Cara Verifikasi YouTube Melalui Laptop: Panduan Lengkap di 2023

cara Verifikasi YouTube Melalui Laptop

Hey, Sobat YouTuber! Apakah kamu sudah punya channel YouTube tapi belum tahu cara verifikasinya? Atau, mungkin kamu baru aja bikin channel dan pengin segera monetize? Tenang, kamu nggak sendirian! Hari ini kita bakal bahas “Panduan lengkap verifikasi akun YouTube via laptop”. Yuk, simak baik-baik!

Kenapa Harus Verifikasi YouTube?

Nah, guys, mari kita bahas lebih detail soal “Mengapa harus verifikasi YouTube di laptop?”. Pertama-tama, kita harus paham bahwa verifikasi ini bukan cuma “tamasya” belaka atau sekadar centang biru di profile kamu. Ini lebih dari itu!

Fitur Eksklusif untuk Kamu

Pernah nggak sih, kamu pengin menggunakan fitur tertentu di YouTube tapi terhalang karena akunmu belum terverifikasi? Nah, dengan verifikasi, pintu menuju semua fitur eksklusif ini akan terbuka lebar. Misalnya, kamu bisa menambahkan custom thumbnails, atau bahkan mengaktifkan Super Chat saat live streaming. Keren, kan?

Monetisasi Channel

Yap, ini yang ditunggu-tunggu! Kalau kamu serius ingin menghasilkan uang dari YouTube, verifikasi adalah salah satu syarat utamanya. Tanpa verifikasi, fitur monetisasi nggak akan bisa diaktifkan. Jadi, kamu nggak akan bisa meraup dollar dari iklan, sponsorship, atau channel membership.

Keamanan Ekstra

Pernah dengar cerita soal akun YouTube yang dihack? Dengan verifikasi, YouTube bisa lebih memastikan bahwa akun yang sedang digunakan memang milikmu. Ini penting untuk mencegah akses ilegal yang bisa merugikan kamu nantinya.

Durasi Video Tanpa Batas

Sebelum verifikasi, durasimu untuk upload video dibatasi, biasanya nggak boleh lebih dari 15 menit. Setelah verifikasi? Sky is the limit! Kamu bisa upload video sepanjang apapun sesuai keinginanmu.

Kredibilitas dan Otoritas

Akun yang sudah terverifikasi juga lebih mudah dipercaya oleh penonton atau brand yang ingin berkolaborasi. Orang akan tahu bahwa channelmu dikelola secara serius, bukan bot atau spam yang bisa membahayakan.

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa verifikasi akun YouTube itu bukan cuma penting, tapi hampir wajib kalau kamu serius ingin jadi YouTuber sukses.

Persiapan Awal: Punya Akun YouTube? Kalau Belum, Yuk Buat Sekarang!

Hey Sobat, sebelum kita meluncur ke “Langkah-langkah verifikasi YouTube di laptop”, ada satu hal yang harus kita pastikan: kamu sudah punya akun YouTube, kan? Kalau belum, jangan khawatir! Prosesnya nggak rumit kok, dan yang pasti cepat. Berikut adalah langkah-langkah simpelnya:

Masuk ke Situs YouTube

  1. Buka YouTube di browser laptopmu. Pastikan koneksi internetmu stabil ya, biar prosesnya lancar.

Pilih Opsi Login

  1. Klik “login” di pojok kanan atas. Ini adalah langkah pertama menuju pembuatan akun YouTube-mu.

Buat Akun Baru atau Gunakan yang Ada

  1. Tekan pilihan “buat akun”. Di sini, kamu akan diminta untuk memasukkan alamat email Google-mu. Kalau sudah punya, tinggal masukkan saja. Kalau belum, ini adalah kesempatan baik untuk membuatnya.

Personal atau Bisnis?

  1. Pilih untuk diri sendiri atau untuk mengelola bisnis. Kalau kamu berencana untuk membuat konten pribadi, pilih “untuk diri sendiri”. Tapi kalau kamu punya rencana bisnis atau brand, pilih “untuk mengelola bisnis”. Ini penting untuk kebutuhan monetisasi dan fitur lainnya nantinya.

Tadaaa! Akun Siap Digunakan

  1. Akun YouTube-mu siap! Setelah ini, kamu bisa mulai upload video, komentar, atau apa pun yang kamu suka.

Nah, mudah kan? Dengan akun YouTube yang sudah aktif, kamu sudah siap untuk melanjutkan ke tahap verifikasi. Selanjutnya, kita akan membahas “Syarat-syarat verifikasi akun YouTube di laptop” dan tentu saja, cara verifikasinya. Stay tuned, Sobat!

Langkah-langkah Verifikasi YouTube di Laptop

Akses Menu Settings

  1. Buka YouTube di browser laptop.
  2. Klik profile di kanan atas, lalu pilih “Settings“.

Masuk ke Bagian Account

  1. Di halaman “Settings“, pilih “Account“, lalu “Channel status and features”.

Mulai Proses Verifikasi

  1. Di kolom “Feature eligibility“, klik “Intermediate features“, lalu “VERIFY PHONE NUMBER“.

Isi Data dan Nomor HP

  1. Isi semua kolom dengan benar, terutama kolom nomor HP. Gunakan nomor yang aktif dan sering kamu gunakan.

Dapatkan dan Masukkan Kode Verifikasi

  1. Cek SMS atau email untuk kode verifikasi dari YouTube.
  2. Masukkan kode tersebut dan tunggu konfirmasi bahwa akunmu berhasil diverifikasi.

Baca juga: Cara Download Lagu Dari Youtube Paling Mudah 

Tips Sukses Melakukan Verifikasi YouTube dengan Laptop

Sudah siap untuk verifikasi YouTube? Tapi tunggu dulu, ada beberapa tips nih yang perlu kamu perhatikan. Kalau nggak mau gagal atau bermasalah saat proses verifikasi, yuk simak “Tips sukses melakukan verifikasi YouTube dengan laptop” berikut ini.

Jaga Koneksi Internet Tetap Stabil

Ini serius, guys. Koneksi internet yang stabil itu kunci dari banyak hal, termasuk saat kamu akan melakukan verifikasi akun YouTube. Bayangin aja, kalau tengah jalan tiba-tiba koneksi putus, bisa-bisa proses verifikasi jadi gagal atau terulang dari awal. Jadi, pastikan kamu berada di area dengan sinyal internet yang kuat atau gunakan Wi-Fi yang stabil.

Gunakan Nomor HP Eksklusif

Saran kedua adalah gunakan nomor HP yang belum pernah digunakan untuk verifikasi akun YouTube lain. Kenapa? Karena YouTube punya kebijakan yang membatasi jumlah akun yang bisa diverifikasi menggunakan satu nomor HP. Jadi, kalau kamu pakai nomor yang sudah pernah digunakan, bisa jadi verifikasi kamu nggak akan berhasil.

Cek dan Cek Lagi Data yang Diisi

Sebelum menekan tombol submit atau ok, pastikan lagi deh semua data yang kamu masukkan sudah benar dan sesuai. Salah ketik atau kelupaan bisa menyebabkan proses ini jadi lebih lama dan ribet, lho.

Siapkan Backup Plan

Ada baiknya kamu siapkan juga alternatif lain, misalnya nomor HP cadangan atau alamat email lain, untuk mengantisipasi jika terjadi masalah. Jangan sampai kesulitan verifikasi justru membuatmu pusing tujuh keliling, kan?

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, proses verifikasi akun YouTube-mu di laptop akan berjalan lebih lancar dan sukses.

Mengatasi Masalah saat Verifikasi YouTube

Sobat YouTuber! Ada yang pernah mengalami masalah saat proses verifikasi YouTube? Nggak usah panik, guys! Berikut ini beberapa solusi untuk “Mengatasi masalah saat verifikasi YouTube di laptop”.

Cek Kondisi Email dan Koneksi Internet

Pertama-tama, pastikan bahwa email Google-mu aktif dan koneksi internetmu stabil. Kedua hal ini adalah komponen vital dalam proses verifikasi. Jika salah satu dari keduanya bermasalah, maka kemungkinan besar verifikasi akan gagal atau tertunda.

Cobalah Metode Cepat

Kalau memang kamu sudah yakin semua syarat terpenuhi tapi masih mengalami masalah, coba deh metode “Cara cepat verifikasi YouTube menggunakan laptop”. Kamu bisa melakukan ini langsung dari situs resmi YouTube. Biasanya, prosesnya lebih straightforward dan minim hambatan.

Restart dan Coba Lagi

Terus terang, kadang masalahnya bisa sepele seperti bug atau glitch sementara. Cobalah untuk logout dari akunmu, tutup browser, buka lagi, dan login kembali. Kemudian, coba untuk melakukan verifikasi sekali lagi.

Hubungi Bantuan YouTube

Kalau memang semua upaya sudah dilakukan dan masalah belum juga terselesaikan, jangan ragu untuk menghubungi Customer Service atau bantuan YouTube. Mereka biasanya responsif dan akan membantu menyelesaikan masalahmu.

Gunakan Device Lain

Last but not least, kalau memang masalahnya ada pada laptop atau perangkat yang kamu gunakan, cobalah untuk switch ke device lain. Bisa jadi ini solusi yang paling cepat dan efektif.

Dengan tips-tips ini, semoga kendala yang kamu alami saat proses verifikasi bisa teratasi dengan mudah. Ingat, selalu ada solusi untuk setiap masalah.

Keuntungan Melakukan Verifikasi YouTube Lewat Laptop

Sudah tahu belum kalau verifikasi akun YouTube itu nggak cuma buat monetisasi aja? Ada banyak keuntungan lain yang bisa kamu raih dengan melakukan “Keuntungan melakukan verifikasi YouTube lewat laptop”. Simak yuk!

Fitur Live Streaming

Setuju nggak kalau komunikasi itu penting? Nah, dengan fitur live streaming, kamu bisa berinteraksi langsung dengan subscriber atau viewer. Ini adalah cara yang bagus untuk membangun komunitas dan engagement dengan audiensmu. Kamu bisa menjawab pertanyaan, berbagi tips, atau sekedar ngobrol aja. Seru, kan?

Upload Video Durasi Panjang

Setelah verifikasi, kamu bebas upload video dengan durasi yang lebih panjang, bahkan lebih dari satu jam sekalipun! Ini tentu menjadi keuntungan besar, terutama jika kontenmu memerlukan durasi yang lebih untuk memberikan informasi atau hiburan yang maksimal.

Akses ke Fitur Eksklusif

Verifikasi juga membuka pintu ke banyak fitur eksklusif lainnya, seperti penggunaan thumbnail custom, pemberian poll di komentar, hingga kemampuan untuk membuat playlist yang lebih kompleks. Semakin banyak fitur yang kamu gunakan, semakin menarik dan profesional lah tampilan channelmu.

Lebih Banyak Opsi Monetisasi

Selain dari iklan, verifikasi memungkinkan kamu untuk mendapatkan pendapatan dari berbagai sumber lain, seperti Super Chat, channel memberships, atau bahkan merchandise shelf. Jadi, kesempatan untuk menghasilkan uang jadi lebih beragam.

Tingkat Keamanan Ekstra

Dengan verifikasi, YouTube akan lebih percaya bahwa akunmu dikelola oleh manusia asli, bukan bot atau spammer. Ini tentu saja menambah lapisan keamanan ekstra pada akunmu.

Kredibilitas dan Otoritas

Keuntungan lainnya adalah dari sisi kredibilitas dan otoritas. Akun yang terverifikasi biasanya lebih dipercaya oleh viewer dan juga brand yang ingin berkolaborasi. Ini bisa sangat membantu jika kamu berencana untuk mengembangkan channelmu menjadi lebih besar dan profesional.

Jadi, masih ragu untuk melakukan verifikasi YouTube lewat laptop? Dengan semua keuntungan ini, nggak ada alasan lagi untuk menunda-nunda. Yuk, lakukan sekarang juga!

Verifikasi YouTube di Laptop vs Ponsel: Mana yang Lebih Baik?

Mungkin ada yang bertanya-tanya, lebih baik verifikasi YouTube lewat laptop atau ponsel, ya? Sebenarnya, keduanya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, kalau kamu tipe yang lebih sering bekerja atau berselancar di internet via laptop, ada beberapa keuntungan nih yang bisa kamu dapat. Yuk, kita bahas!

Kecepatan dan Kemudahan

Melakukan “Verifikasi YouTube di laptop” biasanya lebih cepat dan mudah. Layar yang lebih besar membuat kamu lebih leluasa untuk berpindah dari satu tab ke tab lainnya, copy-paste kode verifikasi, atau bahkan membaca petunjuk dan tips dengan lebih nyaman.

Multitasking

Kalau kamu lagi kerja atau sambil melakukan tugas lain di laptop, melakukan verifikasi di sana tentu lebih praktis. Kamu nggak perlu bolak-balik antara gadgetmu, dan bisa lebih fokus dalam menyelesaikan proses verifikasi.

Keyboard Fisik

Bagi sebagian orang, mengetik di keyboard fisik itu lebih cepat dan akurat daripada keyboard virtual di ponsel. Ini bisa jadi keuntungan saat mengisi data atau kode verifikasi.

Fitur Browser Lebih Lengkap

Browser di laptop biasanya lebih powerful dan memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan browser di ponsel. Jadi, jika ada perlu untuk mengakses fitur tertentu saat verifikasi, lebih baik lakukan di laptop.

Lebih Sedikit Gangguan Notifikasi

Salah satu keuntungan verifikasi lewat laptop adalah minimnya gangguan notifikasi yang biasanya sering muncul di ponsel. Ini tentu saja bisa membuat proses verifikasi berjalan lebih lancar.

Meski begitu, melakukan “Verifikasi YouTube di ponsel” juga memiliki kelebihannya, seperti fleksibilitas untuk verifikasi di mana saja dan kapan saja. Jadi, pilihannya kembali lagi pada kebutuhan dan gaya kerja kamu, Sobat.

Kesimpulan

Sobat, setelah kita bahas tuntas mulai dari “Kenapa harus verifikasi YouTube di laptop” hingga perbandingan “Verifikasi YouTube di Laptop vs Ponsel”, sudah jelas kan betapa pentingnya melakukan verifikasi akun YouTube? Verifikasi bukan hanya membuka pintu monetisasi, tapi juga akses ke fitur-fitur keren yang bisa memaksimalkan potensi channelmu.

Dari segi keamanan, kredibilitas, hingga kemudahan dalam mengelola konten, verifikasi memberikan banyak keuntungan yang sayang untuk dilewatkan. Apalagi, melakukan verifikasi via laptop itu gampang banget, kok. Dengan koneksi internet yang stabil dan nomor HP yang valid, kamu sudah bisa menyelesaikan proses ini dalam hitungan menit.

Jadi, kalau kamu serius ingin mengembangkan channel YouTube-mu, nggak ada alasan untuk menunda verifikasi. Lakukan sekarang dan rasakan sendiri beragam keuntungannya. Selamat berkreasi dan sukses selalu, Sobat YouTuber!



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bergabung Di Komunitas Kami

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks