Coba Cek Rekomendasi Aplikasi Ramadhan untuk Android

  • Whatsapp
aplikasi Ramadhan untuk Android

Bulan suci Ramadhan sudah datang menemani kita dan saatnya kita meningkatkan iman dengan memperbanyak amalan. Di era yang canggih ini kita lebih mudah mendapatkan amalan salah satunya dengan menggunakan aplikasi. Ya, ada banyak sekali aplikasi Ramadhan untuk Android yang bisa sobat unduh untuk tingkatkan iman.

Daftar Aplikasi Ramadhan untuk Android yang Harus Kamu Miliki di Bulan Suci Ini

Di bawah ini ada beberapa aplikasi Ramadhan untuk Android yang bisa sobat unduh secara gratis untuk melengkapi ibadah. sobat bisa mengunduhnya gratis di Google PlayStore, yaitu:

Bacaan Lainnya

Aplikasi Imsakiyah

Aplikasi Imsakiyah

Aplikasi pertama yang harus sobat miliki adalah aplikasi imsakiyah. Ya, aplikasi yang satu ini bisa sobat gunakan untuk menentukan waktu imsak, dan juga waktu dimulainya sholat. Jadi, di aplikasi ini sobat bisa mengetahui kapan sahur, kapan imsak, kapan buka puasa.

Ada beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa sobat unduh yaitu Muslim Pro dari Bitsmedia, Jadwal Imsakiyah 2021 M 1442 H dari Adjiofficial atau thelastprojectdroid, dan lain sebagainya.

Cara menggunakannya pun sangat mudah dan bisa digunakan kapan saja serta di mana saja. sobat tinggal masukkan kota sobat kemudian aplikasi ini akan menunjukkan waktu imsakiyah yang tepat. Jadi, sobat bisa lebih siap beribadah.

Aplikasi Al Quran

aplikasi alquran

Kedua, adalah aplikasi Al Quran yang pastinya sangat berguna bagi sobat untuk beribadah membaca ayat-ayat suci. Ya, ganjaran membaca Al Quran di bulan Ramadhan lebih besar dibandingkan dengan bulan-bulan biasanya.

Aplikasi ini rasanya harus selalu ada karena bisa membuat sobat berkesempatan membaca Al Quran di mana saja saat waktu luang. Ada beberapa rekomendasi yaitu Al Quran Indonesia dari Andi Umpam, Muslim Pro dari Bitsmedia, MyQuran dari Wali Studio, dan lain sebagainya.

Aplikasi Alarm

Selanjutnya adalah aplikasi alarm. Ya, mungkin sobat tidak menyangka aplikasi ini masuk ke dalam daftar. Namun aplikasi ini sangat penting khususnya untuk membangunkan sobat di saat ingin sahur.

Ada banyak aplikasi alarm yang bisa sobat coba, bahkan aplikasi bawaan juga bisa disesuaikan saja dengan jadwalnya. Namun, jika tak mau ribet ada rekomendasi aplikasi seperti Sirene Imsak Lengkap dari Usaha Tenan Studio atau dari Putra Haryati Studio.

Aplikasi Kompas atau Penunjuk Kiblat

Aplikasi kompas kiblat

Selain alarm, sobat juga harus memiliki aplikasi Ramadhan untuk Android kompas yang berfungsi untuk menunjukkan arah kiblat. Aplikasi yang satu ini sangat bagus digunakan untuk sobat yang suka bepergian jauh di mana harus sholat di beberapa tempat berbeda.

Aplikasi ini bisa menunjukkan sobat ke arah kiblat atau barat jika menurut lokasi di Indonesia. Ada beberapa aplikasi yang bisa sobat unduh seperti Kiblat Pencari dari 9D Tech Islami.

Tak hanya itu saja, Ada juga Arah Kiblat Kompas dari Islamic World atau Kompas Kiblat dari Intuitive Labs. Jika sobat sudah punya aplikasi bawaan di HP maka tak salah untuk menggunakannya.

Namun memang cukup berbeda karena kompasnya biasa yang menggunakan North atau utara sebagai suatu patokan dan bukan barat.

Aplikasi Pencari Masjid Sekitar

Masjid Terdekat

Selanjutnya, aplikasi Ramadhan untuk Android pencari masjid juga wajib sobat miliki apalagi jika sobat menyukai perjalanan ke tempat-tempat baru. Aplikasi ini sangat bagus digunakan untuk menunjukkan jalan ke masjid terdekat.

Sobat tak perlu takut kehilangan waktu sholat karena aplikasi ini akan menunjukkan masjid yang bisa dijangkau dengan cepat. Aplikasi yang direkomendasikan adalah Masjid Terdekat dari Bajuyuli. Selain itu juga ada Masjid Finder dari Omar Al Hamid, dan masih banyak lagi lainnya.

Baca juga: Atur Ibadah Ramadhan dengan Aplikasi Ramadhan Terbaik 2021

Aplikasi Dzikir

Terakhir, sobat juga harus punya aplikasi Dzikir yang bisa sobat gunakan untuk beribadah di malah atau dini hari. sobat bisa menggunakannya karena isinya sangat lengkap sehingga bagus untuk sobat yang masih belum bisa.

Aplikasi yang direkomendasikan adalah Doa dan Dzikir Setelah Sholat Offline dari Kajian Islam. Kemudian ada Dzikir dan Doa Lengkap dari Ustad Firsobat Andirja Ofisial, dan lainnya.

Tak hanya bacaan doa dan dzikir saja yang tersedia. Ada juga aplikasi yang memberikan kemudahan perhitungan saat sobat berdzikir salah satunya adalah Counter Tasbih Lite daro Sevapp.

Sebenarnya masih ada banyak sekali daftar aplikasi Ramadhan untuk Android yang harus sobat miliki. Namun, yang paling dasar adalah seperti di atas. sobat bisa mengeksplorasi lebih dalam lagi Google PlayStore untuk mendapatkan aplikasi lain yang berguna sesuai kebutuhan. Selamat menjalankan ibadah puasa…

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *