Ubah Skema Penamaan, HMD Global Siap Rilis Nokia G10

  • Whatsapp
HMD Global Siap Rilis Nokia G10

Selama setahun kebelakang, HMD Global yang menaungi Nokia menunjukan kelesuan pada aktivitas bisnis mereka. Beberapa ponsel yang diharapkan untuk meluncur di pasaran pada tahun lalu hingga kini masih belum diumumkan pun begitu dengan keterlambatan pembaruan sistem operasi Android 11 pada ponsel – ponsel besutannya.

Namun berita menggembirakan muncul dari perusahaan yang bermarkas di Finlandia itu setelah mereka dikabarkan akan merencanakan seri ponsel terbaru yakni seri G dan yang pertama akan dirilis adalah Nokia G10.

Read More

Seperti yang dilaporkan NokiaPowerUser, Nokia G10 akan menjadi pembuka jalan bagi seri – seri G berikutnya. Menurut sumber dalam laporan NokiaPowerUser tersebut Nokia G10 memiliki nomer model TA-1334.

Ponsel ini diyakini akan hadir dengan layar 6,4 inci, prosesor octa-core serta pengaturan quad-camera 48MP pada bagian belakang. Nokia G10 kemungkinan akan mengusung spesifikasi yang tak jauh berbeda dengan Nokia 5.4 namun para pecinta Nokia berharap akan ada beberapa perbedaan dan pembaruan – pembaruan penting yang dihadirkan HMD.

Belum ada konfirmasi resmi kapan ponsel ini akan diluncurkan, jika merujuk pada lolosnya Nokia G10 dari setifikasi otoritas telekomunikasi Thailand dan TUV Rheinland, makan kemungkinan produk ini akan segera dipasarkan dalam waktu dekat.

Seri G sendiri merupakan awal dari perubahan skema penamaan baru yang akan diadopsi oleh HMD Global. Menurut akun twitter @baidnokiabar, HMD akan meninggalkan skema penamaan dengan titik yang dianggap kurang menjual.

Selain kurang menjual, beberapa keluhan timbul akibat dari kebingungan pengguna tentang skema penamaan menggunakan titik. Dan nampaknya HMD telah memutuskan untuk menyelsaikan masalah tersebut dan membuka lembaran baru dengan kehadiran Seri G. Jadi ada kemungkinan bahwa Nokia G10 bukan benar – benar seri baru tetapi ponsel lama yang di diluncurkan dengan skema penamaan baru.

HMD sendiri hingga kini baru merilis satu smartphone 5G dengan Nokia 8.3 5G yang juga memiliki nama lain Nokia 8 V 5G UW dengan dukungan mmWave di wilayah Amerika Serikat. Jumlah ini diharapkan akan segera meningkat pada tahun ini, karena mereka diyakini setidaknya akan merilis empat smartphone 5G. Dua diantaranya akan debut di paruh pertama 2021 yang bisa jadi adalah Nokia G10, sementara dua ponsel lain akan dirilis secara bertahap pada paruh kedua tahun ini.

Sebelumnya beberapa pengamat berspekulasi bahwa ponsel – ponsel 5G  tersebut akan menjadi penerus Nokia 5.4, Nokia 7.3, Nokia 8.3 dan Nokia 9 PureView, dimana penamaan akan meneruskan tongkat estafet menjadi Nokia 5.5, Nokia 7.4, Nokia 8.4 dan Nokia 9.x PureView. Namun fakta dimana HMD Global mulai meninggalkan skema penamaan tersebut maka masih belum diketahui nama – nama ponsel terbaru mereka selain Seri G.

Chief Product Officer HMD Global Juho Sarvikas mengatakan bahwa mereka telah menjalin kerja sama dengan Qualcomm untuk penetrasi di wilayah 5G.

“Kami melihat peluang besar, dalam kemitraan erat dengan Qualcomm untuk mencapai titik dimana kami dapat menggapai pasar yang lebih banyak,” ucapnya seperti dilansir AndroidAuthority.

Baca juga: Remake Nokia 6300 Hadir Berbekal Konektivitas 4G

Strategi itu akan membuat HMD Global bergabung dengan produsen lain seperti Motorola, OnePlus, Samsung, dan Xiaomi yang menawarkan ponsel 5G dengan harga yang lebih terjangkau. Sarvikas juga mengungkapkan bahwa selain meluncurkan ponsel – ponsel 5G,  tahun ini mereka memiliki fokus untuk mengembangkan fitur – fitur baru. Upaya tersebut diharapkan akan membuat brand Nokia kembali dapat bersaing di pasaran.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *