Cara Nonaktifkan Bloatware dan Aplikasi Pre-Installed di HP Android

  • Whatsapp
Cara Nonaktifkan Bloatware dan Aplikasi Pre-Installed di HP Android
Cara Nonaktifkan Bloatware dan Aplikasi Pre-Installed di HP Android

Cara Nonaktifkan Bloatware dan Aplikasi Pre-Installed di HP Android – Bloatware merupakan sebutan untuk aplikasi yang terinstal secara pabrik dari ponsel android yang kamu miliki. Sebenarnya, aplikasi Bloatware ini sendiri memiliki peran untuk membantu kinerja dari ponsel android tersebut. Namun terkadang kita jarang sekali menggunakan beberapa aplikasi bawaan sehingga terkesan tiada gunanya. Terkadang juga aplikasi bawaan tersebut bisa memberikan bahaya kepada sistem ponsel kita.

Maka dari itu, pada artikel kali ini kami akan memberikan ulasan secara mendetail bagaiamana cara menghapus atau menonaktifkan aplikasi Bloatware HP android. Cara ini bisa kamu lakukan tanpa harus melakukan root terlebih dahulu. Adapun caranya adalah sebegai berikut.

1. Peralatan dan bahan

Yang pertama harus kamu lakukan adalah terlebih dahulu kamu menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan guna menunjang proses penghapusan aplikasi Bloatware tersebut. Adapun bahan-bahan tersebut antara lain adalah pc atau laptop dengan minimal menggunakan windows 7 ke atas. Kabel usb juga kamu perlukan dalam proses ini. Juga kamu perlu menginstal software dengan nama 15 Seconds ADB Installer dan Android USB Driver. Tak ketinggalan, kamu juga perlu mengaktifkan layanan USB Debugging.

2.  Nama Installer Package

Setelah semua bahan dan peralatan disiapkan, tahapan selanjutnya adalah mendapatkan  Nama Installer Package. Cara yang harus kamu lakukan adalah dengan mendownload serta instal aplikasi App Inspector yang dibuat oleh developer UBQSoft dengan menggunakan platform google playstore pada ponsel android. Kemudian kamu jalankan aplikasi tersebut.

Pada halaman beranda dari aplikasi App Inspector tersebut kamu pilih dan klik menu App List dan kemudian kamu cari nama-nama aplikasi bawaan yang ingin kamu hapus atau nonaktifkan. Kamu akan menemukan nama installer package dari aplikasi yang kamu hapus tersebut. Semisal aplikasi yang kamu hapus adalah google play tv, maka nama installer package tersebut adalah com.google.android.videos. Dan nama tersebut yang akan kamu gunakan untuk proses atau tahapan berikutnya.

3. Hapus Bloatware

Tahapan selanjutnya jika kamu sudah menemukan nama installer package dari aplikasi Bloatware yang ingin kamu hapus adalah kamu akan melakukan tahapa yang paling inti yaitu menghapus aplikasi Bloatware atau bawaan tersebut. Langkah-langkahnya adalah pertama kamu menyambungkan ponsel android dengan menggunakan kabel data atau usb.

Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah masuk ke menu folder dengan nama c:\adb dan berikutnya kamu tekan secara bersamaan tombol shift dan juga kursor klik kanan pada mouse. Setelah itu kamu pilih dan klik menu Open command window here. Akan muncul sebuah perintah dengan tulisan adb devices. Perintah ini menjelaskan apakah usb telah terpasang dengan adb atau belum.

Jika sudah terpasang maka akan di tampilkan sebuah kode unik. Langkah selanjutnya adalah kamu klik ok dan lakukan hal tersebut beberapa kali. Sampai dengan muncul pesan attached. Setelah terdeteksi akan muncul perintah adb shell. Kemudian kamu ketikan atau tulis kode seperti ini pm uninstall -k –user 0 ‘nama.installer’. Setelah itu kamu klik ok dan tunggu proses sampai selesai. Jika sudah, maka kamu langsung melakukan restart hp agar lebih maksimal.

Baca juga:

Nah itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk menghapus aplikasi bawaan di ponsel android. Memang cara tersebut terbilang cukup ribet. Namun dengan cara tersebut kamu bisa mengamankan ponsel mu dari bahaya yang mungkin saja mengintai. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *