Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Mati

  • Whatsapp

Mengaktifkan kartu yang sudah mati memang saat ini banyak di cari orang. Terlebih ada kebijakan provide terkait kartu yang dapat di daur ulang nomornya, membuat sebagian pengguna begitu khawatir jika nomornya di salahgunakan oleh oknum tertentu. Kebijakan tersebut berlaku juga di provider Telkomsel ini. Secara Telkomsel sudah banyak diguanakan masyarakat. Lalu, bagaimana cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati? Simak jawabannya di sini!

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Mati Dengan Migrasi Kartu

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Mati

Cara pertama untuk mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati yaitu sobat dapat melakukan migrasi kartu tanpa modem dengan catatan migrasi ke kartu Halo maksimal 15 hari terhitung sehabis masa tenggang kartu Telkomsel sobat berakhir.

Read More

Sekedar informasi, bahwasanya jika sobat melakukan pengajuan permohonan migrasi kartu setelah atau melewati 15 hari setelah masa tenggang kartu, maka kartu Telkomsel sobat tersebut tidak akan dapat diaktifkan kembali.

Dengan kata lain, sesuai dengan kebijakan yang berlaku, kartu yang melewati waktu yang ditetapkan akan dinyatakan hangus juga akan didaur ulang (recyle) oleh pihak Telkomsel.

Maka dari itu, sebaiknya jangan sampai terlambat walau sehari saja. Intinya kartu yang sudah mati namun belum melewati masa waktu 15 hari tersebut, sobat bisa aktifkan kembali dengan melakukan ke kartu Halo.

Namun pada beberapa kartu, masa pengaktifan kartu adalah 30 hari setelah masa tenggang. Untuk lebih jelasnya sobat dapat menghubungi pihak Telkomsel.

Untuk mengajukan migrasi atau pengaktifan kembali, sobat bisa menghubungi nomor Customer Service Telkosem di nomor 188, untuk pertanyaan umum sobat bisa hubungi di nomor Telkomsel 08071811811, dan nomor +628110 000 333 untuk telepon dari luar Negeri.

Untuk mengubungi no 188 bagi pengguna prabayar akan dikenakan tarif  Rp. 300 setiap terhubung dengn CS Telkomsel. Untuk nomor 08071811811 akan diberlakukan biaya telepon lokal, sedangkan untuk nomor telepon dari luar negeri dibebaskan biaya.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Mati Melalui GraPARI

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Mati

Cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang mati selanjutnya dapat sobat coba melalui GraPARI. Bagi yang sudah tahu GraPARI memang sangat membantu. Namun bagi yang belum tahu,

GraPARI telkomsel sendiri merupakan kantor pelayanan untuk pengguna Telkomsel. Selain itu, GraPARI juga menjadi tempat untuk membeli produk Telkomsel, seperti Kartu AS, kartu HALO, dan juga kartu simPATI. Namun Grapari Telkomsel tidak melakukan penjualan perangkat telepon seluler.

Nah, sobat bisa nih mengaktifkan kembali kartu yang telah mati dengan catatan kartu Telkomsel sobat masa tenggangnya tidak melewati lebih dari 30 hari. Silahkan sobat datangi kantor layanan GraPARI terdekat, dan bilang ke petugas ingin mengaktifkan kartu Telkomsel yang telah mati.

Akankah mengaktifkan kartu Telkomsel yang mati berbayar? Umumnya, Sobat akan dikenakan biaya untuk mengaktifkan kartu di GraPARI. Sebagian biaya tersebut akan akan dialokasikan menjadi pulsa.

Untuk mencari GraPARI terdekat, sobat bisa menggunakan Google Maps dan cari “GraPARI terdekat”, atau jika ingin pastinya bisa langsung simak informasinya melalui website Telkomsel di www.telkomsel.com/contact-us/my-grapari.

Melalui laman tersebut, sobat dapat mencari kantor GraPARI dengan mudah melalui fitur pencarian dan tidak akan memakan waktu lama. Silahkan di coba ya!

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Mati Melalui Customer Service Telkomsel

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Mati

Jika sebelumnya sudah dijelaskan nomor-nomor layanan Telkomsel untuk melakukan cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang mati, di sini kami akan mengulas tentang CS Telkomsel dengan cara lain, yaitu menghubungi lewat email dan media sosial.

Nah, selain sobat dapat menghubungi call center 24 jam di 188, dan GraPARI terdekat, sobat  bisa menghubungi CS Telkomsel melalui email cs@telkomsel.co.id

Selain itu, sobat juga bisa menghubungi akun media sosial Facebook fan page Telkomsel baik melalui HP maupun PC di Twitter @telkomsel, dan Instagram @telkomsel. Menghubungi CS Telkomsel melalui akun sosmed sangat mudah, sobat bisa DM (Direct Message) mereka, lalu tulis pesan nama lengkap, nomor telepon, serta masalah yang ingin di adukan.

Pengguna yang telah mencoba menghubungi CS melalui akun Telkomsel kebanyakan bilang pengaduan mereka cepat diberi respon atau tanggapan dari admin. Nah, hal ini bisa sobat manfaatkan, jika sobat tidak memiliki pulsa untuk mengubungi Call Center Telkomsel, atau kejauhan dari lokasi GraPARI.

Cara Memperpanjang Kartu Telkomsel Yang Ingin Mendekati Masa Tenggang

Cara Memperpanjang Kartu Telkomsel Yang Ingin Mendekati Masa Tenggang

Selain ketiga cara di atas, jika sobat masih memiliki waktu untuk mempepanjang masa aktif  Telkomsel, sobat bisa melakukan perpanjangan masa aktif dengan aplikasi MyTelkomsel.

Di aplikasi ini, sobat dapat memilih perpanjangan masa aktif. Sobat dapat bisa memilih masa aktif 7 hari dengan harga Rp 5.000. Selain itu, sobat juga bisa memilih masa aktif 30 hari dengan harga Rp 15.000.

Ada juga bagi sobat yang ingin melakukan perpanjangan masa aktif selama atau dalam jangka waktu masa aktif 90 hari (terpanjang), sobat bisa aktifkan dengan harga Rp 30.000.

Aplikasi ini juga memiliki fitur bermanfaat lainnya. Bagi pengguna Telkomsel Halo, sobat bisa mendapat lebih banyak kemudahan dengan MyTelkomsel! Detail pemakaian, bayar tagihan, hingga beli paket tambahan semua tinggal tap-tap saja. Sobat juga bisa mengunduh dan cek e-bill langsung, serta tetap aman dengan password di MyTelkomsel. Selain itu, sobat bahkan dapat membayarkan tagihan orang tersayang atau minta tagihan sobat dibayarkan langsung dari MyTelkomsel.

Pastikan sobat terhubung ke Internet saat mengakses aplikasi MyTelkomsel ini. Silahkan di coba memperpanjang masa aktif dengan aplikasi MyTelkomsel ya!.

Baca juga: Cara Mudah Top Up Free Fire dengan Pulsa Telkomsel.

Penyebab Kartu Telkomsel Mati atau Terblokir

Penyebab Kartu Telkomsel Mati atau Terblokir

Bagi pengguna Telkomsel, sebaiknya sobat perlu ketahui penyebab kartu telkomsel sobat mati atau terblokir.  Nah, sekedar informasi, bahwa tidak semua kartu sim yang terlanjur mati atau melewati masa tenggang bisa sobat aktifkan kembali.

Dengan begitu, sobat harus mengetahui penyebab kartu sim Telkomsel sobat menjadi mati terlebih dahulu. Beberaoa penyebab kartu sim Telkomsel mati kira-kira sebagai berikut:

  • Kartu Telkomsel tidak terurus
  • Kartu Telkomsel mati karena kesalahan teknis pada Pin Protection
  • Kartu Telkomsel mati akibat lupa diisi pulsa atau diperpanjang.

Nah adapun alasan-alasan tersebut bisa saja terjadi karena di saat sekarang ini, tidak jarang di sadari oleh pengguna Telkomsel. Karena adanya aplikasi seperti Line, Whatsapp, Instagram atau sejenisnya yang hanya membutuhkan koneksi Internet, sobat menjadi lupa untuk mengisi pulsa dan memperpanjang masa aktif.

Pemblokiran atau Penangguhan

Pemblokiran kartu sendiri di atur dalam kebijakan Telkomsel di :

“Telkomsel berhak, menurut kebijaksanaan dan kenyamanan seluruh pelanggannya, untuk melakukan pemblokiran dan/atau penangguhan Layanan apabila terjadi hal-hal seperti, namun tidak terbatas, pada: (i) Permintaan resmi dari instansi yang berwenang; (ii) Indikasi penyalahgunaan dengan cara apapun sehingga menimbulkan kerugian baik bagi Telkomsel maupun bagi Pengguna lainnya; (iii) Pelanggaran Pengguna atas Ketentuan Penggunaan; (iv) Penggunaan Layanan diduga kuat dan disertai bukti valid digunakan untuk melakukan perbuatan melanggar hukum, seperti, namun tidak terbatas pada penipuan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Atas pemblokiran dan penangguhan Layanan tersebut, Anda tidak dapat menuntut ganti rugi apapun dari Telkomsel.”

Kontak Telkomsel Lainnya

Kontak Telkomsel Lainnya

Sobat bisa lho melalukan pengisian  pulsa atau bayar tagihan melalui aplikasi MyTelkomsel, MyGraPARI, dan Asisten Virtual Veronika atau tempat lainnya. Berhubung saat ini sedang dilakukan pembatasan dan kita sulit jika berpergian, Sobat bisa manfaatkan Asisten Virtual Telkomsel Veronika yang dapat sobat akses melalui kanal-kanal berikut:

LINE: tsel.me/lineVA2

Facebook Messenger: tsel.me/fbV2

Telegram: tsel.me/telegramVA2 

Situs Web: www.telkomsel.com

WhatsApp: tsel.me/wa2

Aplikasi MyTelkomsel: my.telkomsel.com/app/chatbot

Itulah asisten virtual telkomsel online yang bisa sobat hubungi jika kartu sobat bermasalah seperti hilang, ingin menghidupkan kembali kartu yg mati, error pada sim card, dan sebagainya.

Kenali Notifikasi Nomor Telkomsel Mu Tidak Dapat Dihubungi

Nomor Telkomsel Tidak Dapat Dihubungi

Jika nomor Telkomsel sobat yang dihubungi oleh teman atau kerabat dan mereka mendapat notifikasi terkait tidak bisa di telepon, sobat bisa ketahui keterangan dari notifikasi Telkomsel yang tersebut. Berikut informasinya

  •  “Nomor yang Anda hubungi sedang tidak aktif atau berada di luar jangkauan” Telepon tidak dapat dilakukan jika nomor yang dituju sedang tidak aktif atau berada di luar jangkauan.
  • “Nomor yang Anda hubungi sedang sibuk” Telepon tidak dapat dilakukan jika nomor yang dituju sedang menelepon, mengaktifkan ‘call divert’ atau memblokir nomor yang menghubungi.
  • “Nomor yang Anda hubungi tidak dapat dapat dihubungi” Pastikan fitur FDN (Fix Dialling Number) atau nomor panggilan tetap dalam keadaan mati.
  • “Anda sudah mencapai limit untuk melakukan telepon” Jika Sobat pengguna pascabayar, pastikan limit pascabayar sobat masih mencukupi untuk melakukan telepon dengan cek limit melalui UMB *111#. Jika sobat sudah mencapai limit, hubungi kami di cs@telkomsel.co.id untuk mengajukan peningkatan limit pemakaian.

Cara Setting APN Telkomsel

Cara Setting APN Telkomsel

Jika sehabis aktivasi kartu sobat tidak dapat tersambung ke internet atau ada masalah lain di Internet, barangkali APN sobat bermasalah. APN atau Access Point Name merupakan nama pintu gerbang antara jaringan seluler GSM, GPRS, 3G atau 4G dan jaringan komputer lain, biasanya Internet publik. Perangkat seluler yang membuat koneksi data harus dikonfigurasi dengan APN untuk diberikan ke operator.

Nah, berikut cara Setting APN Telkomsel:

  • Pastikan APN di ponsel Sobat sudah terkonfigurasi dengan benar.
  • Pengaturan APN Sobat harus dikonfigurasi ke ‘Internet’ dengan username dan password yang dikosongkan.
  • Ikuti petunjuk di bawah ini untuk Pengaturan APN 4G Telkomsel:
  • Setting APN di ponsel Android: Settings > Mobile Network Setting > Access Point Names > Isi pengaturan APN baru Sobat. Ketik ‘Internet’ dan kosongkan username serta password Sobat.
  • Setting APN di ponsel iOS: Menu Settings > Cellular > Cellular Data Options > Cellular Data Network, lalu isi pengaturan APN Sobat

Baca juga ulasan lainnya tentang cara tukar poin Telkomsel dengan hadiah yang menarik yang bisa sobat coba!

Akhir Kata

Itulah penjelasan tentang cara mengaktifkan kartu telkomsel yang mati dengan beberapa cara, informasi notifikasi nomor Telkomsel yang tidak dapat dihubungi, serta cara Setting APN Telkomsel yang dapat kami bagikan. Bagaimana? Sekarang sobat tidak perlu bingung lagi bukan?

Silahkan di coba! Semoga bermanfaat.

FAQ

Apakah Bisa Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Mati ?

Bisa, Ada beberapa cara yang sudah kami sebutkan di dalam artikel yang bisa Sobat ikuti.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *