Cara Mengatasi Sayangnya Instagram Telah Berhenti di Android

  • Whatsapp
Instagram Telah Berhenti

Cara Mengatasi Sayangnya Instagram Telah Berhenti – Menghabiskan waktu dengan men-scroll berita-berita update di Instagram kerap menjadi aktivitas favorit beberapa orang saat ini. Bukan hal yang mengherankan sebenarnya, sebab ada banyak hal yang bisa ditemukan melalui aplikasi media sosial satu ini, sehingga mampu membuat penggunanya menjadi betah berselancar di dalamnya.

Namun, meskipun dibuat dan dikembangkan oleh salah satu perusahaan yang cukup besar di dunia, bukan berarti aplikasi ini sudah sempurna sepenuhnya. Beberapa kendala mungkin masih kerap kali ditemui oleh para pengguna. Contohnya sistem yang error atau bug hingga memunculkan berbagai pesan-pesan seperti sayangnya Instagram telah berhenti, Instagram not responding, dan lain-lainnya.

Read More

Pesan-pesan seperti ini tentunya bisa membuat siapapun menjadi jengkel dan kesal.Terutama jika sedang fokus mengulik sebuah informasi, tiba-tiba aplikasi Instagram keluar dengan sendirinya dan hanya meninggalkan pesan-pesan tersebut. Namun jangan terlalu khawatir lagi, sebab ulasan kali ini akan membahas seputar cara mengatasi sayangnya Instagram telah berhenti beserta penyebabnya.

Penyebab Sayangnya Instagram Telah Berhenti

Instagram Telah Berhenti (1)

Mendapati aplikasi yang sedang dijalankan tiba-tiba menjadi error dan membuat kita keluar dari aplikasi tersebut dengan sendirinya adalah hal yang cukup menyebalkan. Umumnya hal tersebut terjadi karena alasan bug atau sistem sedang error pada saat itu. Cara mengatasi sayangnya Instagram telah berhenti seperti itu dapat dimulai dengan mengetahui terlebih dahulu akar penyebabnya. Sebab, sistem yang error bisa terjadi akibat buntut dari beberapa hal yang luput dari perhatian penggunanya. Agar Anda bisa menyadari akar permasalahannya, berikut adalah beberapa penyebab hal tersebut :

RAM Penuh

Membiarkan ruang penyimpanan atau RAM penuh adalah suatu kebiasaan yang harus ditinggalkan.Ruang penyimpanan yang penuh tidak hanya membuat aktivitas Anda di dalam ponsel menjadi terbatas karena sudah tidak adanya ruang yang tersedia, namun juga kerap membuat sistem dan aplikasi pada ponsel error. Salah satunya, yakni munculnya masalah Sayangnya Instagram Telah berhenti pada aplikasi Instagram Anda. Hal ini terjadi karena semakin digunakan, pengoperasian Instagram juga akan semakin menyumbang sampah pada ruang penyimpanan Anda. Akibatnya, sistem aplikasi menjadi bug hingga error.Terlebih jika kapasitas RAM penyimpanan ponsel Anda hanya 1GB saja.

Baca juga: Cara Mencari dan Menggunakan Filter IG Tanduk Ungu.

Aplikasi Belum Terupgrade

Melakukan upgrade aplikasi secara rutin juga merupakan suatu aktivitas yang mesti dilakukan secara berkala atau setiap kali aplikasi membutuhkan pembaharuan. Hal ini bukan hanya agar pengguna bisa mendapatkan dan menikmati fitur-fitur terbaru yang dihadirkan oleh aplikasi versi terbarunya tersebut, tapi juga untuk menghindari sistem yang sudah tidak kompatible lagi dengan versi lawas dari aplikasi terkait. Hal ini juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya gangguan pada aplikasi Instagram.

Sistem Operasi yang Telah Usang

Tak hanya pada aplikasi terkait saja, aktivitas pembaharuan juga terkadang dibutuhkan untuk sistem operasi pada ponsel kita.Pasalnya, perkembangan teknologi yang semakin pesat dan tidak ada hentinya kian menuntut ponsel yang kita gunakan harus tetap kompatible dengan layanan atau aplikasi-aplikasi yang bertebaran saat ini. Jika peringatan pembaharuan selalu diabaikan, sistem pada ponsel dapat mengganggu layanan serta aplikasi yang sedang digunakan.

Cache Menumpuk

Menumpuknya file sampah atau cache pada ponsel, terutama pada masing-masing aplikasi yang cukup sering digunakan, adalah salah satu penyebab dan kian menjadi penyebab utama penyimpanan ponsel cepat penuh. Penumpukan file cache yang terus menerus hanya akan membuat ponsel menjadi lemot dan aplikasi dapat keluar dengan sendirinya.

Ponsel Panas

Setiap pengguna aktif ponsel pastinya cukup sering mendapati hp menjadi begitu panas akibat telah dimainkan dengan cukup lama dan tanpa henti. Selain dapat berdampak jangka panjang tehadap ponsel itu sendiri, ponsel yang panas dan tetap dimainkan bisa membuat beberapa aplikasi yang sedang digunakan saat itu menjadi terganggu, seperti pemberitahuan sayangnya Instagram telah berhenti.

Cara Mengatasi Sayangnya Instagram Telah Berhenti

Setelah mengetahui penyebab dari terjadinya gangguan di atas, cara mengatasinya juga bisa dengan mudah dilakukan. Namun untuk mengetahuinya lebih detail, berikut adalah cara mengatasi sayangnya Instagram telah berhenti dengan mudah:

Mengupdate Aplikasi Instagram

Seperti yang telah diketahui, aplikasi dengan versi yang ketinggalan bisa membuat aplikasi tersebut tidak dapat beroperasi dengan baik. Begitu pula bagi Instagram yang juga kerap kali memberikan pembaharuan-pembaharuan tertentu terhadap beberapa fitur di dalamnya.

Untuk memperoleh Instagram dengan versi terbarunya, Anda bisa melakukan pembaharuan dengan cara mengunjungi Playstore maupun Appstore bawaan lainnya di ponsel Anda. Cukup lakukan pencarian untuk aplikasi yang ingin diupdate, lalu tekan tombol Update selama tombol tersebut tersedia dan mesti dilakukan peng-update-an.

Mengecek dan Menutup Recent App

Recent App merupakan sederet aplikasi-aplikasi yang baru saja atau yang terakhir digunakan.Setiap kali selesai membuka aplikasi, keluar dari aplikasi tidak serta merta bisa membuat aplikasi tersebut selesai digunakan. Aplikasi akan tetap berjalan di latar belakang meskipun sedang tidak Anda operasikan. Banyaknya aplikasi yang tetap berjalan seperti ini, bisa membuat pengoperasian aplikasi lainnya terganggu, termasuk Instagram.

Untuk memastikan aplikasi-aplikasi tersebut telah selesai beroperasi sepenuhnya dan Instagram bisa digunakan tanpa hambatan, silahkan menutup atau membersihkan Recent App yang ada dari latar belakang sistem ponsel Anda.

Membersihkan Cache

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, cache yang kerap dihasilkan saat mengoperasikan suatu aplikasi akan membuat pengoperasian ponsel secara keseluruhan menjadi terganggu apabila dibiarkan terus menerus menumpuk. Cara mengatasinya adalahdengan membersihkan cache bisa dengan memanfaatkan aplikasi Ccleaner, CleanMaster, dan aplikasi pembersih lainnya, ataupun dibersihkan secara manual melalui layanan menu Kelola Aplikasi di Pengaturan ponsel Anda. Pada dasarnya, membersihkan cache adalah hal yang mudah dan semestinya dilakukan berkala, sebab hampir semua ponsel sudah memiliki fitur pembersih tersebut.

Baca Juga : Inilah Tutorial Cara Download Reels Instagram dengan Mudah

Melakukan Upgrade Sistem Operasi HP

Aktivitas pembaharuan OS atau sistem operasi pada ponsel biasanya harus dilakukan secara berkala atau setiap kali ponsel membutuhkan pembaharuan tersebut. Mengabaikan peringatan update OS tersebut bisa membuat kinerja operasi ponsel menjadi memiliki banyak hambatan. Melakukan upgrade pada OS di android atau di smartphone lain bisa memperbaiki bug atau kesalahan sistem yang terjadi pada versi OS sebelumnya. Bug yang terjadi tersebut umumnya adalah penyebab aplikasi Instagram sering keluar dengan sendirinya.

Untuk itu, OS HP harus dipastikan selalu dalam kondisi versi terbaru. Cara mengeceknya, yakni bisa dengan mengunjungi Pengaturan pada ponsel dan masuk ke menu Tentang Ponsel. Di sana akan dijabarkan detail informasi tentang ponsel beserta versi yang dimiliki ponsel terkait.

Melakukan Restart Ponsel

Salah satu gangguan yangterus berlanjut, yaitu dengan merestart ponsel. Restart ponsel umumnya dibutuhkan untuk mengistirahatkan ponsel sementara, agar Instagram serta aplikasi-aplikasi lainnya yang telah berjalan bisa menutup secara total. Setelah direstart hingga hp berfungsi kembali, sistem operasi dalam ponsel juga bisa beroperasi kembali dengan lebih fresh.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *