Mengintip Fitur Baru Android 12 Pada Developer Preview 2

  • Whatsapp
Fitur Android 12

Google baru saja merilis Android 12 Developer Preview 2 sebelum sistem operasi tersebut dirilis secara luas pada kuartal ketiga tahun ini. Meskipun sebelumnya telah muncul gambaran umum tentang apa saja yang akan ditambahkan Google pada versi Android terbarunya ini, namun sekarang kita dapat melihat secara nyata fitur – fitur baru tersebut.

Tema Gelap Baru

Bacaan Lainnya

Sejak merilis Android 10, Google telah meluncurkan tema gelap yang memberikan tampilan hitam kepada para pengguna Pixel. Pada vesi Developer Preview pertama, mereka memperkenalkan warna abu – abu gelap untuk tema tersebut, dan kali ini di Developer Preview 2 Google telah membuat warna abu – abu itu menjadi lebih terang.

Ketika dibandingkan head to head, kedua tema tersebut menampilkan perbedaan kontras yang sangat mencolok. Namun tema abu – abu gelap tetap memberikan tampilan yang lebih nyaman bagi pengguna sembari tetap menghemat baterai.

Mode Satu Tangan

Pada menu Pixel Setting yang terdapat di bawah Gestures, tedapat sebuah opsi  Mode Satu Tangan yang akan menggeser layar ke bagian bawah sehingga pengguna dapat lebih mudah menggapai bagian atas. Fitur ini memiliki kemiripan dengan Reachability Apple di iOS. Ketika diaktifkan, pengguna dapat membuka mode Satu Tangan dengan melakukan swipe ke bawah hingga bagian bawah tampilan di dekat navigasi bar.

Fitur ini menawarkan sebuah tombol yang akan mengeluarkan pengguna dari mode tersebut ketika berpindah aplikasi, dan ada pula empat opsi batas waktu berbeda yakni tak pernah, 4 detik, 8 detik, dan 12 detik.

Notifikasi Baru dengan gestur geser ke bawah

Dalam Developer Preview yang pertama, terdapat sebuah gestur baru yang disebut “swipe for notification”. Gerakan ini memungkinkan pengguna untuk swipe ke bawah di dekat bagian bawah layar untuk menurunkan bar notifikasi. Jika gerakan ini diaktifkan di Pengaturan> Sistem> Gerakan> Gesek untuk pemberitahuan, Anda dapat menarik bayangan pemberitahuan saat berada di layar mana pun.

Karena gesekan gestur notifikasi dilakukan dengan cara yang sama seperti gestur mode satu tangan, menyebabkan kedua fitur ini tak bisa dijalankan secara bersamaan. Jika Anda mengaktifkan salah satunya itu akan mematikan fitur yang lain.

Selain itu, jika pengguna memiliki ponsel Pixel dengan pemindai sidik jari yang berada di bagian belakang, sepertinya gerakan ini tidak akan berfungsi. Itu karena Google mengharapkan Anda untuk menggunakan gerakan “geser sidik jari untuk notifikasi” yang dimaksudkan untuk meringkas dua pekerjaan sekaligus.

Alat Pemilih Widget

Salah satu perubahan pertama yang dapat di lihat pada Android 12 DP2 adalah pemilih widget yang baru di Pixel Launcher. Sama seperti sebelumnya, dengan menekan lama pada layar beranda, pengguna dapat dengan mudah memilih widget pilihan. Tampilan baru ini sedikit lebih ringkas dan menghilangkan berbagai opsi untuk pengguliran yang lebih mudah.

Aplikasi “Unbridge”

Pengguna sekarang memiliki opsi untuk melepaskan aplikasi dari Notification Listeners. Notification Listeners, sendiri merupakan layanan yang dapat membaca notifikasi pengguna untuk kemudian menyinkronkannya ke perangkat lain yang telah dihubungkan seperti misalnya smartwatch.

Baca juga: 4 Android Emulator Ringan Yang Bisa Menjadi Pilihan

Smart Forwarding / Penerusan  Panggilan Cerdas

Android 12 Developer Preview 2 telah menambahkan fitur Smart Forwarding, yang telah ditemukan sejak lama di AOSP. Fitur ini memungkinkan pengguna meneruskan panggilan antara dua SIM yang tersedia di perangkat. Fitur tersebut mungkin berguna jika salah satu SIM tidak dapat dijangkau. (via)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *