada di Singapore. Walaupun demikan hasilnya tidak akan terlalu jauh berbeda ya.

Baca juga: Cara Menampilkan Kecepatan Internet Speed Meter Android

Test Kecepatan Internet IndiHome dengan Aplikasi

speedtest by OoKla

Sekarang ini sudah banyak aplikasi yang memiliki kemampuan untuk test kecepatan internet dari berbagai profider termasuk IndiHome.

Salah satunya adalah aplikasi Speedtest by Ookla yang gratis di Google Play Store. Silahkan sobat untuh terlebih dahulu aplikasinya. Berikut langkah-langkah menggunakan aplikasi test speed Indihome.

  1. Instal aplikasi Speedtest by Ookla sesuai dengan perangkat, jika Android download di Play Store, jika Apple download di Apps Store.
  2. Buka Aplikasi.
  3. Lakukan pengaturan awal seperti memberikan izin lokasi hingga telepon.
  4. Kemudian masuk ketampilan utama, sobat hanya perlu menekan Tombol “Go” atau “Pergi”.
  5. Tunggu sampai test selesai.
  6. Hasilnya sobat akan melihat kecepatan internet download dan juga upload.

Sebagai informasi, aplikasi Aplikasi Speedtest by Ookla bisa untuk berbagai OS seperti Android, iOS (Apple), Mac OS, dan juga PC Windows. Untuk Os lain bisa melalui laman websitenya di speedtest.net.

Sebenarnya masih banyak cara cek kecepatan internet tanpa aplikasi lainnya, tapi dari cara di atas saja sobat sudah dapat mengetahui kecepatan internet yang digunakan.

Test Kecepatan Internet untuk Profider Lainnya

Di atas kami menjelaskan test speed internet dari Indihome, sebenarnya cara ini bisa untuk layanan internet dari perusahaan lainnya seperti Frist Media, MNC Play, MyRepublic, atau bahkan BizNet.

Karena pada intinya tools ini berfungsi untuk melakukan test kecepatan internet tersebut secara umum. Semoga saja informasi ini dapat bermanfaat.



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ikuti Kami di WhatsApp Channel

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks