Taukah Kamu ? Produk Pertama Xiaomi Ternyata Bukan Ponsel

  • Whatsapp
Produk Pertama Xiaomi

Xiaomi saat ini telah memantapkan posisinya sebagai salah satu dari lima produsen smartphone nomor wahid di dunia. Bahkan pada laporan pangsa pasar terbaru, mereka disebut berada di posisi ke tiga, tepat dibelakang Apple. Namun taukah kamu jika ponsel bukanlah menjadi produk awal Xiaomi ?

Raksasa China ini memiliki reputasi dimana mereka menawarkan ponsel – ponsel dengan segudang kentungan dari mulai harga yang sangat bersaing dengan tetap menjaga kualitasnya. Mereka juga berkembang menjadi sebuah brand yang memiliki ekosistem peoduk yang sangat luas, mulai dari laptop hingga penyedot debu bahkan lampu kamar. Xiaomi yang membawahi banyak sub – brand affiliasi mereka menjual hampir semua hal yang berkaitan dengan teknologi.

Bacaan Lainnya

Namun salah jika kamu menganggap bahwa Xiaomi memulai semua itu dengan menjual ponsel. Faktanya produk yang pertama kali mereka jual malah bukan sebuah perangkat keras. Produk pertama Xiaomi adalah sesuatu yang masih ditemukan di hampir setiap smartphone saat ini yaitu MIUI.

Produk Pertama Xiaomi

Xiaomi meluncurkan antarmuka MIUI Android pada bulan Agustus 2010. Antarmuka ini dengan cepat memperoleh kepopuleran di forum penggemar seperti XDA-Developers sebagai salah satu alternatif dari ROM khusus lainnya pada saat itu. Versi awal MIUI dirancang untuk perangkat seperti Google Nexus One, Nexus S, HTC Desire, Motorola Droid / Milestone, dan HTC HD2.

Ketika itu, Xiaomi belum memiliki ponsel sendiri untuk menampilkan antarmuka tersebut. Beberapa fitur yang lebih menonjol yang diberikan oleh MIUI pada masa-masa awal itu termasuk layar kunci yang dapat disesuaikan, folder, dukungan untuk tema yang mana merupakan fitur baru pada masa itu, kemampuan untuk menghapus aplikasi dengan menyeretnya ke atas layar dan tindakan privasi seperti daftar hitam panggilan / SMS.

Skin Android besutan Xiaomi meraih kepopuleran pada saat itu juga berkat pengembangannya yang berfokus pada komunitas, memungkinkan para penggemar untuk berbagi ide tentang apa yang ingin mereka lihat di versi baru MIUI. Pendekatan itulah yang kemudian ditiru oleh para pengembang antarmuka lain hingga saat ini.

Xiaomi akhirnya meluncurkan ponsel pertamanya yaitu Mi 1 di Cina pada tahun 2011. Ponsel ini menghadirkan desain plastik namun mengusung spesifikasi kelas atas, termasuk chipset Snapdragon S3, RAM 1 GB, penyimpanan internal 4 GB yang dapat diperluas, serta baterai 1.930 mAh. Keputusan ini agaknya menjadi tonggak sejarah yang sangat penting dimana sepuluh tahun kemudian mereka berkembang menjadi salah satu raksasa produsen ponsel asal negeri tirai bambu.

Baca juga: Beberapa Ponsel POCO Dapatkan Pembaruan MIUI 12.5

MIUI sendiri hingga kini masih menjadi tulang punggung ponsel – ponsel besutan Xiaomi, dengan update terbaru MIUI 12.5. Versi skin Android ini menghadirkan fitur-fitur seperti manajemen izin yang lebih baik, perlindungan clipboard, konektivitas dengan PC, dan wallpaper dinamis baru.

Penggunaan MIUI bahkan telah berkembang tak hanya untuk ponsel namun juga jam tangan pintar Xiaomi di Cina, memberikan tampilan dan nuansa yang dekat pada ponselnya. Meskipun Xiaomi benar-benar dapat menyelesaikan masalah konsistensi perangkat lunaknya, tidak dapat disangkal bahwa MIUI tetap menjadi bagian penting dari identitas global perusahaan ini. (via)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *