Telko  

Telkom Dukung Kelancaran Pemilu 2024 dengan Infrastruktur dan Layanan Telekomunikasi Canggih

Telkom pemilu 2024

Jakarta- Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang berjalan dengan lancar dan sukses mendapat dukungan penuh dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dalam hal kesiapan infrastruktur jaringan dan layanan telekomunikasi.

Telkom, sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terdepan di Indonesia, telah membentuk Satuan Tugas khusus untuk memastikan semua infrastruktur dan layanan terkait Pemilu, termasuk di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat dan Daerah, beroperasi optimal.

Dalam upaya peningkatan keamanan dan kesiapan infrastruktur, TelkomGroup telah melaksanakan pengamanan yang meliputi KPU Pusat dan 519 lokasi KPUD melalui kerja sama B2B MileNetwork dengan Telkom.

Langkah ini dilengkapi dengan kolokasi data center neuCentriX di sembilan kota besar Indonesia, menyediakan kapasitas total hingga 84,15 Gbps yang mencakup berbagai layanan seperti IP Transit, Metro Ethernet, VPN IP, IndiHome, dan BigBox.

Upaya ini diperkuat dengan optimalisasi 37 site radio dan 72 site transport, serta pengecekan kondisi baterai untuk Base Transceiver Station prioritas, termasuk persiapan unit terminal Starlink di Bogor dan Papua untuk menjaga kualitas layanan.

Telkomsel, bagian dari TelkomGroup, juga telah mengantisipasi potensi lonjakan trafik di 680 titik keramaian, yang mencakup lokasi operasional KPU, Bawaslu, hingga Aparatur Penegak Hukum.

Melalui tahap pengecekan dan uji coba layanan yang komprehensif, Telkomsel memastikan keandalan layanannya selama periode kritis Pemilu.

Direktur Network & IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko, menegaskan pentingnya peran teknologi dan infrastruktur telekomunikasi dalam menyukseskan Pemilu 2024.

“Pemilu 2024 merupakan event strategis nasional yang menjadi momentum besar bagi seluruh masyarakat Indonesia. Telkom berkomitmen memastikan seluruh layanan telekomunikasi, mulai dari konektivitas, layanan digital, hingga cyber security, dapat beroperasi dengan lancar dan aman,” ujar Herlan.

Kerja sama eksternal dengan instansi seperti Bakamla, Polri, dan TNI, serta antisipasi gangguan dari pekerjaan pihak ketiga dan bencana alam, menjadi bagian penting dari strategi pengamanan infrastruktur kritikal Telkom.

Sebanyak 87 posko, yang mencakup tingkat nasional hingga anak perusahaan, telah disiagakan 24×7 untuk memonitor dan memastikan kualitas infrastruktur dan layanan selama Pemilu.

“Pesta demokrasi ini adalah perwujudan dari semangat bersama untuk kemajuan Indonesia. Mari kita sukseskan bersama dan berharap memberikan hasil yang terbaik untuk rakyat Indonesia,” tutup Herlan, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan Pemilu 2024.



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ikuti Kami di WhatsApp Channel

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks