Telkom Luncurkan Istiqlalverse, Dunia Virtual Masjid Istiqlal di MetaNesia

masjid Istiqlalvers
Foto Masjid Istiqlal via Canva

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) meluncurkan dunia virtual Masjid Istiqlal yang diberi nama Istiqlalverse, melalui metaNesia. Platform dunia virtual Masjid Istiqlal tersebut diharapkan bisa menciptakan pengalaman baru bagi publik atau masyarakat yang ingin berkenalan dengan dunia Metaverse sembari menikmati keindahan Masjid Istiqlal.

Peluncuran Istiqlalverse ini bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-45 Masjid Istiqlal, yang diresmikan oleh Direktur Digital Business Telkom Fajrin Rasyid dan Direktur Utama Istiqlal Global Fund (IGF) Mulyono Lodji, serta disaksikan juga oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, M.A pada Rabu (22/2).

Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Menyambut baik peluncuran Istiqlalverse, Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, M.A, mengatakan bahwa “Masjid Istiqlal merupakan satu-satunya masjid di Indonesia yang pertama kali hadir dan masuk ke dalam metaverse. Dengan teknologi canggih yang digunakan pada Istiqlalverse, pengguna dapat mengakses dunia virtual ini dari manapun hanya dengan handphone, dan mengetahui berbagai informasi menarik serta mempelajari bangunan Masjid Istiqlal dengan lebih seksama.”

Sebagai penyedia ekosistem Metaverse terbesar di Indonesia, metaNesia yang berada di bawah payung Leap-Telkom Digital, dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang dapat digunakan secara gratis tanpa perangkat VR. Pengguna dapat mengakses metaNesia melalui gawai seperti smartphone, tablet, dan laptop.

Dalam kesempatan ini, Direktur Digital Business Telkom Fajrin Rasyid menyampaikan bahwa “metaNesia hadir sebagai platform metaverse pertama di Indonesia dengan tujuan mulia untuk memperkenalkan ekosistem metaverse dengan teknologi canggih di Indonesia. Kehadiran New Istiqlal di dalam ekosistem metaNesia diharapkan bisa menjadi media baru bagi pengunjung untuk bisa berinteraksi di dalam masjid virtual Istiqlal dengan lebih interaktif dan imersif, serta mendapatkan beragam pandangan dan informasi baru terkait Masjid Istiqlal.”

Metaverse tumbuh menjadi tren baru di seluruh dunia pada akhir tahun 2021 dengan teknologi yang semakin dikembangkan dan pengguna yang terus bertumbuh. Kolaborasi antara Telkom dan Masjid Istiqlal juga merupakan solusi bagi masyarakat dari seluruh daerah Indonesia yang belum memiliki kesempatan untuk berkunjung secara langsung ke lokasi untuk dapat melakukan kunjungan secara virtual.

Pada peluncurannya yang bertepatan dengan ulang tahun Masjid Istiqlal, Direktur Utama IGF sekaligus ketua panitia Mulyono Lodji, mengatakan, “Ulang tahun Masjid Istiqlal yang ke-45 ini mengusung tema ‘New Istiqlal, Keberagamaan Inklusif untuk Indonesia Hebat’.

Pada rangkaian kegiatan Milad 45 Masjid Istiqlal ini, IGF berharap dapat memberikan informasi kepada masyarakat bahwa Masjid Istiqlal sudah dibuka secara umum pasca pandemi dan siap melayani umat dalam era New Istiqlal.

Baca juga: metaNesia Raih Penghargaan “PERTAMA DI INDONESIA”

Sebagai platform metaverse pertama di Indonesia, metaNesia berkomitmen untuk terus mengembangkan ekosistem metaverse di Tanah Air. Kolaborasi dengan Masjid Istiqlal melalui peluncuran Istiqlalverse ini menjadi salah satu bukti nyata komitmen tersebut. Selain itu, melalui Istiqlalverse, Telkom dan Masjid Istiqlal juga turut memperkenalkan keindahan Masjid Istiqlal kepada masyarakat Indonesia dan dunia.

Untuk dapat mengakses Istiqlalverse, pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi metaNesia, yang dapat diakses melalui smartphone, tablet, dan laptop. Dalam dunia virtual Masjid Istiqlal ini, pengguna dapat mengunjungi berbagai ruang dan fasilitas di Masjid Istiqlal, termasuk ruang utama shalat, kubah utama, ruang wudhu, hingga ruang perpustakaan.

Tidak hanya itu, pengguna juga dapat menikmati pengalaman interaktif dengan mengikuti berbagai acara yang diselenggarakan di Istiqlalverse, seperti khutbah Jumat, acara pengajian, dan lain sebagainya. Semua pengalaman tersebut dapat diakses dengan mudah melalui aplikasi metaNesia.

Kehadiran Istiqlalverse ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk mengakses Masjid Istiqlal dari manapun, tanpa perlu khawatir terkendala oleh jarak dan waktu. Selain itu, pengguna juga dapat memanfaatkan Istiqlalverse sebagai sarana untuk memperluas pengetahuan mengenai sejarah dan arsitektur Masjid Istiqlal.

Dengan mengusung tema “New Istiqlal, Keberagamaan Inklusif untuk Indonesia Hebat”, Istiqlalverse juga menjadi sarana untuk mewujudkan keberagaman yang inklusif, di mana semua orang dapat merasakan pengalaman yang sama, tanpa terkendala oleh perbedaan agama, suku, atau budaya.

Peluncuran Istiqlalverse ini juga menjadi langkah awal untuk mengembangkan ekosistem metaverse di Indonesia. Melalui Istiqlalverse, Telkom dan Masjid Istiqlal berharap dapat menginspirasi masyarakat dan dunia untuk terus mengembangkan dan memanfaatkan teknologi metaverse dalam kehidupan sehari-hari.

Istiqlalverse
Peluncuran platform Istiqlalverse oleh Direktur Digital Business Telkom Fajrin Rasyid (paling kanan) didampingi oleh Deputy EVP DBT Telkom Ery Punta (paling kiri) secara langsung bersama Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, M.A, (tengah) pada rangkaian acara perayaan ulang tahun Masjid Istiqlal ke-45, Rabu (22/2).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Update Terbaru Langsung! OK No thanks