3 Langkah Nonaktifkan Absolute Bluetooth Volume di Android

Absolute Bluetooth Volume Android

Sobat, kita bakal ngobrolin sesuatu yang mungkin sering bikin kamu penasaran: gimana sih cara disable atau matikan fitur Absolute Bluetooth Volume di Android?

Fitur ini, yang hadir di Android sejak versi 6.0 (Marshmallow), memungkinkan kontrol volume perangkat Bluetooth secara langsung dari smartphone kamu.

Walaupun terdengar berguna, kadang-kadang fitur ini malah bikin pengalaman dengerin musik atau podcast jadi kurang nyaman karena perubahan volume yang terlalu drastis atau tidak sesuai dengan yang kamu inginkan.

Nah, yuk simak cara matiin fitur ini dengan langkah-langkah mudah.

Kenapa Harus Disable Absolute Bluetooth Volume?

Sebelum kita ke tutorialnya, mungkin kamu bertanya-tanya, “Kenapa sih harus disable fitur ini?” Well, ada beberapa alasan yang membuat beberapa orang merasa lebih nyaman dengan fitur ini dalam keadaan non-aktif.

Salah satunya adalah untuk mendapatkan kontrol volume yang lebih presisi dan sesuai keinginan, terutama saat menggunakan perangkat audio seperti headphone atau speaker Bluetooth.

Dengan menonaktifkannya, kamu bisa mengatur volume perangkat audio dan volume media di smartphone secara terpisah, memberikan fleksibilitas lebih dalam mengontrol tingkat suara.

Langkah-langkah Disable Absolute Bluetooth Volume

Oke, tanpa berlama-lama, berikut ini langkah-langkah untuk menonaktifkan Absolute Bluetooth Volume di Android:

  1. Aktifkan Opsi Pengembang (Developer Options): Ini adalah langkah awal yang perlu kamu lakukan. Caranya, buka Settings > About Phone dan ketuk Build Number sebanyak 7 kali sampai muncul notifikasi bahwa kamu sudah menjadi pengembang.
  2. Buka Developer Options: Setelah itu, kembali ke menu Settings dan scroll ke bawah sampai kamu menemukan opsi Developer Options. Ketuk untuk membukanya.
  3. Cari dan Aktifkan Toggle Disable Absolute Volume: Di dalam menu Developer Options, scroll ke bawah sampai kamu menemukan opsi Disable Absolute Volume atau sesuatu yang serupa. Aktifkan toggle ini untuk menonaktifkan fitur Absolute Bluetooth Volume.

Voila! Sekarang kamu sudah berhasil menonaktifkan fitur Absolute Bluetooth Volume di Android. Mudah, kan?

Dengan menonaktifkan fitur ini, kamu sekarang bisa mengontrol volume media di smartphone dan volume perangkat Bluetooth kamu secara independen, memberikan kamu kontrol yang lebih baik atas pengalaman mendengarkanmu.

Kesimpulan dan Tips Tambahan

Meski tutorial ini cukup sederhana, selalu ingat bahwa setiap tindakan yang berhubungan dengan pengaturan developer bisa berpengaruh ke pengalaman penggunaan smartphone kamu.

Pastikan untuk mengubah pengaturan ini hanya jika kamu benar-benar membutuhkannya. Jangan lupa juga untuk mengecek apakah perubahan ini mempengaruhi konektivitas Bluetooth atau kualitas suara pada perangkatmu.

Jika kamu mengalami masalah, kamu selalu bisa mengaktifkan kembali fitur Absolute Bluetooth Volume dengan mengikuti langkah-langkah yang sama dan mematikan toggle yang sebelumnya kamu aktifkan.

Nah, itu dia sobat sekalian cara mudah untuk disable Absolute Bluetooth Volume di Android. Semoga tutorial ini membantu kamu mendapatkan pengalaman audio yang lebih baik dan sesuai dengan preferensimu.

Jangan lupa untuk tetap mengikuti kami untuk info dan tips menarik seputar teknologi lainnya. Stay tuned!



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ikuti Kami di WhatsApp Channel

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks