Aplikasi Pinjaman Online Terbaik, Worth It Kah?

  • Whatsapp
Aplikasi Pinjaman Online terbaik

Jika dahulu proses pinjam meminjam terjadi di koperasi dan serba manual dengan menyiapkan beberapa syarat fisik, kini berkat adanya teknologi aplikasi banyak aplikasi pinjaman online terbaik yang bisa kerap kali dijadikan solusi bagi orang yang sedang membutuhkan uang dengan cepat.

Saat ini banyak aplikasi pinjaman online yang tersebar di Play Store, baik yang resmi dan terdaftar OJK, maupun aplikasi pinjaman online yang ilegal alias tidak terdaftar di OJK. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sendiri merupakan lembaga yang independen yang mempunyai fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan. OJK dibentuk berdasarkan UU Nomor 21 Tahun 2011 yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan

Read More

Pastinya jika sudah tedaftar OJK, Fintech tersebut dapat dipastikan aman. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang aplikasi fintech pinjaman online terbaik. Kira-kira apa saja daftar aplikasinya dan worth it kah aplikasi tersebut jika dipakai? simak jawabannya dibawah ini!

Aplikasi Pinjaman Online Terbaik

Meski banyak aplikasi pinjaman online yang hadir di Google Play Store, namun kami akan merekomendasi aplikasi fintech pinjaman onlne terbaik versi kami. Pastikan sobat menyimaknya hingga tuntas agar dapat menentukan ingin menggunakan aplikasi yang mana. Berikut daftar aplikasinya :

CashWagon

cashwagon aplikasi pinjaman online terbaik

Cashwagon adalah layanan pinjaman dana tunai tanpa jaminan online di Indonesia 2020 dan kredit online bagi setiap kebutuhan yang mendesak dengan dana tunai hingga Rp5.000.000 dalam tempo cicilan 180 hari, serta penyaluran dana cepat pada hari yang sama.

Perihal keamanannya, CashWagon mengklaim memanfaatkan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence, Machine Learning, serta Big Data yang dikatakan bisa mendeteksi skema penipuan juga mendeteksi aplikasi mencurigakan yang dilakukan sindikat untuk menipu. Dan Cahswagon sendiri sudah terdaftar dalam OJK, jadi sobat bisa tidak perlu risau.

Infomasi produk:
1. Jangka waktu cicilan pinjaman online: 61 hari – 180 hari
2. Suku bunga pinjaman uang online dalam satu tahun: 24% – 72%
3. Batas pinjaman tertinggi: Rp5.000.000
4. Biaya layanan pinjam uang: Biaya layanan sekitar 0,8% (tergantung pada batas pinjaman dan jangka waktu); Tidak ada biaya tambahan lainnya
5. Ambil pinjaman tunai sebesar IDR 1.000.000, jangka waktu pinjaman 90 hari: Suku bunga rendah: Pinjaman Rp1.000.000 dalam waktu 90 hari, jumlah total yang harus dibayar adalah Rp1.000.000 + (IDR 1.000.000 x 0, 8% x 90 hari) = Rp1.720.000

Berikut kontak dan alamat Cashwagon yang bisa sobat hubungi :

Lokasi KantorOleos 2 Building Jl. Kebagusan Jakarta 12520
Call Center(021) 40337979
Emailcustomercare@cashwagon.id

Tunaiku

aplikasi pinjol tunaiku

Rekomendasi aplikasi pinjaman Online terbaik lainnya yaitu ada aplikasi Tunaiku. Aplikasi ini sendiri adalah aplikasi pinjaman berbasis online, dimana nantinya sobat dapat meminjam cepat dana cash atau uang tunai sampai 20 juta rupiah dengan masa angsuran per bulan sampai 20 bulan.

Diluncurkan pada 2014, Tunaiku sendiri merupakan sebuah platform pinjaman online yang merupakan produk unggulan dari PT. Bank Amar Indonesia yang terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Amar Bank merupakan sebuah bank asal Surabaya yang hadir di Indonesia sejak 1991. Proses kredit pinjaman tanpa agunan berjalan cepat dan mudah karena Tunaiku diklaim menggunakan teknologi terkini.

Fitur Tunaiku

• Jumlah pinjaman : 2-20 juta
• Masa Tenor: minimum tenor 6 bulan dan maksimum tenor 20 bulan
• Bunga pinjaman rendah: 2% – 5%
• Bunga maksimum pertahun (APR): 24% – 60%
• Biaya administrasi pinjaman tunai: Rp 540rb
• Contoh penghitungan kredit cepat: jika mengambil pinjaman 10 juta, cicilan perbulan Rp 1.074.775 – Rp 1.371.955, total pembayaran Rp 12.897.300 – Rp 16.463.460

Aplikasi Pinjaman Online Terbaik Danamas

danamas aplikasi pinjol

Rekomendasi aplikasi pinjaman dana berbasis online yang dapat sobat coba yaitu ada aplikasi Fintech Danamas. BAgi sobat yang ingin atau sedang menjalankan bisnis dan butuh tambahan uang, mungkin fintech pinjaman online ini dapat menjadi solusi.

Nah aplikasi Danamas sendiri merupakan fintech P2P Lending yang berdiri di bawah payung Sinarmas Financial Service, dimana selain berfokus memberikan pinjaman kepada personal, namun juga bantuan modal usaha mikro.

Perihal syarat untuk mengajukan dana pinjmana di Danamas, syaratnya terbilang cukup sederhana, pasalnya sobat hanya harus berusia minimal 21 tahun dan wajib memiliki rekening di Bank Sinarmas. Jika nantinya sobat telah memenuhi syarat, maka sobat langsung bisa mengajukan pinjaman.

Beberapa fitur Danamas.

  • Pinjaman dana tunai hingga Rp7,5 juta. 
  • Jangka waktu mulai dari 90 hari hingga 1 tahun.
  • Bunga pinjaman sesuai dengan pendapatan pelaku usaha.
  • Pencairan dana akan ditransfer 1×24 jam setelah persetujuan.

Silahkan sobat download aplikasi Danamas melalui Google Play Store.

Berikut alamat serta call center Danamas.

Lokasi KantorRoxy Square Lt 5 Blok B Nomor 1  Jl. Kyai Tapa No. 1, Grogol Petamburan Jakarta Barat 11450
Call Center0800 1588 588 0882 2422 2001 / 0882 2422 2002 (Whatsapp)
Emailcs@danamas.co.id

Kredit Pintar

Kredit Pintar Pinjol

Rekomendasi aplikasi pinjaman online selanjutnya yaitu ada aplikasi fintech yang cukup terkenal, yup yaitu Kredit Pintar. Kredit Pintar fintech sendiri merupakan sebuah jasa layanan pinjaman online yang cepat dalam pencairan. Bagaimana tidak, pasalnya pencairan cepat dalam waktu kurang dari 24 jam. Aplikasi ini dapat digunakan jika sedang mengalami kendala butuh uang darurat.

Di aplikasi Kredit Pintar, developer menerapkan teknologi 2 step verification atau verifikasi ganda, dimana fitur ini dapat menghindari adanya penipuan. Terkait untuk pengajuan dana pinjaman, pengguna dapat menyiapkan Syarat di Kredit Pintar hanya dengan beberapa syarat, yaitu memiliki KTP dan NPWP beserta dokumen resmi lainnya.

Berikut Fitur di Aplikasi Kredit Pintar :

  • Plafon pinjaman hingga Rp2,3 juta 
  • Tenor pinjaman dari 60 sampai 90 hari.
  • Proses pencairan dana pinjaman di Kredit Pintar hanya butuh waktu kurang dari 60 menit.
  • Ada biaya layanan sebesar 10-15 persen dari total pinjaman. 
  • Biaya keterlambatan: 1 persen/hari. 
  • Proses pelunasan dan pembayaran cicilan yang mudah bisa dilakukan via transfer lewat ATM, M-Banking, BluePay dan di semua cabang Alfa Group (Alfamart, Alfamidi, Alfa Express, Lawson, dan lain-lain).

Berikut Informasi Kontak PT Kredit Pintar Indonesia.

Lokasi KantorDistrict 8 Treasury Tower lt 53, Sudirman Central Business District (SCBD) Lot 28 Jl. Jend Sudirman Kav 52-54, Senayan, Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12190
Call Center(021) 50598882
Emailcs@kreditpintar.com

Aplikasi Pinjaman Online Terbaik MauCash

Maucash alternatif pinjaman online

Daftar aplikasi pinjaman online terbaik lainnya yaitu ada aplikasi fintech MauCash. Aplikasi yang berada di bawah naungan PT Astra Welab Digital Arta ini dapat menjadi alternatif jika sobat sedang butuh uang dengan cepat dan efektif.

Terkait pembayarannya, Pembayaran cicilan kredit pinjaman dana di Maucash dapat dilakukan melalui bank transfer (ATM maupun Mobile Banking), Alfamart, dan kantor rekanan Maucash. Setelah pembayaran cicilan kredit pinjaman dibayarkan, sistem kredit pintar Maucash akan secara otomatis menerima pembayaran dan status pembayaran cicilan dalam aplikasi akan terupdate.

Untuk mengajukan pinjaman, sobat harus download terlebih dahulu aplikasinya melalui Google Play Store dan siapkan syarat sebagai berikut :

  • Berusia 18–65 tahun dan memiliki penghasilan
  • Berdomisili di wilayah layanan Maucash
  • Pastikan data yang diberikan benar
  • Pastikan dokumen pinjaman yang diberikan lengkap dan valid
  • Pastikan e-KTP yang dilampirkan dapat terbaca dengan jelas
  • Pastikan nomor telepon yang didaftarkan aktif dan dapat dihubungi

Info kredit pinjaman uang Maucash:

1. Nilai pinjaman uang tunai: Rp 500.000 – Rp 10.000.000
2. Tenor pinjaman uang: 61 hari s/d 365 hari
3. Biaya layanan pinjaman: 4,5% – 6%/bulan
4. Biaya administrasi: 5% – 24%
5. Maximum APR Cicilan: 64% – 95%
6. Contoh perhitungan pembayaran cicilan untuk pengajuan kredit pinjaman pertama: Jumlah pinjaman Rp2.000.000 + (Rp2.000.000 x 0,2% x 61 hari) = Rp 2.244.000

Informasi mengenai PT Astra Welab Digital Arta.

Lokasi KantorMenara FIF lt 16. Jl TB Simatupang Kavling 15 Cilandak, Kota Jakarta SelatanDaerah Ibukota Jakarta 12440
Call Center1500 396
Emailhalo@maucash.id

Bagaimana Cek Perusahaan yang Terdaftar di OJK?

Agar sobat tidak penasaran dan merasa khawatir apakah aplikasi Fintech pinjaman online lainnya yang tidak direkomendasikan di atas apakah sudah terdaftar di OJK atau belum, sobat bisa mengecenya langsung melalui situs resm Otoritas Jasa Keuangan. Jika penasaran, berikut langkah-langkah yang bisa sobat ikuti:

  • Pertama, sobat bisa buka browser di HP maupun PC
  • Setelah itu, klik tab browser lalu kunjungi situs OJK di link https://www.ojk.go.id/ 
  • Lalu masuk ke menu daftar pinjaman online resmi
  • Terakhir, temukan logo atau nama perusahaan pinjol yang ingin sobat cari. Jika tertera berarti perusahaan tersebut sudah terdaftar. Jika belum, dipastikan perusahaan tersebut masih ilegal di Indonesia.

Selain melalui website resmi OJK, sobat juga dapat menghubungi pihak Otoritas Jasa Keuangan melalui nomor telpon 157, dan setelah tersambung, sobat dapat bertanya terkait perusahaan Fintech tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Fintech Pinjaman Online

Tentunya aplikasi pinjaman online memiliki fitur kelebihan, maupun kekurangan. Nah perlu sobat ketahui agar sudah tahu resikonya ketika ingin meminjam uang. Berikut ulasannya:

Kelebihan

  • Pinjaman Online Membutuhkan Syarat yang Mudah; Tentu hal inilah alasan mengapa pinjol banyak dicari orang. Berbekal persyaratan yang mudah seperti hanya menginstall aplikasi, dan KTP saja sudah bisa melakukan peminjaman dana
  • Proses Pencairan Uang Yang Cepat; Jika berbicara fakta, pada umumnya aplikasi pinjol tidak akan lama dalam mencairkan dana kepada pengguna. Ketimbang meminjam di koperasi atau dengan saudara, banyak orang yang memilih meminjam di pinjol karena peminjaman yang bisa meminjam dengan nominal besar dan cepat.
  • Tidak Membutuhkan Jaminan; Ini juga alasan mengapa berbagai pinjol selalu dibanjiri orang. Dengan berbekal jaminan data diri saja seperti KTP, pengguna sudah bisa mendapatkan uang pinjaman. Lain halnya jika meminjam di bank jasa gadai, proses pencairannya tidak langsung, dan membutuhkan jaminan.
  • Dapat Meminjam Kapan Saja dan Dimana saja; Berkat adanyanya aplikasi, pengguna dapat mengakses aplkasi dan meminjm uang kapan saja dan dimana saja. Yang terpenting, pengguna harus memiliki koneksi internet pada perangkatnya.

Kekurangan & Resiko

  • Bunga Yang Terlalu Besar; Pastinya pinjaman online selalu menerapkan bunga atas cicilan yang dibayarkan. Jika pengguna tidak mengetahui informasi bunga pada pinjaman online, bisa-bisa nantinya memberatkan karena jumah nominal yang dibayarkan sangat jauh dengan utang aslinya.
  • Tagihan Yang Membengkak; Tentunya resiko satu ini harus sobat persiapkan. Pasalnya, pada beberapa kasus, pengguna yang telat membayar akan dikenakan sanksi atau denda dengan tambahan biaya yang besar.
  • Banyak Pinjol Yang Tipu-Tipu; Alasan inilah mengapa kami tekankan pada sobat untuk selalu mengecek perusahaan pinjol tersebut di OJK. Apakah sudah terdaftar atau tidak. Pasalnya, jika perusahaan pinjol ilegal, maka data sobat tidak akan aman.
  • Penagih Yang Spam Telpon Dan Datang Ke Rumah; Tentunya hal ini tidak ingin dirasakan oleh setiap pengguna pinjol. Maka dari itu, pastikan sobat harus membayar tagihan dengan tepat waktu agar tidak ditagih terus-terusan.

Simak juga ulasan lainnya tentang Dompet Uang APK yang bisa sobat ketahui dan coba!

Akhir Kata

Itulah penjelasan tentang rekomendasi aplikasi pinjaman online terbaik, caa melihat perusahaan pinjaman online terdaftar OJK atau tidak, serta kekurangan dan kelebihan dari pinjaman online yang dapat kami sampaikan. Bagaimana? sudah cukup jelas bukan? Dengan begitu, sebaiknya jika tidak butuh-butuh amat, sebaiknya hindari pinjaman online karena nantinya akan memberatkan.

Sekian, semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *