Cara Daftar Grabfood Agar Bisnis Kuliner Kamu Makin Berkembang!

  • Whatsapp

Siapa yang tidak mengenal jasa pesan dan antar, satu ini? Yup aplikasi Grab merupakan salah satu platform layanan on demand terbesar di Asia Tenggara. Fitur yang diberikannya hampir serupa dengan pesaingnya Gojek. Mulai dari ojek motor online, antar ojek mobil online, hingga pesan dan antar makanan secara online (Grabfood). Kemudahan yang ditawarkan justru bukan hanya berguna bagi para konsumen, namun juga bagi para penjaja makanan. Jika sobat mempunyai usaha kuliner, silahkan daftar dengan menyimak artikel cara daftar grabfood ini!

Cara Daftar Grabfood Dengan Mudah

Cara Daftar Grabfood

Nah, bagi sobat yang ingin segera mengetahui cara daftar Grabfood, silahkan simak informasinya di bawah ini! Pastikan simak hingga tuntas ya!

Read More

Silahkan Kamu Untuk Membuat Profil Serta Verifikasi Akun

Nah, sobat bisa membuat profil di halaman GrabFood Merchant terlebih dahulu, serta memverifikasi akun sobat agar dapat ke proses selanjutnya. Profil yang dibutuhkan antara lain seperti Nama usaha/Restoran, alamat usaha/Restoran beserta kota, pastikan juga menyiapkan no. HP yang aktif, serta alamat email yang aktif dan sobat gunakan.

Berikt langkah-langkah selanjutnya:

  • Pertama, sobat bisa buka laman https://www.grab.com/id/merchant/food/ untuk mulai mengisi formulir
  • Silahkan untuk mengisi form yang tersedia, pastikan sobat mengisinya dengan sesuai
  • Kemudian jika sudah, sobat silahkan klik Daftar 
  • Nah, nantinya pihak GrabFood akan melakukan verifikasi dan pemeriksaan data sobat.
  • Setelah itu maka akan dikirimkan verifikasi email
  • Pastikan juga sobat memverifikasi Email tersebut
  • Selesai!

Masukkan Detail Usaha Kuliner Sobat

Jika pihak Grabfood sudah berhasil memverifikasi email sobat, selanjutnya pihak GrabFood nantinya akan mengontak sobat serta menjelaskan alur berikutnya yang terkait dengan informasi toko usaha sobat. Di sini sobat akan dihubungi via email, dan sobat diminta untuk melengkapi informasi terkait usaha kuliner sobat. Contohnya seperti foto lapak jualanmu, foto menu-menu yang bisa di jual, dan daftar harga, dan lain sebagainya. Silahkan di isi ya!

Lakukan Tanda Tangan Kesepakatan

Jika sobat sudah melengkapi syarat yang sudah dijelaskan di atas, nantinya pihak GrabFood akan mengirim kembali verifikasi di email. Verifikasi tersebut meliputi syarat dan ketentuan, serta kesepakatan sobat dengan SNK yang berlaku. Jika sekiranya sudah oke, langsung tanda tangan di tempat yang tersedia.

Lakukan Verifikasi Email Usaha atau Outlet

After sobat menyepakati ketentuan yang berlaku (kontrak kesepakatan), sobat akan kembali diminta melakukan verifikasi e-mail outlet atau usaha sobat dalam batas waktu maksimal 72 jam. Jika tidak ada kendala, jangan menunggu dan langsung saja sobat verifikasi emailnya ya! Mengapa? karena jika sobat tidak melakukan verifikasi email toko, maka proses pengajuan akan gagal. Nantinya sobat harus menghubungi customer service GrabFood untuk verifikasi ulang dan cukup memakan waktu.

Verifikasi OVO Milik Mu

Sobat pasti sudah tahu bahwa Grab bekerjasama dengan OVO bukan? nah, jika menjadi pelapak di Grabfood, sobat dimnta untuk mendaftarkan dan autentikasi OVO milik mu. Tapi bagi yang belum tahu, OVO sendiri merupakan dompet digital yang bekerja sama dengan Grab dan GrabFood terkait pembayaran di dalam aplikasi. Dengan kata lain, OVO menjadi rekening sobat yang dapat berfungsi sebagai pembayaran antara konsumen dan penjual.

Finalisasi dan Pelatihan

Jika sobat sudah menyelesaikan semua langkah demi langkah sebelumnya, maka pihak Grabfood akan memberikan sobat materi berupa tips bagaimana cara memaksimalkan dan mengembangkan penjualan. Nantinya sobat juga mendapatkan cara mengaktifkan akun grabfood sobat.

Nah, begitulah cara daftar Grabfood yang bisa sobat ikuti. Mendaftarkan usaha kuliner di Grabfood memang perlu effort, namun jika dimanfaatkan dengan baik, maka keuntungan juga akan semakin naik dan terus berkembang.

Syarat Pendaftaran Grabfood Agar Proses Cara Daftar Grabfood Berhasil

syarat dan Cara Daftar Grabfood

Bagi sobat yang berhasil mengikuti cara daftar Grabfood dan sudah berhasil mendaftarkan usaha kulinernya di Grabfood, maka bisa langsung menjajakan makanannya secara online di aplikasi Grab. Tapi bagi sobat yang mengalami kendala, sobat harus crosscheck kembali barangkali ada beberapa syarat yang belum terpenuhi. Nah, berikut syarat pendaftaran Grabfood:

  • Lengkapi Informasi Usaha/Restoran Sobat

Di sini sobat bisa melengkapi nama bisnis/restoran, alamat restoran disertai koordinat di Google Maps yang tepat, lalu melaampirkan alamat restoran secara detail seperti RT dan RW dan Nomor (Jika usaha sobat berada di dalam mall atau sebuah gedung, sobat bisa masukkan juga lantai serta nomor kios), masukkan nomor telepon restoran yang dapat dihubungi, Email restoran yang masih aktif.

Melampirkan foto-foto restoran (tampak depan dan dalam, pastikan banner restoran sobat nampak di dalam foto), lampirkan juga foto sobat atau sebagai pemilik yang sedang berada di depan banner restoran sobat, lampirkan juga foto pemilik dengan makanan yang dijual (pastikan wajah sobat harus sesuai dengan foto KTP. Pastikan foto tampak HD alias tidak buram. terakhir sobat bisa mencantumkan logo restoran (namun ini bersifat opsional)

  • Lengkapi Identitas Sobat

Sobat dapat melengkapi identitas untuk nantinya dapat melewatkan proses verifikasi. Nah, berkasi yang harus sobat siapkan adalah Foto KTP, jika sobat adalah warga negara asing, silahkan siapkan foto passport. Selanjutnya siapkan foto selfie sambil memegang KTP sobat. Sobat pastikan KTP terlihat tidak buram, dan tulisannya masih terbaca. Jika WNA, lakukan sellfie dengan memegang Passport.

Selanjutnya, sobat bisa melampirkan foto NPWP ata yang berkaitan.

  • Lengkapi Informasi Rekening Sobat

Cara Daftar Grabfood selanjutnya adalah sobat bisa menyiapkan juga nomor rekening akun tabungan milik sobat, lalu siapkan foto buku tabungan atau juga bisa gunakan tampilan Online Banking. Jangan sampai foto tersebut terlihat buram supaya memudahkan verifikasi nantinya.

Perlu sobat ketahui, jika sobat memiliki rekening yang berbeda dengan nomor rekening penanggung jawab utama, sobat bisa lampirkan surat kuasa.

  • Lengkapi Informasi Menu Usaha Sobat

Di sini sobat siapkan daftar menu yang bisa di order, foto-foto daftar menu yang tersedia. Nah, usahakan foto-foto makanan sesuai dengan nama menu, terlihat rapih dan kalau memungkinkan foto dengan estetik. Mengapa? karena semakin menarik foto tersebut, maka konsumen juga akan semakin ingin membeli produk makanan sobat.

Itulah kira-kira syarat yang harus sobat persiapkan. Cara daftar grabfood serta syaratnya tentu bisa sobat ikuti bukan? silahkan ikuti langkah demi langkah seperti yang sudah dijelaskan ya!

Di Area Mana Saja GrabFood Beroperasi?

Cara Daftar Grabfood

Sselain mengetahui dara daftar Grabfood, sebagai pengusaha yang ingin menjajakan produknya di GrabFood, sebaiknya perlu kamu ketahui terlebih dahulu lokasi yang tersedia agar penjualan mu semakin berkembang. Nah, menurut laman web Grab sendiri, mereka mengklaim telah beroperasi aktif di seluruh area Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Bali, Makassar, Medan, Palembang, Semarang, Yogyakarta, Malang, Solo, Manado, Batam, Bandar Lampung, Cirebon, Samarinda, Pekanbaru, Balikpapan, Padang, Pontianak, Banjarmasin, Jambi, Sukabumi, dan Cimahi.

Jika di luar daerah yang disebutkan maka sobat bisa bertanya terlebih dahulu ke CS Grabnya agar tidak ada misskomunikasi.

Ikuti juga artikel lainnya tentang cara lapor gangguan yang terjadi pada wifi Indihome!

Akhir Kata

Itulah syarat pendaftaran Grabfood, cara daftar Grabfood sertaa daerah mana saja yang mendukung layanan Grabfood yang dapat kami sampaikan untuk sobat. Bagaimana? terlihat cukup mudah bukan? dengan begini, semoga artikel ini dapat mempermudah pendafaran restoran sobat ke Grabfood dan usaha sobat semakin ramai dan berkembang.

Selamat mencoba!

FAQ

Bagaimana Cara Daftar Grabfood?

Sobat bisa lakukan dengan mengunjungi laman resmi pendaftaran merchant Grabfood di sini https://www.grab.com/id/merchant/food/ . Pastikan isi datanya dengan lengkap dan sesuai!

Apakah Grabfood Tersedia di Luar Pulau Jawa?

tentu, pengguna Grab yang berada di luar pulai tidak perlu khawatir, karena Grab terutama Grabfood tersedia di luar pulau jawa.

Apakah Bisa Menjual Makanan Apapun di Grabfood?

Selama sobat mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku, maka produk apapun dapat sobat jual. Silahkan maksimalkan produk dengan melampirkan foto menu secara estetik, agar banyak nantinya banyak pembeli yang memesan menu sobat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *