OVO PayLater Penjelasan Dan Cara Mengaktifkannya

  • Whatsapp
OVO Paylater

OVO PayLater – Di era teknologi saat ini, beragam jenis aktivitas mulai dilakukan secara daring dan mobile. Bahkan untuk melakukan pembayaran kita tidak memerlukan uang secara cas, tapi sudah secara Cashless atau dengan pembayaran non tunai dengan menggunakan aplikasi dompet digital.

Bahkan saat ini, sudah banyak sekali layanan aplikasi dompet digital yang resmi di Indonesia, kita tidak perlu repot-repot menggunakan uang fisik yang berpotensi hilang. Keberadaan aplikasi tersebut membuat transaksi, pembelian atau pembayaran dilakukan dengan sangat mudah.

Aplikasi OVO salah satunya. Pastinya sebagian besar dari kita sudah kenal dengan dompet digital satu ini, terlebih bagi pengguna Grab. Saat ini OVO sudah banyak mengeluarkan fitur yang memudahkan penggunanya, salah satunya adalah OVO Paylater. Penasaran dengan beragam fitur di OVO dan fitur OVO Paylater? Silahkan simak terus artikel ini!

Aplikasi OVO

penjelasan aplikasi OVO

OVO berada di naungan PT Visionet Internasional, Aplikasi OVO saat ini merupakan salah satu dompet pembayaran non tunai yang cukup populer di Tanah Air, karena selain memiliki fungsi utama sebagai alat transaksi pembayaran elektronik yang disebut OVO Cash, OVO sendiri juga mengedepankan fitur OVO Points dimana bentuk poin loyalty yang setiap pembelanjaan menggunakan OVO Cash di merchant OVO, maka akan mendapatkan OVO Points. Nantinya point-point tersebut bisa pengguna gunakan sebagai alat pembayaran di merchant rekanan OVO.

Disini kami akan menjelaskan beberapa fitur andalan di aplikasi dompet digital OVO, berikut penjelasan fitur atau Keunggulan Menggunakan OVO, berikut penjelasannya :

Fitur Poin Berlipat

Fitur andalan pertama dari aplikasi OVO, Sobat dapat mengumpulkan poin dari setiap belanja yang dilakukan di merchant dengan tanda OVO Zone. Seperti yang sudah dikatakan diatas, aplikasi OVO bukan hanya menawarkan trnsaksi pembayaran semata, namun OVO juga menawarkan loyalty rewards yang bisa didapatkan karena melakukan transaksi di berbagai merchant rekanan OVO.

Promo-promo Menarik

OVO juga sering sekali mengadakan promo-promo menarik, seperti potongan harga atau diskon yang bahkan dengan nominal yang cukup besar.

Banyaknya Merchant Yang Bekerja Sama

Keuntungan yang akan sobat dapatkan jika menggunakan aplikasi OVO yaitu sobat dapat menggunakan OVO Points di berbagai merchant yang telah bekerja sama. OVO menyebarkan kerjasama ke berbagai tempat, jadi jangan khawatir jika sobat tidak menemukannya.

Pembayaran Cepat

Di OVO, untuk melakukan pembayaran caranya sangat mudah dan tentunya cepat, pengguna langsung bisa membayar hanya dengan scan barcode ataupun memasukkan kode kunci. Maka tak heran, banyak orang yang sudah berpaling dari uang cash menjadi cashless.

Dapat Memantau Pengeluaran dan Pemasukan Uang

Dengan adanya fitur histori transaksi, sobat tidak perlu khawatir kemana perginya uang. Karena semua data transaksi baik pemasukan maupun pengeluaran akan terdokumentasi di histori.

Cara Menukarkan OVO Points

Nah bagi sobat yang daritadi bertanya-tanya bagaimana menukarkan OVO points untuk mendapatkan promo, caranya tentu sangat mudah. Untuk menukarkan OVO Points, sobat dapat langsung melakukan proses redeem langsung melalui aplikasi OVO atau Grab sobat. Sobat juga bisa langsung melakukan pembayaran via OVO Points saat bertransaksi di merchant-merchant OVO, karena nantinya akan ada opsi untuk pembayaran via ovo point.

Layanan Pembayaran OVO

layanan pembayarn OVO

Jika sobat menggunakan aplikasi OVO, sobat akan mendapatkan berbagai pelayanan yang dapat memudahkan melakukan berbagai transaksi pembayaran sambil mengumpulkan OVO Points. Adapun layanan transaksi yang bisa sobat lakukan yaitu :

  • Bisa transaksi secara online maupun offline pada merchant-merchant yang bekerja sama dengan OVO.
  • Sobat dapat melakukan pembayaran parkir dengan scan barcode saja di tempat parkir yang bekerjasama dengan OVO.
  • Sobat dapat membeli pulsa melalui aplikasi OVO
  • Bisa melakukan pembayaran di layanan aplikasi GRAB jika sobat berpergian dengan Grab
  • Dapat top up dengan mudah melalui berbagai metode, misal melalui Bank, ataupun dompet digital lainnya.

Perbedaan Akun OVO Club dan OVO Premier

Perbedaan Akun OVO Club dan OVO Premier

Nah di aplikasi OVO sendiri, terdapat 2 jenis OVO, yaitu OVO Club dan OVO Premiere. Jika sobat bingung apa sih perbedaannya, jangan khawatir, berikut penjelasan 2 jenis keanggotan OVO:

  • OVO Club : Pada OVO Club, disini menyediakan 10.000 OVO Points dan pengguna bisa menyimpan OVO Cash sampai dengan Rp 2.000.000.
  • OVO Premier – Pada OVO Premiere sendiri dapat dikatakan OVO versi next level. Bagaimana tidak, disini dapat menyimpan OVO Cash sampai dengan Rp 10.000.000.

Jadi bagi sobat yang senang menyimpan uang di aplikasi dompet digital, maka kami sarankan sobat untuk menggunakan OVO Premiere.

Ovo PayLater

penjelasan OVO PayLater dan cara mengaktifkannya
gambar hanya ilustrasi

Nah pembahasan selanjutnya ada salah satu fitur unggulan yang dimiliki oleh OVO, yaitu fitur OVO PayLater. Ini merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan proses transaksi pembayaran walau saldo tidak cukup, dan pembayaran tersebut bisa diganti di lain hari sesuai dengan kebijakan dan kesepakatan yang berlaku.

Nantinya setiap transaksi akan dikenakan biaya layanan maksimal 5% dari nilai transaksi. Uniknya, pada biaya layanan juga bisa berubah-ubah, kenapa begitu? Karena ini tergantung pada performa pengguna OVO PayLater dalam melunaskan tagihan dengan tepat waktu.

Yang menjadi keunggulan OVO PayLater yaitu tidak adanya biaya bulanan maupun tahunan. Maka dari itu banyak orang yang melirik OVO PayLater karena kebijakan disini lebih ramah dan berbeda dengan kartu kredit yang dikenakan biaya iuran per tahun.

Tapi walaupun begitu, di OVO PayLater tetap dikenakan denda bagi pengguna yang telat maupun tidak membayar dari waktu yang disepakati. Denda tersebut bisa dikataan cukup kecil, hanya sebesar 0.1% dari setiap sisa tagihan setiap harinya yang akan dimasukan ke tagihan bulan berikutnya.

Dengan kata lain, jika sobat punya tanggungan tagihan sebesar Rp. 20.000 lalu tagihan tersebut tidak terbayar hingga batas jatuh tempo yang dihitung setiap tanggal 1. Maka selama tagihan belum terbayar, sobat akan mendapatkan bunga tagihan sebesar 0.1% per harinya. Jadi apabila tanggungan tagihan sobat sebesar Rp. 20.000, maka bunga yang dikenakan adalah Rp. 20 setiap harinya. (HARAP PERHARITIKAN JIKA ADA PERUBAHAN PERSENTASE BUNGA LAYANAN)

Bagi sobat mungkin bunga tersebut terlihat sangat kecil, namun jika terus ditumpuk dan terlebih sobat bertransaksi dalam jumlah besar, maka bunga tersebut juga akan besar dan memberatkan. Maka dari itu, sebaiknya bayar tagihan sebelum batas jatuh tempo, supaya pembayaran tidak dikenakan bunga.

Manfaat Penggunaan OVO PayLater

Nah manfaat yang sobat dapatkan jika menggunakan OVO PayLater yaitu sobat dapat merasakan sistem berbelanja cicilan tanpa kartu kredit, lalu sistem pembayaran tagihan dilakukan di akhir bulan, dan memiliki jumlah limit belanja yang terhitung besar yaitu 1 Juta Rupiah. Manfaatnya begitu baik, jika penggunakan bijak menggunakannya.

Syarat Pendaftaran OVO PayLater

Berbeda dengan transaksi biasa di OVO, untuk OVO PayLater proses verifikasinya cukup banyak, karena terdapat beberapa syarat untuk mengaktifkan OVO PayLater. Sobat wajib untuk memenuhi syarat yang dibutuhkan agar pengajuan bisa diverifikasi. Berikut syarat-syaratnya yang wajib sobat siapkan :

  1. Foto diri Sobat
  2. Foto E-KTP Sobat yang masih aktif
  3. Berdomisili pada daerah yang telah bergabung dengan OVO PayLater (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Surabaya, Palembang, Pekanbaru, Medan, Makasar, Malang, Surakarta, dan Semarang)

Itu saja persyaratan utamanya, sebaiknya sobat siapkan untuk proses pengajuan.

 Cara Mengaktifkan OVO Premiere Untuk OVO PayLater

Jika sobat sudah menyiapkan persyataran pengajuan, silahkan sobat langsung daftar ke OVO ke Premier untuk PayLater, caranya sebagai berikut

  • Isi form yang tersedia seperti foto KTP, Foto Selfie dengan KTP, form identitas sesuai KTP, dan sebagainya
  • Jika sudah, klik verifikasi dan tunggu prosesnya
  • Setelah proses verifikasi berhasil, sobat bisa close
  • selesai

Cara Mengaktifkan OVO PayLater

Nah jika sobat sudah mengupgrade akun ke OVO Premier, selanjutnya sobat hanya tinggal mengaktifkan OVO PayLater. Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama, sobat bisa buka aplikasi OVO, lalu klik opsi menu “Aktifkan OVO PayLater
  • Selanjutnya silahkan sobat pilih opsi “Aktifkan sekarang
  • Sobat bisa tunggu beberapa waktu, hingga nantinya menerima kode verifikasi yang telah dikirimkan pada nomor HPyang telah terdaftar di OVO
  • Selanjutnya sobat bisa input kode verifikasi tersebut di kolom yang tersedia
  • Silahkan sobat unggah foto selfie dengan memegang KTP
  • Kemudian isi data pribadi sobat sesuai yang diminta
  • Sebelum klik ceklis, silahkan sobat baca terlebih dahulu syarat dan ketentuan
  • Maka OVO akan melakukan proses pembukaan OVO PayLater untuk akun sobat, silahkan tunggu 1x24jam.
  • Selesai!

Simak juga ulasan lainnya yaitu Cara Mengaktifkan Shopee PayLater

FAQ

Apa itu OVO PayLater ?

OVO PayLater adalah metode pembayaran dalam bentuk Kredit Limit yang dapat Anda gunakan untuk melakukan transaksi pada Situs/Aplikasi Tokopedia.


Bagaimana Jika Saya Tidak Membayar Tagihan OVO PayLater?

Sobat akan dikenakan biaya tunggakan per hari dari sisa nilai tagihan yang telah jatuh tempo sesuai dengan ketentuan yang terdapat dalam Perjanjian Fasilitas Pinjaman.

Akhir Kata

Itulah penjelasan tentang aplikasi OVO dan OVO Paylater serta cara daftarnya. Bagaimana? Sangat mudah bukan? Yang terpenting sobat siapkan saja syarat yang diminta. Baiklah, selamat mencoba! Semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *