Telkom Test House: Langkah Maju PT Telkom Indonesia untuk Kualitas Konektivitas

Telkom Test House
SVP Corporate Communication & Investor Relations Telkom, Ahmad Reza (kedua dari kanan); Executive General Manager Divisi Digital Connectivity Service Telkom Teuku Muda Nanta (kedua dari kiri); Operation Senior Manager Infrastructure Research & Assurance Telkom, I Gede Astawa (paling kiri); dan Manager Infrastructure Quality Assurance Telkom, Adi Permadi (paling kanan) meninjau anechoic chamber (ruangan nirgema) di fasilitas Telkom Test House, Bandung, Kamis (25/1).

Bandung – Dalam upaya terus-menerus meningkatkan standar layanan konektivitas digital, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) telah memperkenalkan langkah-langkah baru. Di pusat inisiatif ini adalah Telkom Test House (TTH), sebuah laboratorium yang berlokasi di Gegerkalong, Bandung, dan merupakan titik fokus utama perusahaan dalam menjaga kualitas layanan mereka.

Telkom Test House, yang telah mendapatkan pengakuan dan akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN), menyediakan platform yang esensial untuk memvalidasi dan memastikan integritas jaringan serta infrastruktur TelkomGroup, termasuk pemeriksaan peralatan seperti kabel serat optik dan modem.

Lembaga ini tidak hanya diperkuat oleh teknologi laboratorium yang canggih, tapi juga oleh tenaga kerja yang terampil dan berpengalaman. Kredibilitas dan standar operasional Telkom Test House telah menjadi patokan dalam industri, menetapkan standar untuk operator lain dalam pengujian perangkat dan infrastruktur telekomunikasi.

Mengomentari peran vital Telkom Test House, Teuku Muda Nanta, Executive General Manager Divisi Digital Connectivity Service Telkom, menekankan komitmen Telkom dalam menghadirkan layanan berkualitas, “Di Telkom Test House, seluruh perangkat jaringan akses maupun infrastruktur akan diuji dan dipastikan layak secara mutu sesuai dengan spesifikasi teknis yang ditentukan, sebelum sampai ke pelanggan. Telkom Test House menjadi kiblat untuk pengujian di Indonesia, menjadi standar acuan juga bagi para operator telekomunikasi.”

Ahmad Reza, SVP Corporate Communication & Investor Relations Telkom, mengungkapkan pandangan strategis perusahaan, “saat ini Telkom tengah fokus menggarap B2B dan Telkomsel fokus ke segmen B2C. Untuk terus menjadi pemain besar, tentunya tantangan yang tidak bisa dihindari adalah perkembangan teknologi yang menuntut Telkom untuk adaptif dan terus bertransformasi agar bisa sejalan dengan perubahan, serta mengoptimalkan manfaat dari teknologi tersebut untuk perkembangan bisnis perusahaan. Keberadaan Telkom Test House ini menjadi wujud upaya Telkom untuk terus menjadi perusahaan digital telco dengan kepemimpinan teknologi terbaik.”

Baca juga: Telkom DigiUp Lahirkan 900 Talenta Muda Bersertifikasi Nasional untuk Industri Digital Indonesia

Telkom Test House dilengkapi dengan lima kelompok laboratorium khusus: Laboratorium Kabel dan Aksesoris Fiber to the Home (FTTH), Laboratorium Transmisi, Laboratorium Kalibrasi, Laboratorium Device, dan Laboratorium Energy. Ini memungkinkan Telkom untuk menjamin bahwa setiap perangkat telekomunikasi yang digunakan telah teruji dan tersertifikasi, memberikan jaminan kualitas layanan.

Ada tiga kategori utama pengujian di Telkom Test House: Quality Assurance (QA), Type Approval (TA), dan Voluntary Test (VT). QA fokus pada pengujian perangkat internal dengan standar STEL (Spesifikasi Telekomunikasi Internal Telkom), TA ditujukan untuk perangkat pihak eksternal, dan VT untuk mengevaluasi perangkat atau teknologi baru yang ditujukan untuk pasar Indonesia, dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah dan standar internasional.

Melalui inisiatif ini, Telkom berharap untuk memajukan kolaborasi industri lokal, meningkatkan penggunaan komponen dalam negeri (TKDN), dan mendukung pertumbuhan industri telekomunikasi Indonesia di kancah global.



Dapatkan berita teknologi terkini dari AndroidPonsel.com, pusat info tech paling update! Ikuti kami di Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks