Telkom Mendukung 497 UMKM Binaan dalam Pencapaian Sertifikasi Halal untuk Meningkatkan Daya Saing di Pasar Global

sertifikat halal umkm

Jakarta, 28 November 2023 – Dalam upaya meningkatkan daya saing bangsa di kancah internasional, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berinisiatif mendukung UMKM binaannya untuk bersaing di pasar global. Telkom bekerja sama dengan Lembaga Pemeriksa Halal PT Surveyor Indonesia, memberikan bantuan sertifikasi halal kepada 497 UMKM binaan Rumah BUMN Telkom. Upacara penyerahan sertifikasi ini diadakan di Kantor Pusat PT Surveyor Indonesia, Jakarta, dengan kehadiran beberapa tokoh penting termasuk Edi Eko Cahyono dari Kementerian BUMN dan Saifuddin Wijaya, Direktur Komersial PT Surveyor Indonesia.

Siti Aminah, Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal BPJPH, menekankan pentingnya sertifikasi halal, baik dalam kategori gratis maupun reguler, sebagai langkah penting dalam memenuhi amanat Presiden RI. Sertifikasi halal dipandang sebagai keunggulan kompetitif untuk UMKM Indonesia di pasar internasional. Sayangnya, biaya menjadi hambatan utama bagi banyak UMKM dalam mendapatkan sertifikasi ini. Data dari GAPMMI menunjukkan bahwa dari 1,6 juta pelaku industri makanan dan minuman kecil di Indonesia, hanya 10% yang telah memiliki sertifikat halal.

Menanggapi hal ini, pemerintah, melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), menetapkan target ambisius sebesar 10 juta sertifikasi halal hingga tahun 2024. Ini merupakan bagian dari upaya untuk mempercepat pencapaian target tersebut, yang diharapkan dapat meningkatkan aspek kebersihan, bisnis, perdagangan internasional, pasar, dan reputasi produk Indonesia.

Fajar Wibawa, Deputy EVP SOE Service Telkom, menyatakan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari komitmen Telkom Indonesia dalam mensejahterakan masyarakat melalui program TJSL Go Modern. Program ini bertujuan untuk membantu UMKM dalam perizinan dan sertifikasi, sehingga dapat meningkatkan kualitas UMKM agar berdaya saing global dan memposisikan Indonesia sebagai digital hub Asia.

Baca juga: Indonesia Perkuat UMKM: Gernas BBI & BBWI Dorong Ekonomi

Telkom sebelumnya telah membantu 249 UMKM mendapatkan sertifikat halal pada tahun 2022. Dengan tambahan 248 UMKM di tahun 2023, jumlah total UMKM yang telah dibantu mencapai 497. Harapannya, jumlah ini akan terus bertambah, sehingga produk UMKM bersertifikasi halal Indonesia dapat lebih bersaing di pasar domestik maupun internasional.



Dapatkan berita teknologi terkini dari AndroidPonsel.com, pusat info tech paling update! Ikuti kami di Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks