Apa yang Harus Dipilih Untuk Menambahkan Efek Animasi Pada Powerpoint?

  • Whatsapp
efek animasi pada Powerpoint

Apa yang harus dipilih untuk menambahkan efek animasi pada Powerpoint? Ini merupakan pertanyaan penting yang harus diketahui jawabannya, khususnya bagi kamu yang ingin menambah efek animasi pada slide Powerpoint yang dibuat.

Tujuan penambahan efek animasi pada tulisan atau objek yang terdapat pada slide presentasi memang sangat penting, karena akan menambah daya tarik pada presentasi tersebut. Terlebih lagi jika presentasi tersebut untuk meyakinkan pihak yang akan diajak bekerjasama dalam sebuah bisnis.

Read More

Untuk menambahkan efek animasi sebenarnya tidak terlalu sulit. Jika kamu tidak mengetahui caranya, pastikan kamu menyimak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya.

Cara Menambah Efek Animasi Pada Teks atau Objek Powerpoint

efek animasi pada Powerpoint

Apa yang harus dipilih untuk menambahkan efek animasi pada Powerpoint, khususnya pada teks atau objek? Untuk mengetahuinya, simak langkah-langkah berikut ini :

Buka PowerPoint

Langkah paling pertama adalah membuka aplikasi PowerPoint terlebih dahulu. Selanjutnya tinggal mengklik objek yang ingin diberikan efek animasi. Jika kamu ingin memilih seluruh boks teks, klik saja tepi boks teks tersebut.

Saat ingin menambahkan efek animasi pada teks, secara otomatis Powerpoint akan membagi teks yang dipisah oleh paragraf atau bullet break. Misalnya, jika slide berisikan dua paragraf, maka nantinya masing-masing paragraf akan memiliki efek animasi tersendiri. Jika kamu belum menambahkan objek pada slide, maka tentu kamu harus membuatnya terlebih dahulu.

Buka Tab “Animations”

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah membuka tab “Animations”. Posisi tab ini di bagian atas menu bar. Saat kamu membuka tab tersebut, akan terlihat berbagai opsi dan pengaturan animasi.

Pilih Animasi yang Diinginkan

Setelah sampai pada tahap di atas, selanjutnya kamu tinggal memilih animasi yang diinginkan. Animasi dalam PowerPoint terbagi dari 4 kategori, yaitu Entrance, Exit, Emphasis, dan Motion Path. Animasi yang baru-baru ini kamu gunakan akan dipasang pada objek, lalu ditambahkan ke dalam boks animasi.

Klik saja animasi untuk melihat contoh animasi yang dihasilkan. Kamu juga bisa melihat animasi lain dengan cara menggerakkan boks animasi ke bawah. Gunakan saja tombol panah yang terletak di sebelah kanan boks untuk menggerakkannya. Oh ya, di sini ada beberapa fitur penting, yaitu :

  1. Animasi Entrance yang nantinya mengubah cara objek memasuki slide.
  2. Animasi Exit yang nantinya mengubah cara objek meninggalkan slide.
  3. Animasi Emphasis yang nantinya menambahkan gerakan pada objek atau menyorotinya.
  4. Animasi Motion Path yang nantinya menentukan rute gerakan objek pada slide.

Tambahkan Animasi

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mengklik “Add Animation” jika ingin memberikan animasi tambahan pada objek. Tinggal pilih saja efek animasi dari menu turun (drop-down menu). Nah, langkah ini bisa kamu lakukan berkali-kali untuk menambahkan animasi pada objek sebanyak apapun yang kamu inginkan.

Setelah itu, lanjutkan dengan mengklik tombol “Animation Pane” (opsional). Dengan mengeklik tombol ini, panel berisi animasi yang kamu pilih akan terlihat di sebelah kanan jendela.

Selanjutnya kamu perlu memilih opsi pengaktifan animasi pada menu turun “Start” di bagian “Timing” yang posisinya di sebelah kanan toolbar Animations: “On mouse click”, “After previous” or “With previous”.

  • “On Mouse Click” berfungsi untuk mencegah animasi muncul pada slide sampai kamu mengeklik tombol tetikus (mouse).
  • “After Previous” berfungsi menjalankan animasi secara otomatis setelah animasi sebelumnya diaktifkan.
  • “With Previous” berfungsi menjalankan animasi secara bersamaan dengan animasi sebelumnya pada slide yang sama.

Baca Juga : Aplikasi Deepfake Myheritage, Aplikasi Animasi Foto Jadul

Atur Durasi Jeda Setiap Animasi dan Pengaturan Lainnya

Untuk mengatur durasi jeda setiap animasi, kamu hanya perlu mengklik tombol panah yang menghadap ke atas atau ke bawah. Posisi tombol tersebut di sebelah “Delay” pada bagian “Timing”. Nantinya jeda dimulai setelah animasi yang kamu pilih dijalankan.

Kamu juga bisa mengklik tombol panah yang menghadap ke atas atau ke bawah yang posisinya di sebelah “Duration” pada bagian “Timing” jika ingin mengubah kecepatan animasi. Jadi, semakin panjang durasi animasi, maka animasi akan semakin lamban bergerak.

Jika kamu ingin mengatur susunan animasi, kamu bisa menggunakan tombol panah yang terletak di bawah judul “Reorder Animation” pada bagian “Timing”. Gerakkan animasi yang telah ditambahkan ke kolom Animation Pane ke atas maupun ke bawah.

Untuk menambahkan efek suara pada animasi, maka pada kolom Animation Pane, silahkan klik tombol panah yang menghadap ke bawah, lalu pilihlah “Effect Options” pada menu turun. Lanjutkan dengan membuka tab “Effect” pada jendela yang muncul. Selanjutnya pada menu “Enhancements” yang terletak di bagian bawah, pilih efek suara yang tersedia pada daftar. Bisa juga kamu memilih “Other Sound…” jika ingin menambahkan berkas efek suara secara manual dari komputer kamu.

Selanjutnya klik “Preview” yang posisinya di bagian kiri tab Animations. Dengan mengklik tombol ini, kamu akan menjalankan animasi-animasi yang terpilih pada slide.

Baca juga: Ivive Apk, Aplikasi Scan Uang 75 Ribu yang Bisa Munculkan Video

Akhir Kata

Penjelasan yang rinci di atas tentu sudah bisa menjawap pertanyaan mengenai apa yang harus dipilih untuk menambahkan efek animasi pada Powerpoint? Oleh karena itu, silahkan ikuti saja langkah-langkah yang telah disebutkan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *