Game  

10 Game PC Ringan yang Wajib Dimainkan: Pilihan Terbaik untuk Gamer!

GAME PC ringan

Sobat! Pernah nggak sih kamu ngerasa pengen main game yang seru-seru tapi terbentur sama spek PC yang nggak kuat? Atau mungkin kamu lagi cari cara buat have fun tanpa harus nguras dompet? Tenang aja, Guys! Di artikel ini, kita bakal ngulik tuntas tentang game ringan untuk PC yang cocok banget buat kamu yang punya PC dengan spek pas-pasan. Simak yuk, dan siap-siap untuk menyelami dunia game yang super seru ini!

Mengenal Game Ringan

Nah, Sobat, game ringan PC itu basically adalah game yang nggak terlalu membebani PC kamu. Maksudnya, game-game ini punya grafis yang lebih sederhana, nggak makan banyak resource, dan ukurannya pun nggak bikin hard disk kamu penuh.

Ada banyak banget keuntungan main game ringan, seperti mudahnya dijalankan di laptop jadul sekalipun, nggak butuh internet kenceng, dan yang paling asyik, seringnya sih game-game ini gratis atau harganya ramah di kantong. Plus, game-game ini hadir dalam berbagai genre yang bisa dipilih sesuai selera, jadi dijamin nggak bakal bosen!

Platform untuk Menemukan Game Ringan untuk PC

Ketika kamu sedang mencari game yang cocok untuk PC dengan spesifikasi rendah, ada beberapa tempat terbaik yang bisa kamu kunjungi untuk menemukan game ringan berkualitas:

  • Steam: Platform ini adalah surga bagi semua gamer, menawarkan ribuan game yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan sistemmu. Kamu bisa menggunakan fitur pencarian canggih di Steam untuk menemukan game dengan tag ‘Lightweight’ atau ‘Low-end System’. Selain itu, Steam sering mengadakan diskon besar-besaran sehingga kamu bisa mendapatkan game dengan harga murah.
  • GOG: Bagi penggemar game retro dan klasik, GOG adalah tempat yang sempurna. Platform ini spesialis dalam menawarkan game-game lama yang sudah dioptimalkan untuk berjalan di sistem modern. Tidak hanya itu, GOG juga terkenal dengan kebijakan DRM-free yang memungkinkan kamu bermain tanpa harus terkoneksi internet terus-menerus.
  • Itch.io: Jika kamu mencari sesuatu yang lebih unik dan kreatif, Itch.io adalah platform yang harus dikunjungi. Di sini, banyak developer indie yang mempublikasikan game-game mereka yang sering kali ringan dan inovatif, menyajikan berbagai genre dan eksperimen gameplay yang tidak kamu temukan di tempat lain.
  • Forum dan Website: Untuk wawasan lebih dalam dan rekomendasi personal, forum seperti subreddit r/lowendgaming bisa sangat membantu. Anggota komunitas di sana sering membagikan pengalaman dan saran tentang game mana yang berjalan baik di perangkat low-end, serta tips dan trik untuk optimasi.

Meningkatkan Pengalaman Game Ringan

Setelah menemukan game yang tepat, ada beberapa cara untuk memastikan pengalaman bermain yang optimal meski di perangkat dengan spek rendah:

  • Atur Ulang Pengaturan Grafis: Banyak game modern memungkinkan kamu untuk menyesuaikan detail grafis. Mengurangi resolusi dan menonaktifkan efek visual seperti bayangan dan refleksi dapat mempercepat framerate dan mengurangi lag.
  • Pakai Game Booster: Software seperti Razer Cortex dapat meningkatkan performa gaming dengan mengoptimalkan penggunaan CPU dan RAM. Alat ini bekerja dengan memprioritaskan sumber daya sistem ke game yang sedang berjalan, sementara meminimalkan penggunaan sumber daya oleh aplikasi lain.
  • Tutup Aplikasi yang Nggak Perlu: Sebelum memulai sesi gaming, tutup semua aplikasi yang tidak diperlukan yang mungkin menggunakan CPU atau memori. Ini termasuk browser web, program pengeditan video, dan bahkan beberapa layanan latar belakang.
  • Jaga PC Tetap Dingin: Performa PC bisa turun drastis jika sistem mulai panas. Pastikan ventilasi dan pendinginan PCmu cukup baik. Ini bisa berarti membersihkan kipas, menggunakan cooling pad jika menggunakan laptop, atau di lingkungan yang lebih sejuk.

Dengan mengetahui tempat terbaik untuk menemukan game dan cara mengoptimalkan setup kamu, Sobat siap untuk menikmati berjam-jam keseruan gaming tanpa harus khawatir tentang spesifikasi PC!

10 Rekomendasi Game Ringan untuk PC

Dari pada kamu pusing memilih game ringan mana yang ingin dimainkan, Yuk, kita lihat beberapa game ringan yang wajib kamu coba:

1. Stardew Valley

Stardew Valley
image credit : www.stardewvalley.net

Stardew Valley adalah game simulasi pertanian yang dikembangkan oleh ConcernedApe. Dalam game ini, kamu mengambil alih lahan pertanian tua yang kamu warisi dari kakekmu di Stardew Valley. Mulai dari membersihkan area, menanam tanaman, memelihara hewan, hingga merenovasi rumahmu, kamu akan terlibat dalam kegiatan sehari-hari yang menenangkan dan memuaskan.

Namun, Stardew Valley lebih dari sekedar game pertanian; ini juga tentang membangun hubungan dengan warga desa, menggali gua untuk menemukan mineral, memancing, dan bahkan berpartisipasi dalam festival musiman.

Setiap karakter di desa memiliki cerita dan rutinitas sendiri, yang menambah kedalaman dan kekayaan pada dunia game. Stardew Valley menawarkan pengalaman yang santai tapi juga mendalam, dengan grafis piksel yang indah dan soundtrack yang menenangkan.

2. Terraria

Terraria adalah game petualangan sandbox yang dikembangkan oleh Re-Logic. Game ini menawarkan eksplorasi dunia terbuka dengan perspektif 2D. Dalam Terraria, dunia adalah kanvasmu dan tanah itu sendiri adalah catmu.

Kamu bisa menggali, bertarung, menjelajah, dan membangun. Tidak ada batasan apa yang bisa kamu buat di dunia Terraria, dengan berbagai alat, material, dan sumber daya yang tersedia untuk membantu kamu. Setiap dunia yang kamu ciptakan penuh dengan struktur bawah tanah yang mendalam, harta karun yang tersembunyi, dan bahaya yang sangat beragam.

Game ini juga memiliki elemen RPG di mana kamu bisa meningkatkan peralatan dan kemampuan karaktermu, serta menghadapi bos yang menantang. Dengan grafis yang cerah dan penuh warna serta kemungkinan yang tak terbatas, Terraria menawarkan petualangan yang berkesan dan pengalaman crafting yang kaya.

3. Minecraft

Minecraft
Image credit Mojang

Minecraft adalah game sandbox yang dikembangkan oleh Mojang, memungkinkan pemain untuk membangun, menjelajah, dan bertahan hidup dalam dunia piksel yang terbuat dari blok-blok. Dalam Minecraft, setiap blok dapat dihancurkan dan dipasang kembali, memungkinkan kamu untuk membuat struktur dan kreasi apa saja yang bisa kamu bayangkan.

Dari bangunan sederhana hingga kota yang kompleks, atau bahkan karya seni raksasa, Minecraft memberikan kebebasan kreatif yang hampir tak terbatas. Game ini juga memiliki mode bertahan hidup, di mana kamu harus mengumpulkan sumber daya, membangun tempat perlindungan, dan melindungi diri dari makhluk yang muncul di malam hari.

Dengan komunitas yang aktif dan banyak mods yang tersedia, Minecraft terus berkembang dan menyediakan konten baru yang menarik untuk semua jenis pemain.

4. Slay the Spire

Slay the Spire

Slay the Spire adalah game roguelike deck-building yang dikembangkan oleh MegaCrit. Dalam game ini, kamu memilih salah satu dari beberapa karakter yang masing-masing memiliki dek kartu unik. Seiring perjalananmu menaiki menara yang misterius, kamu akan menghadapi berbagai musuh dan bos. S

etiap pertarungan berlangsung dalam format giliran, di mana kamu menggunakan kartu dari tangan untuk menyerang, bertahan, atau mengaktifkan efek khusus. Setelah setiap pertempuran, kamu bisa mendapatkan kartu baru, memperkuat dekmu.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan artefak yang memberikan keuntungan pasif yang kuat. Karena setiap perjalanan dihasilkan secara acak, setiap permainan menawarkan tantangan dan strategi yang berbeda, membuat Slay the Spire sangat replayable dan menantang.

5. Disco Elysium

Disco Elysium

Disco Elysium adalah sebuah game RPG revolusioner yang dikembangkan oleh ZA/UM. Dalam game ini, kamu berperan sebagai seorang detektif dengan masa lalu yang rumit yang harus memecahkan pembunuhan di sebuah kota yang kacau balau. Uniknya, tidak ada pertarungan tradisional di Disco Elysium; sebaliknya, segala sesuatunya bergantung pada dialog dan pilihan kamu.

Sistem keterampilan yang sangat luas memungkinkan kamu untuk mengembangkan detektifmu sesuai dengan gaya bermainmu, dari menggunakan kekuatan fisik hingga kemampuan persuasif atau investigasi yang akut.

Setiap keputusan memiliki konsekuensi, mempengaruhi cerita dan bagaimana karakter-karakter lain merespons kamu. Dengan narasi yang mendalam dan gaya seni yang menarik, Disco Elysium menawarkan pengalaman yang intens dan menantang secara intelektual.

6. Undertale

Undertale, yang dikembangkan oleh Toby Fox, adalah game RPG yang membedakan dirinya dengan pendekatan unik terhadap interaksi pertarungan dan cerita. Kamu memulai petualangan di dunia bawah tanah penuh monster setelah jatuh dari permukaan.

Salah satu fitur utama Undertale adalah kamu bisa memilih untuk melukai atau berteman dengan monster yang kamu temui, dengan setiap pilihan memberikan dampak pada jalannya cerita. Game ini dipuji karena ceritanya yang penuh emosi, humor yang cerdas, dan karakter yang berkesan, serta soundtrack yang ikonik.

Undertale menantang pemain untuk berpikir tentang kekerasan dan pilihan moral dalam game, membuatnya menjadi salah satu RPG indie paling berpengaruh dan dihormati dalam beberapa tahun terakhir.

7. Faster Than Light (FTL)

Faster Than Light

Faster Than Light, atau FTL, adalah game strategi waktu-nyata yang dikembangkan oleh Subset Games. Dalam game ini, kamu mengendalikan kapal ruang angkasa dan krunya, dengan misi untuk melintasi galaksi sambil menghindari ancaman dari sebuah armada yang mengikuti di belakang.

Setiap sektor dari perjalanan menawarkan pertemuan acak yang bisa berupa pertarungan dengan kapal bajak laut, dialog dengan alien, atau situasi darurat dalam kapalmu sendiri. Kamu harus mengelola sumber daya seperti bahan bakar, senjata, dan perisai, sambil juga memperhatikan kesejahteraan dan keahlian kru.

Keputusan strategis yang kamu buat dalam mengatur kapal dan merespons kejadian acak sangat menentukan keberhasilan misi. FTL dikenal dengan tingkat kesulitannya yang tinggi dan replayability, karena setiap permainan menawarkan situasi dan tantangan yang baru.

8. Papers, Please

Papers, Please adalah game simulasi yang dikembangkan oleh Lucas Pope. Kamu memainkan peran sebagai petugas imigrasi di pos pemeriksaan perbatasan negara fiktif Arstotzka. Tugas kamu adalah memeriksa dokumen para imigran yang ingin masuk, memastikan semua informasi sesuai dan mengikuti peraturan imigrasi yang berubah-ubah.

Game ini tidak hanya memerlukan kejelian mata untuk mendeteksi kesalahan atau ketidakcocokan dalam dokumen, tetapi juga menguji moralitas kamu saat dihadapkan pada dilema-dilema seperti menerima suap atau membantu penyelundup manusia demi keluarga.

Papers, Please menyajikan narasi yang mendalam dan sering kali menyentuh, mengeksplorasi tema-tema seperti birokrasi, etika, dan dampak pribadi dari keputusan politik.

9. Baba Is You

Baba Is You

Baba Is You adalah game puzzle yang sangat inovatif, dikembangkan oleh Hempuli Oy. Dalam game ini, kamu mengontrol karakter di berbagai level di mana aturan-aturan yang mengatur cara menyelesaikan puzzle ditulis langsung di layar sebagai blok kata-kata yang bisa kamu dorong dan susun ulang. Dengan mengubah susunan kata-kata tersebut, kamu secara literal mengubah aturan mainnya.

Misalnya, mengubah “WALL IS STOP” menjadi “WALL IS YOU” akan membuatmu mengendalikan semua dinding di level itu. Game ini menantang pemain untuk berpikir di luar kotak dan mengeksplorasi kemungkinan-kemungkinan baru dalam mekanika gameplay. Baba Is You memenangkan banyak penghargaan untuk desain dan inovasinya, menjadikannya sebuah karya yang luar biasa dalam genre puzzle.

10. Celeste

Celeste adalah game platformer yang dikembangkan oleh Matt Makes Games. Kamu bermain sebagai Madeline dan menghadapi tantangan untuk mencapai puncak Gunung Celeste. Selain hambatan fisik yang harus diatasi dengan kecepatan reaksi dan keterampilan mengontrol yang tepat, game ini juga menggali dalam-dalam ke dalam cerita Madeline yang berjuang dengan kecemasan dan depresi.

Setiap level dirancang dengan sangat baik, menyediakan tantangan yang meningkat dan memotivasi pemain untuk terus mencoba meski sering gagal. Visual yang menarik dan soundtrack yang menggugah menambah kedalaman pengalaman bermain.

Celeste bukan hanya tentang penguasaan mekanika game, tetapi juga tentang mengatasi rintangan pribadi, membuatnya menjadi contoh luar biasa dari bagaimana video game dapat menjadi media yang kuat untuk menceritakan kisah yang berdampak.

Kesimpulan

Nah, Sobat, itu dia sedikit panduan tentang dunia game ringan untuk PC. Dengan banyaknya pilihan dan kemudahan akses, game-game ini nggak hanya menghibur tapi juga terjangkau. Jadi, nggak ada alasan lagi buat nggak nyobain! Yuk, jelajahi lebih lanjut dan temukan kesenangan baru dalam bermain game tanpa perlu khawatir dengan spek PC.

Atau jika kamu suka game PC lainnya kami juga sudah membahas berbagai pilihan game ringan genre berkebun, ini asik loh untuk simulasi. Bagi kamu yang sudah punya favorit, jangan lupa share di komentar, ya. Selamat bermain, Guys!



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bergabung Di Komunitas Kami

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks