Cara Komplain JNE Dengan Mudah!

  • Whatsapp

Belanja online memang menjadi kegiatan yang bisa dikatakan sangat lekat dengan keseharian kita. Terlebih di masa dengan kondisi pandemi saat ini, yang mana pusat perbelanjaan masih menutup diri karena adanya regulasi dari pemerintah. Belanja online menjadi alternatif utama yang aman, karena proses pengiriman barang dikirim menggunakan jasa ekspedisi dan membayar dengan metode cashless, salah satunya jasa JNE. Namun suatu waktu kita mendapati masalah entah barang rusak atau kondisi packaging kurang baik. Nah, di sini sobat bisa lho komplain. Bagaimana sih caranya? simak cara komplain JNE di bawah ini!

Cara Komplain JNE Melalui Call Center (Customer Care)

cara komplain JNE

image/jne.co.id

Read More

Cara komplain JNE yang pertama yang dapat sobat coba adalah dengan menggunakan layanan Customer Service di nomor JNE. Mengapa kami merekomendasikan cara pertama dengan Call Center? karena cara ini menurut kami cara komplain JNE yang cepat mendapat respon. Nah, berikut langkah-langkahnya!

  • Pertama, pastikan sobat memiliki saldo pulsa yang cukup
  • Selanjutnya, sobat bisa buka menu Panggilan di HP
  • Lalu silahkan sobat masukkan nomor telepon Customer Care JNE (62-21) 5086 8880 atau (021) 2927 8888
  • Setelah tersambung, sobat akan dihubungkan dengan CS terkait masalah sobat
  • Saat sudah terhubung, sobat bisa jelaskan permasalahan yang sobat dapati terhadap paket milik sobat
  • Maka CS akan menjelaskan dan memberikan arahan, silahkan di simak dan diikuti!
  • Selesai!

Catatan : Pastikan sebelum menghubungi CS JNE, sobat bisa persiapkan beberapa hal terlebih dahulu seperti :

  1. Nomor Resi pengiriman paket sobat
  2. Layanan JNE yang digunakan
  3. Nama dan Alamat serta nomor HP si pengirim paket sobat
  4. Nama dan alamat serta nomor HP sobat (Penerima paket)
  5. Jenis paket sobat misal pecah belah, berat paket, dsb
  6. Masalah yang terjadi pada paket sobat (Misal paket pecah/rusak, packaging yang sobek, dsb)

Mengapa harus dipersiapkan hal tersebut? sekedar informasi, dapat dipastikan petugas layanan (CS) akan menanyai hal tersebut sebagai bentuk verifikasi. Pastikan dipersiapkan ya!

Cara Komplain JNE Barang Rusak Via Fitur Ask Joni

cara komplain jne dengan fitur ask joni

Cara komplain JNE dengan mudah selanjutnya yang dapat soba coba adalah dengan menggunakan fitur Ask Joni yag ada pada website resmi JNE. Fitur ini tergolong layanan JNE yang dapat diandalkan lho! Jika sobat tidak ingin mencoba cara pertama karena tidak memiliki cukup pulsa, sobat bisa simak cara ini! Berikut langkah-langkahnya!

  • Langkah awal, silahkan sobat buka browser di HP/Laptop
  • Kemudian sobat bisa masuk ke situs resmi JNE di jne.co.id/beranda 
  • Setelah itu maka sobat akan masuk ke laman beranda JNE, nah di sini silahkan sobat pilih menu Hubungi Kami
  • Jika sudah masuk ke menu Hubungi Kami, sobat bisa pilih menu Ask Joni yang terletak di sisi kiri
  • Maka akan muncul form seperti ini
    1. Nama Lengkap
    2. Alamat Email Anda
    3. Nomor Telepon atau WA aktif yang bisa di hubungi
    4. Untuk Subject silihakan pilih Customer Service
    5. Isi keluhan 
  • Nah di sini sobat bisa masukkan data dengan sesuai ya, dan pastikan jelaskan keluhan dengan benar dan jelas
  • Jika sekiranya sobat sudah mengisi semua, langsung saja kirim pesannya dengan menekan “SEND MESSAGE”
  • sobat bisa menunggu tanggapan dari pihak JNE

Pastikan sobat mengisi nomor maupun email yang aktif ya, karena biasanya pihak JNE sendiri akan menghubungi sobat terkait tanggapan permasalahan pada paket melalui nomor telepon atau email yang sobat masukan pada form pengaduan tersebut.

Cara Komplain JNE Lewat Email

Cara Komplain JNE Lewat Email

Nah, cara komplain JNE selanjutnya yang mudah untuk sobat lakukan adalah dengan mengadukan permasalahan paket melalui Email JNE. Cara ini terbilang mudah dan simple, namun kekurangannya kiriman tanggapan atau respon tidak lebih cepat daripada via telpon Customer Care. Berikut langkah-langkahnya!

  • Langkah awal, silahkan sobat buka Email di HP atau Laptop
  • Selanjutnya sobat bisa masuk ke Compose (tulis pesa)
  • Masukkan Alamat Email Customer Care JNE > customercare@jne.co.id
  • Setelah itu silahkan tulis Subjek : Paket Bermasalah
  • Selanjutnya sobat bisa menyampaikan keluhan di isi pesan. Di sini, sobat bisa tuliskan permasalahan yang sobat dapati pada paket sobat, tak lupa sobat tuliskan nama lengkap, nomor resi, jenis layanan (misal layanan Express/reguler(reg)/yes, dsb), nomor HP yang aktif, dan isi paket yang bermasalah (gunakan bahasa yang jelas tidak bertele-tele)
  • Setelah itu sobat bisa klik Send

Maka petugas JNE akan memproses pengaduan sobat tersebut. Silahkan di tunggu responnya. Biasanya respon dikirimkan melalui email balasan ataupun juga dengan menghubungi nomor HP milik sobat.

Komplain JNE Melalui Sosial Media JNE

Komplain JNE Melalui Sosial Media JNE

Cara komplain JNE untuk paket sobat yang bermasalah selanjutnya yaitu sobat dapat memanfaatkan fitur sosial media resmi JNE. Pelaporan masalah pada paket melalui sosmed tergolong praktis sekaligus cepat di respon lho!

Tentu cara pengajuan masalah di sosmed JNE sangat mudah, sobat hanya perlu mengunjungi sosial media resmi JNE. Berikut sosial media JNE yang dapat sobat hubungi via DM

Setelah masuk ke profil akun JNE tersebut, sobat bisa masuk ke DM mereka, dan tuliskan pesan pengaduan dengan isi pesan : Nama, nomor HP sobat yang aktif, nomor resi paket, nama pengirim, dan masalah yang terjadi pada paket. Setelah itu sobat bisa kirimkan pesannya.

Cepat atau lamanya tanggapan dari admin JNE bergantung pada jam sibuk atau tidak. Silahkan sobat coca cara ini ya!

Cara Komplain JNE Salah Alamat Via Kantor Pusat Atau Cabang JNE

Cara Komplain JNE Salah Alamat Via Kantor Pusat Atau Cabang JNE

Selain ketiga cara tersebut, sobat juga bisa mengajukan komplain JNE dengan langsung mendatangi kantor JNEnya. Sekedar informasi bagi sobat yang berdomisili di Jakarta, sobat bisa langsung mendatangi kantor JNE pusat dengan alamat Jl. Tomang Raya No. 11, Jakarta Barat 11440, Indonesia, nomor Contact center. (62-21) 5086 8880 dan Office. (62-21) 566 5262.

Bagi Sobat yang berada di luar kota Jakarta seperti Malang, Sukabumi atau Surabaya, Batam, dan kota lainnya, sobat tetap bisa mendatangi kantor JNE terdekat atau kantor JNE wilayah dan kantor perwakilan (kantor cabang). Di kantor perwakilan, petugas JNE akan segera membantu untuk melakukan pengecekan paket sobat ke kantor JNE Pusat. Jika kesulitan menemukan kantor JNE, silahkan sobat gunakan Google Maps dan cari keyword Kantor JNE Terdekat.

Walau cara ini cepat dan langsung mendapat respon dari petugas pelayanan, namun tidak kami rekomendasikan. Karena cara ini cukup ribet dimana sobat harus mendatangi jauh-jauh kantornya. Silahkan manfaatkan cara mudah sebelumnya saja!

Beberapa Hal Yang Bisa Sobat Laporkan Ke JNE

Hal Yang Bisa Sobat di Laporkan Ke JNE

Memang pada beberapa pengguna jasa JNE bingung ketika mendapati masalah pada paketnya. Bagi pengguna, lakukan saja pengaduan karena memang JNE sendiri memiliki layanan pengaduan yang bisa di andalkan. Biasanya hal-hal yang diadukan berupa:

  • Paket yang yang sampainya tidak sesuai dengan estimasi pengiriman atau lewat dari waktu yang ditentukan (terlambat). Tapi faktor ini dapat pengguna cek resi di halaman cek paket JNE, barangkali memang barang tersebut masih on process.
  • Paket yang tidak sampai ke alamat tujuan (nyasar)
  • Paket hilang atau rusak dan tidak kunjung datang
  • Tidak terdapat pembaruan lokasi barang setelah di cek di fitur track JNE
  • Tidak puas terhadap pelayanan petugas ataupun kurir
  • Status paket di aplikasi Shopee, Tokopedia atau semacamnya sudah sampai di alamat tujuan, tapi penerima malah belum menerima paket tersebut
  • Tidak adanya asuransi padahal sudah membayar

Itulah pelaporan umumnya yang di adukan oleh beberapa pengguna. Jika sobat mengalami salah satu tersebut, jangan segan untuk melaporkan.

Baca juga artikel terkait lainnya tentang Cara cek ongkir JNE cepat dan mudah yang dapat kamu coba!

Akhir Kata

Itulah ulasan mengenai cara komplain JNE dengan 5 cara mudah yang bisa kami sampaikan. Bagaimana, cukup oke bukan untuk di coba? sekarang sobat tidak perlu bingung lagi. Silahkan diikuti langkah-langkahnya ya!

Demikian, semoga bermanfaat!

FAQ

Bagaimana cara komplain JNE Barang hilang?

Sebagai pengguna jasa ekspedisi JNE, sobat berhak mengadukan jika terdapat masalah pada paket di Customer Care, Email, maupun melalui fitur ask Joni di wesbite JNE.

Apakah Call Center JNE Bebas Pulsa?

Tarif pulsa disesuaikan dengan kebijakan provider yang kamu gunakan, dan lamanya waktu bicara.

Apakah kantor cabang JNE buka?

Sobat dapat mendatangi langsung kantor JNE terdekat untuk melakukan pengaduan masalah pada paket dan jangan lupa tunjukan nomor resi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *