Infomedia Adopsi AI dan Otomatisasi untuk Revolusi Layanan Pelanggan dan Operasi Bisnis

Infomedia

Jakarta, 1 Desember 2023 – Dalam menyesuaikan diri dengan dinamika bisnis yang cepat, PT Infomedia Nusantara, anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), mengumumkan penerapan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan otomatisasi proses robotik (RPA). Tujuannya adalah untuk memperkuat manajemen hubungan pelanggan (CRM) dan operasi layanan bersama (Shared Service), sebagai respons terhadap kebutuhan pasar yang terus berkembang.

Sujito, Direktur Marketing & Sales Infomedia, menggarisbawahi bahwa untuk bertahan dalam kompetisi yang ketat, perusahaan harus terus bertransformasi dan berinovasi. Hal ini penting untuk menjawab tantangan seperti perubahan lanskap kompetisi bisnis, evolusi perilaku dan ekspektasi konsumen, serta adaptasi terhadap regulasi yang baru.

Menurut laporan IDC, industri BPO (Business Process Outsourcing) diprediksi akan mengalami pertumbuhan signifikan. Dukungan dari Frost & Sullivan menyatakan bahwa pasar BPO akan tumbuh dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 9,4% dari 2020 hingga 2027. Mengantisipasi tren ini, Infomedia memfokuskan penggunaan teknologi digital untuk mengoptimalkan interaksi pelanggan dan merespons kebutuhan mereka dengan lebih cepat dan akurat.

Platform “OmniX” milik Infomedia, yang berbasis cloud, merupakan inovasi terbaru perusahaan dalam layanan pelanggan. Platform ini mengintegrasikan berbagai channel komunikasi ke dalam satu alur layanan yang efisien dan tanpa hambatan. Dengan dukungan AI dan big data, OmniX mampu menganalisis data pelanggan, memprediksi perilaku mereka, dan memberikan solusi yang dipersonalisasi.

Di sektor operasional, penggunaan AI dan RPA oleh Infomedia terutama terfokus pada peningkatan efisiensi dan akurasi di Shared Service Operation. Ini mencakup otomatisasi tugas berulang dan peningkatan kapasitas analisis data. Penerapan teknologi ini mencakup proses rekrutmen karyawan dan otomatisasi entri data.

Prestasi Infomedia diakui secara internasional, dengan Frost and Sullivan menobatkannya sebagai “Customer Experience Outsourcing Services Company of the Year” selama tiga tahun berturut-turut, terakhir pada 5 November 2023.

Infomedia juga menekankan pentingnya keamanan dan etika dalam operasionalnya. Hal ini dibuktikan dengan penerapan standar ISO 27001:2013 untuk keamanan informasi, ISO 37001:2016 untuk manajemen anti-suap, dan ISO 9001:2015 untuk manajemen kualitas.

Baca juga: Telkom Mendukung 497 UMKM Binaan dalam Pencapaian Sertifikasi Halal untuk Meningkatkan Daya Saing di Pasar Global

Sujito mengakhiri dengan penekanan pada komitmen Infomedia dalam menyediakan pengalaman pelanggan terbaik, sambil memenuhi dan melampaui standar operasional dan kebutuhan pelanggan secara menyeluruh.



Dapatkan berita teknologi terkini dari AndroidPonsel.com, pusat info tech paling update! Ikuti kami di Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks