Ponsel – Ponsel Diluar Huawei Ini Dapatkan Pembaruan HarmonyOS 2, Ancaman Untuk Android ?

  • Whatsapp
HarmonyOS 2
image credit via Channel Youtube/Gadget View

Huawei meluncurkan HarmonyOS 2 sebagai sistem operasi untuk perangkat – perangkat besutan mereka. Dengan diluncurkannya OS tersebut mengisyaratkan akan lebih banyak perangkat baru yang diluncurkan perusahaan. Namun secara mengejutkan  Huawei melakukan pembenahan agar OS itu kompatibel  untuk  perangkat – perangkat lama, bahkan beberapa perangkat di bawah bendera Honor turut disertakan dalam kompabilitas OS ini.

HarmonyOS 2

Seri Honor 20 dan Honor View 20 yang sebelumnya menggunakan OS Android kini telah dapat ditingkakan ke versi lengkap dari HarmonyOS 2. Perlu dicatat, kedua perangkat tersebut merupakan ponsel – ponsel yang dipasarkan sebelum Honor melepaskan diri dari Huawei.  

Read More

Ini juga merupakan pertama kalinya ponsel  diluar Huawei yang sebelumnya berjalan diatas Android besutan Google diberi akses ke pembaruan. Selain itu, ponsel – ponsel Honor ini sebenarnya mempunyai akses ke Layanan Seluler Google yang termasuk didalamnya Play Store, Gmail, dan Maps, yang tak dimiliki ponsel – ponsel Huawei setelah dihapus dari perangkat perusahaan sejak pertengahan 2019.

HarmonyOS sebenarnya juga merupakan solusi akan kurangnya aplikasi, namun yang jadi pertanyaan akankah brand – brand lain utamanya yang bermarkas di Tiongkok mengikuti jejak Honor? Sebelumnya sempat terdengar kabar bahwa Xiaomi, Vivo, Oppo, dan Meizu sedang mempertimbangkan untuk membawa HarmonyOS di ponsel besuan mereka, bahkan Nokia yang notabenya bukan ponsel asal Tiongkok juga memiliki kemungkinan untuk memakai OS ini.

HarmonyOS sendiri secara resmi diluncurkan sejak 2019  pada sebuah konferensi di Dongguan. Huawei menyebut HarmonyOS sebagai sebuah sistem operasi yang memiliki fokus kepada distribusi berbasis mikrokernel gratis untuk berbagai jenis perangkat. OS ini pertama kali ditujukan untuk perangkat IoT, termasuk TV pintar, warable device, dan sistem hiburan dalam mobil, dan bukan memposisikan HarmonyOS sebagai OS untuk ponsel.

Namun setahun berselang mereka memutuskan untuk merilis HarmonyOS 2.0 pada Huawei Developer Conference untuk kemudian mengirimkan sistem operasi pada smartphone besutannya pada tahun 2021 ini. Versi beta HarmonyOS 2.0 diluncurkan sejak 16 Desember 2020.

HarmonyOS tak memiliki aplikasi yang dikemas ke dalam format file APK seperti milik Android, aplikasi – aplikasi HarmonyOS dirilis dalam sebuah Paket Aplikasi yang diakhiri ekstensi .app yang didistribusikan di AppGallery milik Huawei.

AppGallery merupakan tempat selayaknya PlayStore bagi pengguna dimana pengguna dapat mengunduh dan menginstal aplikasi – aplikasi Android yang kompatibel dengan HarmonyOS. Secara umum, perbedaan aplikasi antara kedua OS ini terlihat dimana aplikasi HarmonyOS ditandai dengan subskrip “HMOS” pada ikon aplikasi serta garis bawah di bawah ikon aplikasi yang menandakan fitur kartu layanan tersedia di HarmonyOS.

Baca juga: MX Player Pro Apk Mod.

Aplikasi – aplikasi yang dikembangkan dengan dasar fitur HarmonyOS tertentu tidak akan didukung pada ponsel yang menjalankan Android, meskipun baik aplikasi HarmonyOS dan aplikasi Android diizinkan untuk menggunakan Layanan Seluler Huawei sebagai salah satu opsi. Beberapa laporan menyebut per Juni 2021, ada sekitar 500.000 pengembang yang berpartisipasi dalam pengembangan aplikasi HarmonyOS. Adanya kompetisi dari HarmonyOS ini tentu akan memacu Android menawarkan fitur – fitur terbaik yang pada akhirnya akan menguntungkan para pengguna.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *