Mengenal GUI: Pengertian, Cara Kerja, Serta Kelebihannya

GUI

GUI atau Graphical User Interface adalah sistem komponen visual interaktif untuk software komputer. Tipe user interface ini termasuk standar dari pengembangan antarmuka pengguna lainnya yang juga telah digunakan di perangkat Android.

Sistem operasi tersebut umumnya akan ada menu, tombol, serta ikon yang didesain agar penggunanya lebih mudah dalam berinteraksi. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai sistem ini, simak ulasan berikut.

Apa Maksud dari GUI?

Pengertian dari Graphical User Interface sendiri, yakni suatu media virtual yang dapat membuat pengguna memberikan perintah tertentu pada komputer tanpa mengetiknya. Pengguna tidak perlu mengetikkan suatu perintah, seperti halnya komputer dengan shell atau teks.

Dengan sistem ini, perintah dapat dikonversikan menjadi ikon di dalam layar monitor di mana hanya perlu klik untuk menjalankan fungsinya. Misalnya, terdapat ikon dengan bentuk huruf W, maka ikon tersebut akan menjalankan Microsoft Word.

Penggunaan sistem operasi tersebut dikarenakan manusia lebih mudah mengingat suatu gambar dibandingkan tulisan. Dalam menjalankan fungsinya, alat input pun dibutuhkan, seperti keyboard, mouse, maupun touchscreen.

Cara Kerja Graphical User Interface

GUI

Sistem dari Graphical User Interface menggunakan prinsip desain yang sesuai dengan pola software model-view-controller. Untuk itu, pengguna hanya akan melihat fungsi mana yang dapat digunakan tanpa perlu memahami input kode dalam memproses perintah tersebut.

Developer pun dapat mengubah tampilan interface sebebas mungkin asalkan fungsinya tetap sama. Sebagai contoh, ketika ingin memilih sebuah menu, aksi yang bisa dilakukan adalah mengarahkan mouse ke ikon tersebut dan mengkliknya.

Kemudian, kode akan diinput oleh komputer berdasarkan Graphical User Interface yang sudah dipilih tersebut. Dengan begitu, hasil dari aksi yang dilakukan ini akan ditampilkan kepada pengguna.

Kelebihan dari Graphical User Interface

Meski telah dikembangkan dari tahun 1970, Graphical User Interface memiliki banyak kelebihan. Beberapa kelebihan dari penggunaan sistem Graphical User Interface, antara lain sebagai berikut:

Membuat tampilan lebih menarik

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh sistem Graphical User Interface adalah tampilan jauh lebih menarik. Dengan tampilan inilah, menjadikan pengguna menjadi lebih tertarik saat menjalankan komputer atau perangkat elektronik lainnya, seperti Android.

Memberi banyak kemudahan

Kelebihan dari penggunaan sistem Graphical User Interface, yakni banyak kemudahan yang diberikan. Dalam operating system terdahulu, banyak yang masih menggunakan interface CLI di mana pengguna harus mengetikkan berbagai perintah agar bisa menjalankan fungsinya.

Namun, berbeda dengan Graphical User Interface sebab keberadaan sistem satu ini membuat penggunaan sebuah software menjadi lebih mudah. Karena penggunaannya yang mudah, maka user juga tidak perlu memahami dunia coding

Navigasi tampilan menjadi lebih jelas

Untuk sistem Graphical User Interface, kemudahan akan diperoleh karena basis tampilannya. Pengguna pun semakin dipermudah dengan navigasi yang tampak lebih jelas di mana tidak perlu mengetikkan perintah apabila ingin melakukan sesuatu.

Tidak perlu keahlian khusus

Graphical User Interface memiliki kelebihan di mana penggunanya tidak perlu keahlian khusus saat menggunakannya. Tak hanya, sistem ini juga akan menjalankan software atau aplikasi yang ada secara langsung.

Meski hadir dengan banyak kelebihan, Graphical User Interface memiliki kekurangan, yakni keterbatasan interaksi yang bisa dilakukan. Sistem ini bersifat pre-programmed sehingga pengguna hanya bisa melakukan interaksi yang sudah ditentukan oleh developer.

Demikian informasi tentang pengertian dari sistem GUI beserta cara kerja dan kelebihan-kelebihannya. Semoga penjelasan mengenai Graphical User Interface bisa bermanfaat dan membantu berbagai kegiatan yang berkaitan dengan sistem ini, ya.



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bergabung Di Komunitas Kami

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks