5 Fitur Utama iOS 16.1 dan Cara Updatenya

update iOS 16.1
image copy right Apple.com

Update sistem operasi terbaru iOS 16.1 yang baru saja dirilis oleh pihak Apple disambut dengan antusias oleh para pecinta iPhone. Pasalnya, sistem operasi tersebut menawarkan beragam fitur yang sangat bermanfaat bagi pengguna.

Sebenarnya, kehadiran fitur iOS 16 sudah diumumkan oleh Apple pada perlehatan WWDC di bulan Juni 2022 lalu. Hanya saja, belum semua fitur tersebut bisa dihadirkan. Nanti pada versi iOS 16.1, barulah sejumlah fitur yang dijanjikan sebelumnya sudah bisa dinikmati.    

Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Setidaknya ada 5 fitur utama yang dihadirkan pada sistem operasi iOS 16.1 ini. Pengguna iPhone di seluruh dunia bisa menikmati fitur-fitur tersebut. Tapi ingat, tidak semua iPhone bisa menikmati update sistem operasi tersebut?

5 Fitur Utama iOS 16.1

Tampilan iOS 16.1
image copy right Apple.com

Pengisian Energi Bersih

Salah satu fitur baru pada iOS 16.1 adalah Clean Energy Charging atau Pengisian Energi Bersih. Dengan adanya fitur ini, waktu pengisian daya iPhone lebih optimal. Dengan begitu, sumber daya energi yang dibutuhkan lebih sedikit.

Baca juga: Daftar iPhone dan Smartphone yang Tidak Bisa Menggunakan WA

Tentu keberadaan fitur ini tidak terlalu berdampak jika ditinjau dari segi individu. Tapi mengingat jumlah pengguna iPhone di seluruh dunia yang berkisar 1 miliar orang, tentu fitur Pengisian Energi Bersih akan memberikan dampak positif secara kolektif.

Apple Fitness+ Tanpa Apple Watch

Jika sebelumnya aplikasi Apple Fitness+ hanya tersedia secara eksklusif di Apple Watch, kini dengan kehadiran iOS 16.1, aplikasi tersebut sudah bisa dinikmati di iPhone. Dengan adanya layanan ini, tentu pengguna iPhone sudah bisa memanfaatkan latihan dengan sistem pemandu.

Satu-satunya kekurangan yang ada adalah pengguna tidak bisa melihat metrik kesehatan di layar. Sebab, metrik tersebut hanya bisa dilacak menggunakan Apple Watch.

iCloud Shared Photo Library

Setelah sebelumnya diumumkan di WWDC22, akhirnya fitur yang bernama iCloud Shared Photo Library dirilis lewat sistem operasi iOS 16.1. Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat membuat perpustakaan foto bersama di Foto iCloud.

Pengguna juga bisa mengundang 5 orang teman atau anggota keluarga untuk ikut menambahkan foto ke mereka melalui iPhone maupun iPad.

Share keys di Apple Wallet

Fitur lain yang juga bisa dinikmati oleh pengguna adalah Share keys di Wallet. Dengan fitur ini, pengguna dapat membagikan kunci mobil atau kunci hotel kepada kerabat atau teman melalui aplikasi perpesanan seperti Message dan WhatsApp.

Live Activities

Setelah sebelumnya didemonstrasikan pada WWDC22 2022 lalu, akhirnya fitur Live Activities bisa dinikmati pada di iPhone yang menggunakan sistem operasi iOS 16.1. Dengan memanfaatkan fitur ini, pengguna bisa menampilkan informasi real time yang relevan di Lock Screen iPhone tanpa harus masuk ke dalam aplikasi.

Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna bisa melihat skor sepak bola maupun melacak status pengiriman makanan.

Selain fitur-fitur utama di atas, tentu masih ada lagi beberapa fitur menarik lainnya yang juga bisa dinikmati setelah diupdatenya sistem operasi iOS 16.1. Selain itu, update sistem operasi yang dilakukan memberikan pengaruh besar pada peningkatan stabilitas dan keamanan.

Cara Update iOS 16.1

Jika pengguna ingin melakukan update sistem operasi ke iOS 16.1, tinggal ikuti saja langkah-langkahnya di bawah ini :  

  • Pertama, backup semua data di iPhone menggunakan iCloud.
  • Selanjutnya, tinggal buka aplikasi Settings > General > Software Update.
  • Lanjutkan dengan mengeklik Download and Install.
  • Ikuti saja semua petunjuk yang tertera di layar.
  • Tunggu proses download berlangsung sampai selesai.
  • Setelah itu, tunggu proses instalasi selesai.
  • Selesai, sistem operasi OS 16.1 berhasil diinstal.

Baca juga: 4 Cara Reset iPhone Balik ke Pengaturan Pabrik

Itulah tadi 5 fitur utama yang bisa dinikmati pengguna iPhone setelah melakukan update ke iOS 16.1 dan cara melakukan updatenya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks